• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menghilangkan Rasa Sakit Menstruasi Tanpa Obat

Ini Cara Menghilangkan Rasa Sakit Menstruasi Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Cara Menghilangkan Rasa Sakit Menstruasi Tanpa Obat

“Nyeri saat menstruasi bisa ringan atau berat. Jika gejalanya sangat mengganggu, maka ada cara menghilangkan rasa sakit tersebut dengan cara alami dan tanpa obat atau bahan kimia sedikitpun. Dengan begini, maka kamu akan merasa lebih aman karena cara alami tak memiliki efek samping.”

Halodoc, Jakarta – Kram atau nyeri memang bisa memengaruhi banyak orang sebelum dan selama periode menstruasi. Ada beberapa wanita yang hanya mengalami kram ringan, sedangkan yang lain bisa mengalami gejala berat yang memaksa mereka untuk menghentikan sementara aktivitas mereka. 

Jika nyeri haid mengganggu aktivitasmu setiap bulan, ada beberapa cara menghilangkan rasa sakit menstruasi yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara ini juga alami dan tidak menggunakan obat kimia apapun sehingga lebih aman. Berikut ini cara menghilangkan rasa sakit menstruasi secara alami:

Baca juga: Kenali Penyebab Nyeri Haid yang Normal hingga Serius

Pijat dengan Minyak Esensial

Terapi pijat selama kurang lebih 20 menit dapat menjadi cara menghilangkan rasa sakit akibat menstruasi. Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu dan  tangan terapis bergerak di sekitar perut, samping, dan punggung.

Selain itu, menambahkan minyak esensial untuk membantu pijatan dan sebagai aromaterapi mungkin memiliki manfaat tambahan. Mereka yang rutin menggunakan minyak esensial diduga mengalami penurunan yang signifikan dalam jumlah dan durasi rasa sakit. Minyak yang bisa dicoba ini adalah campuran dari minyak lavender, clary sage, dan marjoram. 

Namun, kamu haru mengencerkan minyak esensial dengan minyak lain. Contohnya termasuk minyak sayur, minyak biji anggur, atau minyak almond. Konsentrasi yang aman adalah satu tetes minyak esensial per satu sendok teh minyak pengencer.

Orgasme 

Meskipun tidak ada studi klinis tentang efek langsung dari orgasme pada kram menstruasi, tetapi para ahli menduga hal ini bisa membantu. Sebab saat orgasme pada wanita. akan melibatkan seluruh tubuh, termasuk sumsum tulang belakang, yang menandakan pelepasan neurotransmiter. Orgasme vagina juga dapat memicu otak untuk melepaskan neurotransmitter, seperti endorfin dan oksitosin. Endorfin ini diduga dapat menurunkan persepsi nyeri.

Baca juga: Tak Lagi Misteri, Ini Fakta Lengkap tentang Orgasme pada  Wanita 

Olahraga

Menurut sebuah studi baru-baru ini, latihan aerobik intensitas rendah hingga sedang dapat membantu menjadi cara menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi. Kamu bisa menambahkan beberapa latihan aerobik ke dalam rutinitas harian, seperti naik sepeda ke toko swalayan, berjalan-jalan cepat saat makan siang, menari mengikuti lagu favorit, atau melakukan olahraga yang kamu sukai.

Berendam dalam Bak Mandi

Berendam di bak mandi air hangat juga menjadi cara menghilangkan nyeri menstruasi. Sebab air hangat akan memberikan otot panggul sentuhan kehangatan yang mereka butuhkan untuk bisa lebih rileks. Kamu juga bisa meningkatkan kekuatan pereda nyeri dari rendaman yang baik dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender, sage, atau mawar ke dalam bak mandi. Cobalah untuk bersantai di bak mandi air hangat setidaknya selama 15 menit untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.

Lakukan Yoga

Satu studi menunjukkan bahwa, seperti latihan aerobik, yoga juga dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Jika kamu ingin mencoba yoga, carilah kelas dengan komponen fisik dan komponen relaksasi. Penelitian menunjukkan kombinasi ini paling efektif untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi.

Baca juga:  Gangguan Siklus Menstruasi pada Remaja, Apa Penyebabnya?

Namun jika nyeri yang kamu alami tidak kunjung hilang dan merasakan gejala lain yang mengkhawatirkan. maka sebaiknya segera kunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Supaya lebih praktis, buat janji segera melalui aplikasi Halodoc sehingga kamu jadi tak perlu antre lagi. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain.
Healthline. Diakses pada 2021. Period Cramps Getting You Down? Try These 10 Remedies.
Health Partners. Diakses pada 2021. 13 Ways to Stop Period Cramp.