• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menyuburkan Rambut Bayi yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Menyuburkan Rambut Bayi yang Perlu Diketahui

Ini Cara Menyuburkan Rambut Bayi yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2022

"Rambut yang halus, lebat dan lentur adalah ciri rambut yang subur. Ibu bisa melakukan perawatan seperti mengoleskan gel lidah buaya dan memenuhi asupan nutrisi Si Kecil agar rambutnya subur."

Ini Cara Menyuburkan Rambut Bayi yang Perlu DiketahuiIni Cara Menyuburkan Rambut Bayi yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Setiap anak memiliki tipe rambut yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa ciri kalau rambut Si Kecil subur, yaitu lebat, halus, lentur dan berkilau. Jika rambutnya cenderung kusam, kaku dan kasar, sebaiknya ibu mencari alternatif perawatan rambut yang tepat untuk Si Kecil.

Salah satunya mengoleskan gel lidah buaya. Lidah buaya mampu menguatkan folikel dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga menjadi lebih lebat dan lentur. Oleskan  gel ini secara rutin ke  rambut Si Kecil untuk merasakan khasiatnya.

Tips Menyuburkan Rambut Si Kecil

Adapun, perawatan yang bisa ibu coba untuk menjaga kesuburan rambut bayi:

1. Jaga kebersihan rambut

Bersihkan rambut Si Kecil secara rutin, setidaknya tiga hari sekali menggunakan sampo. Pastikan kulit kepalanya tidak terlalu kering maupun berminyak. Jika kadar kelembapannya tidak seimbang, rambut bisa kering, kaku dan mudah rontok.

2. Masker madu dan minyak zaitun

Selain lidah buaya, campuran madu murni dan minyak zaitun juga bisa menjadi alternatif perawatan rambut bayi. Madu mengandung vitamin dan mineral yang mampu melembapkan sekaligus menguatkan rambut. Sedangkan vitamin E pada minyak zaitun menjaga kulit kepala bayi tetap sehat.

Campurkan beberapa sendok madu dengan minyak zaitun. Balurkan ke rambut bayi sampai mengenai kulit kepalanya. Kemudian pijat-pijat dengan lembut dan biarkan. Setelah selesai, bilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Pilih sampo yang tepat

Pilihlah sampo khusus bayi untuk merawat rambutnya. Kulit kepala bayi cenderung sensitif. Itu sebabnya, pilih sampo yang mengandung bahan-bahan lembut dan tidak  pedih di mata. Sampo yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti kemiri dan seledri, adalah beberapa pilihan tepat yang bisa menyuburkan rambut bayi.

4. Usahakan rambut tidak kusut

Rambut bayi cenderung gampang kusut. Pasalnya, mereka menghabiskan banyak waktu dalam posisi berbaring. Bayi yang lebih besar juga cenderung lebih aktif sehingga rambutnya mudah kusut dan berminyak karena keringat.

Nah, sebaiknya segera rapikan rambut yang kusut ini. Tujuannya agar tidak mudah rontok dan menghambat proses pertumbuhan. Untuk mencegah rambut kusut, ibu bisa mengubah posisi tidur bayi sesekali dengan menaruhnya tengkurap di atas perut ibu. Selain itu, sisir rambutnya dengan sisir bersikat halus secara rutin.

5. Penuhi asupan nutrisinya

Perawatan menyuburkan rambut bayi juga perlu dilakukan dari dalam. Caranya dengan memberikan ASI yang cukup. Oleh sebab itu, ibu wajib mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar produksi ASI berjalan lancar.

Bagi Si Kecil yang sudah memasuki masa MPASI, berikan makanan yang bergizi. Misalnya, susu, ikan, buah, dan sayuran yang mendukung pertumbuhan rambut Si Kecil.

6. Gunting rambut bayi

Memotong rambut bayi bisa membantu menghilangkan pitak dan membuatnya tumbuh merata. Bila ibu ingin memotong rambut bayi, potonglah helai yang lebih panjang terlebih dahulu. Sebaiknya jangan menggunakan alat cukur untuk mencegah luka yang tidak diinginkan.

Si Kecil juga butuh vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Segera cek kebutuhan vitamin dan suplemen di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu anak sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Hacks for Baby Hair Growth.
Mommy In Me. Diakses pada 2022. 10 best ways to grow baby hair faster.
First Cry Parenting. Diakses pada 2022. 10 Tips for Baby Hair Growth.