• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anjing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anjing

Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anjing

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 26 November 2021
Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anjing

“Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan jantung anjing. Salah satunya adalah memberikannya makanan yang bergizi dan berkualitas. Sebab, nutrisi memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit, bulu, kesehatan sendi, hingga fungsi organ.”

Halodoc, Jakarta – Saat ini, memelihara anjing menjadi salah satu tren yang banyak peminatnya. Hal ini lantaran anjing dikenal sebagai hewan setia, penurut, dan menggemaskan. Namun, jika kamu memutuskan untuk memeliharanya, tentu kamu harus mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan hewan tersebut. 

Sama halnya dengan manusia, anjing juga rentan untuk terserang berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gagal jantung yang rentan untuk menyerang anjing berumur. Meski begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan jantung anjing. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak infonya di sini!

 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Jantung Anjing

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung anjing, antara lain:

  1. Memberikan Makanan Bergizi

Tubuh yang sehat dimulai dengan pola makan yang sehat. Sebab nutrisi memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit, bulu, kesehatan sendi, hingga fungsi organ. Maka dari itu, pastikan untuk memilih makanan dengan kandungan gizi seimbang dan berkualitas tinggi untuk anjingmu. 

Selain itu, perhatikanlah porsi makanan yang diberikan, agar obesitas pada anjing dapat dihindari. Seperti halnya manusia, obesitas juga dapat memengaruhi kesehatan jantung anjing. Agar dapat mengetahui apa saja makanan sehat yang harus diberikan sesuai porsi yang ideal, periksakanlah terlebih dahulu anjingmu kepada dokter hewan.

  1. Ajak Anjing untuk Rutin Berolahraga

Meski anjing peliharaanmu memiliki berat badan atau tubuh yang sehat, ia masih membutuhkan olahraga rutin untuk kesehatannya. Ajaklah anjing untuk rutin berolahraga terutama olahraga kardio, seperti berjalan-jalan, berlari, hingga berenang. 

Menariknya lagi, selain bermanfaat pada jantung, rutin berolahraga juga dapat menjaga berat badan tubuhnya tetap ideal dan memperkuat ikatan antara kamu dengannya.

  1. Memeriksakan Kesehatannya Secara Rutin

Perlu diingat bahwa hewan peliharaan seperti anjing akan menua jauh lebih cepat bila dibandingkan manusia. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat jadwal ke dokter hewan secara rutin guna memeriksakan kesehatannya. 

Tujuannya agar dokter hewan dapat memantau kesehatan jantung dan tubuh anjing secara keseluruhan. Selain itu, pemeriksaan kesehatan rutin tentu juga dapat mendeteksi akan adanya gangguan kesehatan, sehingga penanganan dapat dilakukan sedari dini.

  1. Waspadai Heartworm Disease

Infeksi cacing jantung, atau heartworm disease adalah penyakit serius dan berpotensi fatal pada anjing. Kondisi ini dapat menyebabkan gagal jantung hingga kerusakan jantung permanen, apabila tidak segera ditangani. Heartworm disease sendiri disebabkan oleh parasit Dirofilaria immitis yang ditularkan melalui darah, biasanya oleh nyamuk. 

Maka dari itu, penting untuk melakukan tindak pencegahan sedari dini. Untuk mencegahnya, kamu dapat memberikan peliharaanmu obat cacing baik dalam bentuk pil atau tetes yang diresepkan dokter hewan.

  1. Perhatikan Gejala Penyakit Jantung Sedari Dini

Beberapa ras anjing seperti Cavalier King Charles spaniel, Boston terrier, dan Chihuahua lebih rentan terhadap penyakit jantung. Maka dari itu, penting untuk mengetahui secara pasti jenis dari anjing yang kamu pelihara.

Jika kamu memelihara salah satu jenis anjing tersebut sangat penting untuk selalu memantau gejala gangguan pada jantung. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai:

  • Batuk kering setelah berolahraga.
  • Batuk lebih parah di malam hari.
  • Sesak napas.
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba.
  • Kelelahan.
  • Pingsan.
  • Gusi pucat.
  • Perut bengkak.

Apabila anjing mengalami salah satu atau lebih gejala tersebut, penting untuk segera membawanya kepada dokter hewan. 

  1. Perawatan Gigi Rutin

Kebanyakan anjing yang berusia di atas tiga tahun sangat rentan untuk mengidap penyakit gigi atau mulut tertentu. Nah, bakteri, penumpukan plak atau karang gigi, hingga agen infeksi apa pun pada mulut anjing, dapat masuk ke dalam aliran darah tubuhnya. Hal tersebut memiliki kontribusi yang kuat pada peningkatan risiko terjadinya gagal jantung pada anjing.

Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan perawatan gigi secara rutin pada anjing. Terutama bila anjing memiliki gangguan seperti bau mulut, sariawan, atau meneteskan air liur berlebihan.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan guna menjaga kesehatan jantung anjing peliharaan. Salah satunya adalah memberikan anjing makanan yang bergizi dan berkualitas agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sebab, nutrisi memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh anjing secara keseluruhan. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memberikan anjing yang berkualitas.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan makanan anjing sesuai pilihanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di Pet Shop. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera download Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Anasazi Animal Clinic. Diakses pada 2021. 5 Tips to Keep Your Dog’s Heart Healthy
iHeartDogs. Diakses pada 2021. 8 Ways To Keep Your Dog’s Heart Healthy
The Dogington Post. Diakses pada 2021. FOOD GUIDELINES6 Ways To Keep Your Dog’s Heart Healthy
VCA hospitals. Diakses pada 2021. Heartworm Disease in Dogs