• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menangani Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Ini Cara Menangani Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Luka bakar adalah salah satu cedera yang cukup sering terjadi. Luka bakar biasanya ditandai dengan kerusakan kulit parah yang menyebabkan sel-sel kulit mati. Kebanyakan orang yang mengalami luka bakar dapat sembuh tanpa mengalami dampak kesehatan yang serius.

Namun, hal itu tergantung penyebab dan tingkat keparahannya. Tingkat keparahan tersebut disebut juga ‘derajat’. Semakin tinggi derajatnya, semakin parah luka bakar yang dialami. Luka bakar yang serius membutuhkan perawatan medis darurat, karena bisa berakibat fatal.

Tingkat Keparahan Luka Bakar dan Cara Mengatasinya

Dokter membagi luka bakar ke dalam 4 kategori yang berbeda berdasarkan seberapa parah kerusakan kulit yang terjadi.

1.Luka Bakar Derajat Pertama

Luka bakar derajat pertama menyebabkan kerusakan kulit yang ringan. Kondisi ini disebut juga luka bakar superfisial, karena memengaruhi lapisan kulit terluar. Salah satu contoh luka bakar derajat pertama adalah kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Saat mengalami kondisi ini, kulit mungkin merah dan terasa nyeri, tapi tidak sampai melepuh. Kerusakan jangka panjang juga jarang terjadi.

Luka bakar derajat pertama biasanya bisa sembuh dalam 7-10 hari. Berikut perawatan rumah yang bisa dilakukan untuk mengobati luka bakar derajat pertama:

  • Rendam luka dalam air dingin selama lima menit atau lebih.
  • Minum acetaminophen atau ibuprofen untuk meredakan rasa nyeri.
  • Oleskan lidokain dengan gel atau krim lidah buaya untuk menenangkan kulit.
  • Gunakan salep antibiotik dan balut dengan kain kasa longgar untuk melindungi area yang terkena.

Pastikan kamu tidak mengaplikasikan es batu pada luka, karena dapat memperparah lukanya.. Selain itu, hindari juga mengoleskan mentega atau menempelkan telur karena tidak terbukti efektif secara ilmiah.

Baca juga: Memakai Odol Dapat Sembuhkan Luka Bakar, Mitos atau Fakta?

2.Luka Bakar Derajat Kedua

Luka bakar derajat kedua lebih serius, karena kerusakannya sampai ke lapisan di bawah kulit. Jenis luka bakar ini menyebabkan kulit melepuh dan menjadi sangat merah dan perih. Lepuhan kadang-kadang juga bisa pecah, sehingga luka bakar menjadi tampak basah. Seiring waktu, jaringan tebal dan lembut seperti keropeng dapat berkembang di atas luka.

Saat mengalami luka bakar derajat kedua, kamu perlu menjaga kebersihan area dan membalutnya dengan benar untuk mencegah infeksi. Hal ini juga membantu luka bakar lebih cepat sembuh. Luka bakar derajat kedua yang dangkal dapat sembuh dalam 2-3 minggu tanpa jaringan parut. Sementara luka bakar derajat kedua yang lebih parah mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh, dan dapat menyebabkan perubahan permanen pada warna kulit kamu.

Baca juga: Ketahui Proses Penyembuhan pada Luka Bakar

Cara mengobati luka bakar derajat kedua yang ringan umumnya hampir sama dengan pengobatan untuk luka bakar derajat pertama, antara lain membilas kulit dengan air dingin selama 15 menit atau lebih, meminum obat pereda rasa nyeri (acetaminophen atau ibuprofen), dan mengoleskan krim antibiotik ke atas luka. Namun, kamu dianjurkan untuk segera cari pengobatan medis bila luka bakar menyerang area yang luas, seperti wajah, tangan, bokong, dan kaki.

3.Luka Bakar Derajat Ketiga

Kadang-kadang disebut juga dengan “luka bakar ketebalan penuh”, luka bakar derajat ketiga termasuk kategori yang cukup parah, karena merusak dua lapisan penuh kulit kamu. Alih-alih berubah warna menjadi merah, jenis luka bakar ini bisa menyebabkan kulit berubah warna menjadi tampak hitam, coklat, putih atau kuning. Meskipun parah, namun luka bakar derajat ketiga tidak menyebabkan rasa sakit karena jenis luka bakar ini merusak ujung saraf.

Luka bakar derajat ketiga tidak bisa diobati sendiri, melainkan perlu segera mendapatkan penanganan medis. Sementara kamu menunggu pengobatan medis, angkat luka lebih tinggi dari jantung kamu dan pastikan tidak ada pakaian yang menempel di luka bakar.

4.Luka Bakar Derajat Keempat

Jenis luka bakar ini paling dalam, parah, dan berpotensi mengancam jiwa. Luka bakar ini mampu menghancurkan semua lapisan kulit, serta tulang, otot dan tendon. Luka bakar derajat keempat juga tidak bisa diobati sendiri, melainkan perlu segera ditangani oleh bantuan profesional. Sebab, luka bakar ini dapat menyebabkan banyak komplikasi, termasuk infeksi dan masalah tulang dan sendi.

Baca juga: Luka Bakar Sampai Kena Tulang, Dapatkah Disembuhkan?

Itulah cara mengatasi luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya yang perlu diketahui. Bila kamu mengalami luka bakar yang cukup parah, sebaiknya segera berobat dengan buat janji dengan rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. What Are the Types and Degrees of Burns?.
Healthline. Diakses pada 2020. Burns: Types, Treatments, and More