• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mudah Mengobati Cantengan di Tangan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mudah Mengobati Cantengan di Tangan

Ini Cara Mudah Mengobati Cantengan di Tangan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 November 2022

“Cantengan di tangan lebih jarang terjadi daripada di kuku jari kaki. Namun, tangan yang cantengan juga bisa menyebabkan komplikasi dan infeksi.”

Ini Cara Mudah Mengobati Cantengan di TanganIni Cara Mudah Mengobati Cantengan di Tangan

Halodoc, Jakarta – Kondisi kuku cantengan bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kuku cantengan atau paronikia adalah infeksi bakteri yang terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jari tangan maupun kaki. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, bengkak, kemerahan, bahkan bernanah pada jari kuku yang terinfeksi. 

Cantengan di tangan lebih jarang terjadi daripada di kuku jari kaki. Namun, kuku jari tangan yang cantengan juga bisa menyebabkan komplikasi dan infeksi. Oleh karena itu, cantengan di tangan harus segera mendapatkan pengobatan.

Cara Mudah Mengobati Cantengan di Tangan

Mengobati infeksi cantengan yang ringan sebetulnya mudah. Kamu bisa mengobati cantengan dengan pengobatan rumahan.

Namun, ketika cantengan sudah kronis, lebih baik segera mendapatkan penanganan dari dokter. Terlebih untuk pengidap diabetes, neuropati, atau masalah sirkulasi darah, sebaiknya tidak mencoba merawat kuku cantengan di rumah. Mereka harus menemui dokter untuk perawatan yang aman dalam kasus ini.

Untuk pengobatan rumahan, kamu bisa melakukan beberapa cara, seperti: 

1. Rendam Air Garam Hangat

Kamu bisa merendam kuku yang cantengan di air hangat. Siapkan air hangat secukupnya, campurkan dengan garam, kemudian rendam jari yang cantengan selama 15-30 menit. Lakukan setidaknya tiga kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Atau, kamu juga bisa mengompres kuku yang cantengan dengan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

2. Gunakan Salep Cantengan

Setelah merendam dengan air garam hangat, kamu selanjutnya bisa menggunakan salep oles. Salep ini ini dapat mempercepat pemulihan dengan mengurangi bahaya infeksi. Kamu harus mengoleskan salep sesuai anjuran pada kemasan. Salep digunakan sebanyak tiga kali sehari. 

3. Kompres dengan Kapas dan Kain Kasa

Jika merendam tidak membuat sakit hilang dalam satu atau dua hari, kamu dapat mencoba mendorong kuku dengan lembut dengan mengompres menggunakan kapas atau kain kasa. Ambil sepotong kecil kain kasa atau kapas bersih dan masukkan ke bawah kuku.

Ini dapat membantu meredakan tekanan dan nyeri. Namun, pastikan untuk mengganti kapas setidaknya sekali sehari sampai kuku tumbuh dan sembuh.

4. Bersihkan dengan Benang Gigi

Terkadang, sulit untuk memasukkan sepotong kapas ke bawah kuku. Dalam kasus ini, mungkin lebih mudah menggunakan benang gigi berlapis lilin.

Setelah merendam dan mencuci tangan, masukkan benang gigi yang bersih dengan lembut di bawah ujung kuku yang tumbuh ke dalam. Lalu bersihkan secara perlahan kotoran yang tersangkut. Ini akan mencegah pembengkakan dan infeksi oleh bakteri.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Ketidaknyamanan atau rasa nyeri yang luar biasa terkadang muncul saat kuku cantengan. Pengidap bisa menggunakan obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa nyeri.

Ikuti petunjuk dan rekomendasi dosis untuk pereda nyeri ini dan pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dosis. Pasalnya, overdosis obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan efek samping negatif seperti mual, diare, dan ketidaknyamanan perut. 

Selain itu, dokter bisa meresepkan antibiotik untuk mengobati kuku jari cantengan yang gejalanya sudah parah. Dokter akan meresepkan obat antijamur jika jamur penyebab infeksi yang mengakibatkan cantengan. Obat-obatan ini sering hadir dalam bentuk topikal. 

Selain memberikan obat-obatan, dokter terkadang akan melakukan prosedur mengeluarkan nanah dari area bengkak di sekitar cantengan. Pengidap cantengan kronis membutuhkan pengobatan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Pengidap harus menjaga tangan dan kaki mereka tetap kering dan bersih selama pengobatan.

Itulah pembahasan seputar cara mudah mengobati cantengan. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin yang lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Healthline. Diakses pada 2022. How to Treat an Ingrown Fingernail.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to Fix an Ingrown Fingernail.