• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Ini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Desember 2021
Ini Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

"Sakit tenggorokan pada ibu hamil tidak bisa ditangani dengan sembarangan. Apalagi, selama hamil calon ibu tidak diperkenankan untuk mengonsumsi sembarangan obat. Namun jangan khawatir, kondisi ini nyatanya bisa ditangani dengan cara alami, seperti banyak minum air putih, konsumsi teh dan lemon, serta minum air rebusan jahe"

Halodoc, Jakarta - Daya tahan tubuh seorang wanita akan cenderung menurun ketika hamil. Hal inilah yang kemudian membuat ibu hamil rentan terkena penyakit dan infeksi, misalnya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan pada ibu hamil dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti infeksi atau kenaikan asam lambung.

Meski biasanya sakit tenggorokan pada ibu hamil tidak berbahaya, kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Jika dibiarkan, tentu kondisi dapat menjadi semakin buruk. Di sisi lain, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat. Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan pada ibu hamil?

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat, jadi sebaiknya pilih cara alami terlebih dahulu untuk mengatasi sakit tenggorokan. Berikut ini tips mengatasi sakit tenggorokan pada ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Ketika mengalami sakit tenggorokan, sebaiknya minum air putih lebih banyak dari biasanya. Hal ini membantu menghidrasi tenggorokan, menipiskan lendir, dan mengeluarkannya dari tubuh. Secara tidak langsung, minum air putih lebih banyak dapat membantu penyembuhan sakit tenggorokan. Tentunya jika diimbangi dengan makan makanan bergizi dan cukup istirahat.

2. Kumur Air Garam

Campurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Cara ini membantu melembapkan selaput tenggorokan, dan membuatnya terasa lebih nyaman. Lakukan kumur air garam ini beberapa kali dalam sehari. 

3. Minum Teh Madu dan Lemon

Teh yang dicampur dengan madu dan lemon dapat menjadi ramuan alami untuk mengatasi sakit tenggorokan pada ibu hamil. Hal ini karena madu dapat memberi efek lega pada tenggorokan, sedangkan lemon bisa membantu memecah lendir yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Minum Air Jahe

Air jahe punya banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Itulah sebabnya rempah ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Alasannya karena jahe memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga ampuh mengatasi sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri dan jamur.

Jika setelah mencoba cara-cara tersebut sakit tenggorokan tak kunjung hilang, ibu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter, kapan dan di mana saja. Dokter tentu akan memberi resep obat untuk sakit tenggorokan yang ampuh dan aman dikonsumsi ibu hamil. 

Berbagai Penyebab Sakit Tenggorokan pada Ibu Hamil

Umumnya, sakit tenggorokan terjadi ketika ada iritasi pada bagian belakang tenggorokan. Gejala yang dirasakan biasanya adalah nyeri, gatal, atau sensasi terbakar pada tenggorokan. Namun, apa saja hal yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan pada ibu hamil? Berikut beberapa di antaranya:

  • Infeksi virus dan bakteri. Pada kebanyakan kasus, sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.
  • Faktor lingkungan. Iritasi pada tenggorokan dan saluran hidung akibat faktor lingkungan juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Faktor lingkungan yang dimaksud adalah udara kering, debu, serbuk sari, asap, atau bahan kimia.
  • Faktor hormon kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dapat membuat munculnya berbagai gejala, seperti mulut kering, haus berlebihan, hingga sakit tenggorokan. 
  • Asam lambung naik. Proses pencernaan yang lebih lambat dan tingginya kadar hormon progesteron dapat memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Akibatnya, terjadi sejumlah gejala berupa rasa asam di bagian belakang mulut, sensasi terbakar di dada, dan sakit tenggorokan.

Agak sulit menebak apa penyebab sakit tenggorokan pada ibu hamil, karena gejala yang ditimbulkan serupa. Terlebih, kondisi tubuh setiap ibu hamil bisa berbeda-beda. Jadi, jika ingin tahu pasti apa penyebab dari sakit tenggorokan yang dialami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

 

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2021. Sore Throat During Pregnancy: Causes & Home Remedies.
Medicine Net. Diakses pada 2021. Sore Throat Causes, Home Remedy Treatment, and During Pregnancy.
The Bump. Diakses pada 2021. Sore Throat During Pregnancy.