• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 April 2022

“Bagi pemula, ada beberapa cara meditasi yang dapat dilakukan agar manfaatnya dapat diperoleh maksimal. Pertama-tama, pastikan untuk membuat pikiranmu tenang terlebih dahulu ketika duduk.”

Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

Halodoc, Jakarta  – Padatnya aktivitas dan rutinitas sehari-hari tentu dapat memicu stres pada kebanyakan orang. Kondisi tersebut tidak dapat disepelekan, karena kadar stres yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan mental dan produktivitas. Maka dari itu, penting untuk selalu mengelola stres melalui beberapa aktivitas positif.

Nah, salah satu aktivitas positif yang dapat kamu pertimbangkan adalah meditasi. Aktivitas ini adalah teknik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam kehidupan.

Jika kamu penasaran dan ingin mencobanya, tentunya kamu tidak boleh sembarangan melakukannya agar manfaatnya dapat diperoleh optimal. Lantas, bagaimana cara meditasi yang benar untuk pemula? Yuk, ketahui infonya di sini!

Cara Meditasi yang Benar Bagi Pemula

Berikut adalah beberapa cara meditasi bagi pemula agar manfaatnya dapat diterima dengan optimal, antara lain:

  • Buatlah Pikiran Tenang. Untuk memulai bermeditasi, pastikan kamu menenangkan pikiran terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengosongkan pikiran terlebih dahulu saat duduk. Selain itu, pastikan juga untuk duduk dalam posisi yang membuatmu nyaman.
  • Buatlah Batas Waktu. Sebagai pemula, meditasi sebaiknya dilakukan dengan durasi yang pendek. Sebagai contoh, kamu dapat memulai meditasi dengan durasi tiga sampai lima menit.
  • Fokus pada Napas. Sebagai salah satu bagian terpenting dari meditasi, pastikan untuk fokus pada pernapasanmu. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam sampai perut mengembang, kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan secara berulang selama dua menit untuk mendapatkan ketenangan.
  • Jaga Pikiran tetap Fokus.  Jika dilakukan dengan benar, meditasi dapat membuat pikiranmu mengembara. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak menilai diri sendiri secara negatif. Kemudian, kembalikan fokusmu pada napas yang masuk dan keluar dari tubuh.
  • Akhiri Meditasi dengan Perlahan. Ketika sudah selesai meditasi dengan durasi yang ditentukan, kamu perlu membuka mata secara perlahan. Selanjutnya, luangkanlah waktu sejenak untuk memperhatikan suara di sekitarmu. Perhatikan juga bagaimana meditasi telah memberikan dampak pada pikiran dan emosi dirimu. 

Manfaat Meditasi yang Perlu Diketahui

Secara umum, meditasi dapat membantu konsentrasi, relaksasi, kedamaian batin, pengurangan stres, hingga mengurangi kelelahan atau ketegangan otot. Bahkan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Menariknya lagi, meditasi yang dikombinasikan dengan pengobatan medis konvensional, dikabarkan dapat meningkatkan kesehatan fisik. Salah satunya seperti membantu mengelola gejala untuk kondisi kesehatan tertentu. Contohnya seperti insomnia, penyakit jantung, nyeri, kanker, hingga beberapa masalah pencernaan.

Itulah penjelasan mengenai cara melakukan meditasi yang benar untuk pemula. Menjaga kesehatan mental memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Namun, pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan fisikmu melalui penerapan pola hidup sehat. Salah satunya adalah memenuhi segala nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuhmu, melalui konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

Selain itu, kamu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting melalui konsumsi suplemen kesehatan. Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Meditation. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Meditation: A simple, fast way to reduce stress. 
Psychology Today. Diakses pada 2022. 5 Meditation Tips for Beginners.