• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga Setelah Berenang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga Setelah Berenang

Ini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga Setelah Berenang

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Januari 2022

Mengetahui cara mengeluarkan air dari telinga akan membantu perenang atau orang yang hobi berenang. Mengingat, masalah telinga kemasukan air cukup sering terjadi dan tidak boleh disepelekan. Sebab, kondisi ini bisa memicu gangguan, salah satunya otitis media.

Ini Cara Mengeluarkan Air dari Telinga Setelah Berenang

Halodoc, Jakarta – Cara mengeluarkan air dari telinga mungkin akrab bagi seorang perenang atau orang yang hobi berenang. Pasalnya, jenis olahraga yang satu ini memang paling sering menyebabkan telinga kemasukan air. Hal ini sebenarnya tidak boleh diabaikan begitu saja. Selain membuat tidak nyaman, telinga yang kemasukan air bisa memicu gangguan kesehatan.

Saat air masuk ke dalam telinga dalam jangka waktu yang lama dan berulang, risiko peradangan atau infeksi pada telinga akan meningkat. Salah satu gangguan yang bisa muncul adalah otitis media. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengeluarkan air dari telinga, terutama setelah berenang. Penasaran? Temukan jawabannya di artikel ini! 

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Telinga? 

Ada beberapa cara mengeluarkan air dari telinga yang bisa dilakukan, sehingga risiko terjadinya infeksi atau peradangan bisa dihindari. Berikut ini beberapa caranya: 

  1. Lap dengan Kain Kering 

Lap atau usap telinga dengan kain kering bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan air. Kamu bisa mengelap bagian luar telinga secara perlahan, sambil memiringkan telinga yang kemasukan air. Namun, jangan mendorong kain ke bagian dalam karena bisa mendorong air masuk.

  1. Memiringkan Kepala 

Saat telinga kemasukan air, kamu bisa mencoba memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air. Lalu, telinga yang kemasukan air menghadap ke bawah. Kemudian, tarik daun telinga agar air bisa lebih mudah keluar. 

  1. Berbaring Miring 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berbaring miring. Cara ini bekerja mirip seperti saat memiringkan kepala. Bagian telinga yang kemasukan air menghadap ke bawah sehingga cairan akan mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah. 

  1. Mengunyah Permen Karet 

Jika ketiga cara di atas masih belum membantu, kamu juga bisa mencoba untuk mengunyah sesuatu, misalnya permen karet. Gerakan mengunyah disebut bisa membantu mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Agar hasilnya maksimal, cobalah untuk memiringkan kepala saat sedang mengunyah. 

Penggunaan obat tetes telinga mungkin dibutuhkan jika muncul gejala atau rasa tidak nyaman. Cek kebutuhan obat kamu di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan diantar segera tanpa harus keluar rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Swimmer’s Ear (Otitis Externa): Management and Treatment.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Ways to Get Water Out of Your Ear.
WebMD. Diakses pada 2022. How to Get Water Out of Your Ears.