• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Efektif untuk Melatih Keterampilan Sosial Anak

Ini Cara Efektif untuk Melatih Keterampilan Sosial Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Keterampilan sosial yang baik dapat memungkinkan Si Kecil untuk menikmati hubungan yang nyaman dan baik dengan orang-orang disekelilingnya. Sayangnya, tak semua atau sudah terampil atau memiliki kemampuan sosial yang baik. Beberapa dari mereka harus berhadapan dengan rasa malu,hingga cemas ketika berada di sekeliling orang.

Padahal, keterampilan sosial yang baik memiliki beragam manfaat langsung baik anak. Salah satu contohnya, sebuah studi mengemukakan bahwa keterampilan sosial yang baik dapat mengurangi stres pada anak yang berada dalam tempat penitipan anak (daycare).

Pertanyaannya simpel, bagaimana sih cara melatih keterampilan sosial anak? Nah, berikut tips sederhana dan efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak.

Baca juga: Pentingnya Hobi bagi Kesehatan Mental Anak

1.Ajari Mereka Empati

Ada beragam cara untuk mengajarkan empati pada anak. Contohnya, buatlah skenario dengan bertanya kepada anak mengenai perasaan orang lain ketika hal-hal tertentu terjadi. Gantilah situasi atau skenario yang berbeda setiap kali. Anak yang bisa memahami empati, tentunya dapat mengerti dan memahami apa yang orang lain rasakan secara emosional. 

2.Jelaskan Ruang Pribadi

Beri tahu anak bahwa penting bagi semua orang untuk memiliki ruang pribadi agar merasa nyaman. Ajari mereka untuk mempraktikkan cara-cara yang dapat diterima saat berinteraksi dengan orang lain selama waktu bermain.

3.Ingatkan Pentingnya Berbagi

Meskipun ibu mungkin tidak ingin memaksa anak untuk berbagi mainan tertentu dengan adik, kakak, atau teman-temannya, tetapi ibu bisa kok menunjukkan arti berbagi ketika melihat anak melakukannya. Jelaskan pada mereka bahwa tindakan yang baru dilakukannya merupakan perbuatan yang baik dan terpuji. 

Berilah anak apresiasi setelah melakukan tindakan berbagi dan jelaskan bagaimana perasaan orang lain terhadap tindakan tersebut. Misalnya, “Kamu memilih untuk berbagi makanan ringan dengan adik. Ibu yakin dia merasa senang, Itu hal yang baik untuk dilakukan”

4.Ajari untuk Memulai

Cara melatih keterampilan sosial anak juga bisa melalui tips ini. Cobalah ajari anak untuk memulai percakapan atau bergabung dengan anak-anak lainnya yang sedang bermain.

Baca juga: Awas, Orangtua yang Otoriter Sebabkan Anak Jadi Pembohong

5.Pentingya Mendengarkan

Mendengarkan bukan hanya diam saja, tetapi benar-benar menyerap apa yang dikatakan orang lain. Anak yang memiliki kemampuan mendengar yang baik, tentunya bisa bersosialisasi dengan baik dengan orang-orang disekitarnya. Alasannya, mendengarkan merupakan komponen penting dari komunikasi yang sehat. 

Nah, ibu bisa kok melatih kemampuan mendengar anak lewat membaca buku. Ketika membacakan buku untuk Si Kecil, berhentilah secara berkala, lalu mintalah mereka untuk memberi tahu atau menceritakan kembali apa yang sedang dibaca. 

6.Kerja sama

Ingatkan anak pentingnya bekerja sama dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan bersama. Anak-anak yang pandai dan bisa bekerja sama, umumnya dapat bersikap hormat ketika orang lain mengajukan pendapat atau permintaan. Tak cuma itu saja, anak-anak yang bisa diajak bekerja sama juga lebih berkontribusi, membantu, dan lebih berpartisipasi. Beri tahu mereka pentingnya kerja tim dan bagaimana pekerjaan menjadi lebih baik ketika semua orang terlibat. 

7.Ajari Sopan Santun

Cara melatih keterampilan anak perlu dibarengi dengan cara berperilaku yang baik. Oleh sebab itu, ajarilah mereka sopan santun sedini mungkin. Misalnya, mengucapkan “tolong” ketika hendak meminta bantuan, atau “terima kasih” setelah mendapatkan bantuan orang lain. 

Lalu, bagaimana cara mengajari anak sopan santun? Simpel, jadilah panutan yang baik bagi dirinya. Pastikan ibu selalu menunjukkan perilaku sopan dan santun ketika berinteraksi dengan anak atau orang lain. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Kamu bisa kok bertanya langsung pada psikolog melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan psikolog kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Verywell Family. Diakses pada 2020. 7 Most Important Social Skills for Kids.
Parents. Diakses pada 2020. Improving Kids' Social Skills.