• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Kerja Otot pada Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Ini Cara Kerja Otot pada Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Cara Kerja Otot pada Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

“Sistem otot pada tubuh manusia adalah hal yang sangat penting. Bahkan 40 persen bobot tubuh manusia adalah otot. Ia membantu tubuh untuk bergerak, berbicara, mengunyah, memompa darah, bernapas, mencerna makanan, hingga mengatur suhu tubuh manusia. Berbeda jenis otot, maka akan berbeda juga cara mereka bekerja di dalam tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Sistem otot pada tubuh manusia terdiri dari berbagai jenis otot yang masing-masing memainkan peran penting dalam fungsi tubuh. Otot memungkinkan seseorang untuk bergerak, berbicara, dan mengunyah. Bahkan otot juga mengontrol detak jantung, pernapasan, dan pencernaan. Fungsi lain yang dari sistem otot juga mencakup pengaturan suhu tubuh dan penglihatan. 

Otot menyumbang sekitar 40 persen dari berat badan seseorang dengan otot terbesar di tubuh adalah gluteus maximus di area bokong. Sistem otot pada tubuh manusia mengandung lebih dari 600 otot yang bekerja sama untuk memungkinkan fungsi tubuh secara penuh. Lantas, bagaimana cara tiap otot bekerja? Cari tahu jawabannya melalui ulasan berikut ini!

Baca juga: 8 Penyakit Penyebab Gangguan Pergerakan Otot 

Cara Kerja Sistem Otot pada Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa jenis otot yang ada di tubuh dan cara kerjanya: 

Otot Rangka

Otot rangka adalah satu-satunya otot yang dapat dikendalikan secara sadar. Mereka melekat pada tulang, dan kontraksi otot menyebabkan pergerakan tulang tersebut. Setiap tindakan yang dilakukan seseorang secara sadar melibatkan penggunaan otot rangka. Contoh kegiatan tersebut termasuk berlari, mengunyah, dan menulis.

Otot Polos

Otot polos adalah otot pada tubuh manusia yang melapisi bagian dalam pembuluh darah dan organ, seperti perut, dan juga dikenal sebagai otot visceral. Ia adalah jenis otot terlemah tetapi memiliki peran penting dalam memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan dan menjaga sirkulasi darah melalui pembuluh darah. Otot polos bertindak tanpa sadar dan tidak dapat dikendalikan secara sadar.

Otot Jantung

Otot jantung atau disebut juga cardiac muscle terletak hanya di jantung, yang fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung merangsang kontraksinya sendiri yang membentuk detak jantung. Sinyal dari sistem saraf mengontrol laju kontraksi. Jenis otot ini kuat dan bertindak tanpa sadar.

Gerakan otot terjadi ketika sinyal neurologis menghasilkan perubahan listrik pada sel otot. Selama proses ini, kalsium dilepaskan ke dalam sel dan menyebabkan otot berkedut pendek. Masalah dengan persimpangan antara sel  atau yang disebut sinapsis dapat menyebabkan penyakit neuromuskular.

Baca juga: Manfaat Pull Up untuk Melatih Kekuatan Otot

Gangguan Kondisi Otot pada Tubuh

Nyeri otot adalah masalah umum yang dapat menandakan banyak masalah, bahkan jika itu adalah sesuatu yang sederhana seperti penggunaan yang berlebihan akibat olahraga atau bekerja. Ada beberapa gangguan dan kondisi otot yang mempengaruhi otot antara lain:

  • Nyeri otot.
  • Keseleo dan ketegangan.
  • Memar.
  • Kram.
  • Miopati.
  • Distrofi otot.
  • Penyakit Parkinson.
  • Fibromyalgia.
  • Sklerosis ganda.

Nutrisi dan olahraga yang tepat penting untuk menjaga semua otot tetap sehat, baik otot jantung, otot polos, atau otot rangka.

Jika kamu membutuhkan saran dokter mengenai cara menjaga kesehatan otot, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan tentang cara merawat kesehatan otot tubuh seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Pilih 5 Makanan Pembentuk Otot

Fakta Unik Tentang Sistem Otot pada Tubuh Manusia

Ada beberapa fakta unik tentang sistem otot pada tubuh manusia yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

  • Jantung adalah otot yang bekerja paling keras dalam tubuh. Ia mampu memompa 5 liter darah per menit dan 2.000 galon setiap hari.
  • Gluteus maximus adalah otot terbesar tubuh dan ia ada di bokong untuk membantu manusia mempertahankan postur tegak.
  • Telinga mengandung otot terkecil di tubuh di samping tulang terkecil. Otot-otot ini menyatukan telinga bagian dalam dan terhubung ke gendang telinga.
  • Otot yang disebut masseter di rahang adalah otot terkuat berdasarkan beratnya. Hal ini memungkinkan gigi untuk menutup dengan kekuatan hingga 22 kilogram pada gigi seri atau 90 kilogram pada geraham.
Referensi:
Dummies. Diakses pada 2021. How The Muscular System Works.
Healthline. Diakses pada 2021. Muscular System.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Are The Main Functions of The Muscular System?