• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengusir Rasa Gerah saat Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengusir Rasa Gerah saat Hamil

Ini Cara Mengusir Rasa Gerah saat Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Mei 2022

“Ibu hamil rentan mengalami rasa gerah akibat perubahan berat badan dan hormon saat hamil. Pindah ke lokasi yang sejuk dan mengonsumsi air putih bisa menjadi cara mengusir rasa gerah saat hamil.”

Ini Cara Mengusir Rasa Gerah saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Berbagai perubahan dialami oleh ibu hamil selama menjalani kehamilan, salah satunya kenaikan berat badan. Bukan hanya membuat perubahan pada bentuk tubuh, kondisi ini juga rentan menyebabkan ibu hamil merasa kegerahan terus menerus. Apalagi jika ibu hamil banyak melakukan kegiatan di luar ruangan pada siang hari. Rasa gerah bisa dialami lebih parah sehingga muncul rasa tidak nyaman.

Sebaiknya segera atasi rasa gerah atau panas yang berlebihan pada ibu hamil. Suhu tubuh atau cuaca sekitar yang terlalu panas dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, baik pada ibu maupun janin. Sangat penting untuk mengontrol suhu tubuh saat menjalani kehamilan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik.

Tips Mengusir Rasa Gerah saat Hamil

Selain cuaca yang panas, ada berbagai penyebab ibu hamil merasa gerah. Misalnya seperti, kenaikan berat badan, adanya perubahan hormonal pada tubuh, hingga perubahan sirkulasi darah dalam tubuh. Mereka semua bisa menjadi alasan ibu hamil lebih sering merasa gerah atau panas.

Meskipun terlihat sepele, sebaiknya jangan abaikan rasa gerah yang dialami oleh ibu hamil. Gerah yang tidak diatasi dapat memicu kondisi overheating saat hamil. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan dan pertumbuhan janin.

Sebaiknya ketahui beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengusir rasa gerah saat hamil. Berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Pindah ke Lokasi yang Lebih Sejuk

Jika ibu merasa gerah, sebaiknya segera pindah ke lokasi yang lebih sejuk. Saat berada di luar ruangan, ibu bisa segera untuk kembali ke dalam ruangan dengan penyejuk ruangan. 

Ibu juga bisa memilih lokasi yang teduh dan tidak menyebabkan ibu terpapar sinar matahari secara langsung. Beristirahatlah sejenak hingga suhu tubuh kembali normal atau ibu tidak merasa kegerahan.

2. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Ibu hamil diwajibkan mengonsumsi air putih lebih dari delapan gelas dalam satu hari. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, maka ibu hamil akan terhindar dari rasa gerah yang berbahaya. 

Pastikan ibu selalu membawa air minum saat berpergian, jangan minum air putih saat merasa haus saja. Ibu perlu mengonsumsi air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi yang dapat memicu rasa gerah pada tubuh. Batasi pengonsumsian kafein untuk menghindari tubuh dari kondisi dehidrasi.

3. Gunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Tebal

Saat beraktivitas sebaiknya pastikan kamu tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal. Gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat, tidak terlalu ketat, dan nyaman. Terlebih jika kamu akan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Kamu juga bisa menggunakan topi atau payung untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, ibu hamil akan lebih nyaman saat beraktivitas.

4. Mandi dengan Air Dingin

Ibu bisa mandi menggunakan air dingin pada siang hari untuk mengatasi gerah. Namun, hindari mandi atau berendam menggunakan air es karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. 

5. Mengompres Perut

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa gerah saat hamil dengan melakukan kompres di beberapa bagian tubuh, seperti bagian dahi, area wajah, leher, hingga perut ibu. 

Ibu bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air. Kemudian, kompres beberapa bagian tubuh selama beberapa menit hingga tubuh kembali terasa nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk mengusir rasa gerah saat hamil. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan. Ibu bisa mendapatkan kebutuhan medis yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Good to Know. Diakses pada 2022. How to Cool Down When Pregnant: 18 Tips to Reduce Body Heat Fast.
Baby Center. Diakses pada 2022. Overheating During Pregnancy: How to Keep Cool.