• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menghilangkan Bopeng Tanpa Menggunakan Skincare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menghilangkan Bopeng Tanpa Menggunakan Skincare

Ini Cara Menghilangkan Bopeng Tanpa Menggunakan Skincare

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Januari 2022

“Tampilang bopeng di kulit wajah tentu sangat mengganggu. Terkadang penggunaan skincare tidak cukup untuk memperbaiki bopeng. Ada beberapa cara menghilangkan bopeng tanpa menggunakan skincare yang dapat dicoba. Misalnya chemical peeling, mikrodermabrasi, hingga microneedling.”

Ini Cara Menghilangkan Bopeng Tanpa Menggunakan Skincare

Halodoc, Jakarta – Bopeng merupakan bekas luka yang dalam pada kulit. Kondisi kulit ini biasanya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Bopeng sering disebabkan oleh jerawat yang parah, akibat infeksi kulit, atau cacar air. Kabar baiknya, ada sejumlah cara efektif untuk menghilangkan bopeng agar tampilan kulit tampak lebih baik. 

Ada beberapa pilihan cara menghilangkan bopeng atau meminimalkan tampilannya. Nah, berikut beberapa cara menghilangkan bopeng tanpa menggunakan skincare:

  1. Facial Massage

Pijat wajah atau facial massage sebenarnya tidak langsung menghilangkan bopeng. Namun, cara ini bisa jadi pelengkap perawatan bopeng wajah yang sudah kamu gunakan. Pijat wajah dipercaya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi kulit, sekaligus membuang racun. Nantinya kamu dapat melihat peningkatan secara keseluruhan pada tekstur dan warna kulit. 

  1. Chemical Peeling

Pengelupasan kimia atau chemical peeling digunakan untuk berbagai masalah kosmetik. Termasuk meminimalkan kerutan dan bopeng. Perawatan ini bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit (epidermis) untuk membantu regenerasi sel-sel kulit baru. Proses ini juga disebut sebagai eksfoliasi. 

  1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah jenis perawatan pelapisan ulang yang dapat menghilangkan epidermis. Perawatan mikrodermabrasi menggunakan bahan abrasif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Proses ini dilakukan oleh spesialis perawatan kulit. Tenang saja, perawatan mikrodermabrasi tidak menimbulkan efek samping. Hasil yang diharapkan akan tampak jika dilakukan secara teratur. 

  1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah jenis perawatan yang baik untuk mengatasi bopeng. Dermabrasi bekerja menghilangkan epidermis dan lapisan tengah kulit (dermis). Perawatan ini dilakukan oleh dokter  dengan alat khusus dan mungkin memerlukan anestesi lokal. 

  1. Microneedling

Microneedling juga disebut sebagai “terapi induksi kolagen” atau “penusukan jarum”. Ini adalah perawatan bertahap yang menggunakan jarum kecil yang menusuk kulit. Microneedling bekerja dengan menusukkan jarum kecil ke wajah.

Dbegitu kulit akan memproduksi lebih banyak kolagen untuk memperbaiki bopeng secara alami dan mengurangi tampilannya. Hanya saja ada efek samping dari perawatan ini, yaitu berupa memar, bengkak, dan infeksi. 

Itulah beberapa cara menghilangkan bopeng tanpa menggunakan skincare. Namun, perlu dipahami perawatan di atas memerlukan rekomendasi dokter kulit, bahkan ditangani langsung oleh dokter kulit. Jika kamu berminat, sebaiknya tanyakan pada dokter kulit di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Pockmarks
Medical News Today. Diakses pada 2022. Pockmarks: Treatments and home remedies
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Top 3 Ways to Get Rid of Acne Scars