• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Meningkatkan Kesuburan dengan Buah dan Sayuran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Meningkatkan Kesuburan dengan Buah dan Sayuran

Ini Cara Meningkatkan Kesuburan dengan Buah dan Sayuran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Juni 2022

“Buah dan sayuran memberi pasokan glutathione pada tubuh, yang penting untuk kualitas sel telur dan sperma. Buah dan sayuran yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan yaitu asparagus, tomat, hingga buah citrus.”

Ini Cara Meningkatkan Kesuburan dengan Buah dan Sayuran

Halodoc, Jakarta – Menerapkan pola makan dan konsumsi makanan bergizi seimbang tentu dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Termasuk kesehatan reproduksi, baik pada wanita dan pria. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran. 

Sebuah studi oleh Harvard School of Public Health, yang terdiri dari hampir 19.000 wanita, ditemukan gangguan ovulasi pada mereka yang mengonsumsi banyak lemak trans, gula dari karbohidrat, dan protein hewani. Untuk mengatasinya gangguan kesuburan, pastikan untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar setiap kali makan. 

Lantas, apa saja buah dan sayuran yang dapat meningkatkan kesuburan?

Buah dan Sayuran untuk Meningkatkan Kesuburan

Buah dan sayuran memberi pasokan glutathione pada tubuh, yang penting untuk kualitas sel telur dan sperma. Kebanyakan sayuran dan buah-buahan mengandung fitokimia yang bermanfaat untuk kesuburan. Berikut ini buah dan sayuran yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan.

  1. Buah Citrus

Buah Citrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon adalah beberapa sumber terbaik untuk vitamin C. Jeruk mengandung putrescine poliamina, yang menurut penelitian berkaitan dengan potensi untuk meningkatkan kesehatan sel telur dan sperma. 

  1. Tomat

Sayur tomat kaya akan nutrisi likopen, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan. Likopen telah diteliti secara ekstensif mengenai peran potensialnya dalam meningkatkan kesuburan pria. Suplementasi likopen bahkan diteliti sebagai pengobatan yang mungkin bermanfaat untuk infertilitas pria.

  1. Asparagus

Asparagus merupakan superfood  yang kaya nutrisi. Sayur ini rendah kalori, mengenyangkan, dan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Dalam satu porsi asparagus, mengandung nilai harian penuh vitamin K, 60 persen dari nilai harian folat, dan lebih dari 20 persen nutrisi penting lainnya. Seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B thiamin. 

  1. Buah Delima

Delima telah lama diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan dan kehamilan. Menurut penelitian, buah delima sarat dengan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas sperma. 

  1. Nanas

Banyak yang meyakini bahwa makan buah nanas selama lima hari setelah ovulasi atau transfer embrio (selama IVF) akan membantu implantasi. Nanas diketahui sebagai sumber vitamin C. Satu porsi nanas mengandung 46 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Hati-hati, kekurangan vitamin C dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS). Namun, mengenai hal ini masih diperlukan banyak penelitian. 

Alasan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayuran untuk Tingkatkan Kesuburan

Buah dan sayur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Kandungan multivitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Selain itu, konsumsi buah dan sayuran merupakan syarat untuk memenuhi pola makan bergizi seimbang. 

Kandungan vitamin dalam buah dan sayuran juga bisa membantu untuk meningkatkan kesuburan atau fertilitas pada pria dan wanita. Tentu saja, kamu perlu mengkombinasikan jenis sayur dan buah yang dikonsumsi. 

Buah dan sayuran mengandung zat antioksidan, mikronutrien, dan fitokimia yang berguna menangkal radikal bebas. Bahaya paparan radikal bebas salah satunya yaitu dapat memengaruhi kualitas ovum dan sperma, serta organ reproduksi lainnya.

Untuk memenuhi asupan vitamin dari sayuran dan buah secara sempurna, kuncinya adalah dengan memilih konsumsi buah dan sayur yang beraneka warna. Seperti buah dan sayuran merah, kuning, dan hijau. Jika bosan dengan olahan padat, kamu bisa memvariasikannya dengan konsumsi 4-5 gelas jus sehari.

Itulah yang perlu diketahui mengenai manfaat buah dan sayuran untuk meningkatkan kesuburan. Jika masalah kesuburan kamu cukup sulit diatasi dengan pola makan saja, sebaiknya diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan intervensi medis. Kamu bisa membuat janji medis dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Family. Diakses pada 2022. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception
Parents. Diakses pada 2022. Fertility Diet: What to Eat When Trying to Get Pregnant
Everyday Health. Diakses pada 2022. Foods That Make You Fertile