• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Sederhana Agar Teh Hijau Makin Menyehatkan

Ini Cara Sederhana Agar Teh Hijau Makin Menyehatkan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Ketika membicara tentang makanan atau minuman yang bisa membuat seseorang mendapatkan umur yang panjang, teh herbal seperti teh hijau tentu akan menjadi urutan atas dalam daftar tersebut. Teh hijau yang kaya akan antioksidan penangkal radikal bebas ini adalah salah satu minuman harian dari orang Jepang, sehingga tak mengherankan jika Jepang masuk dalam salah satu negara yang penduduknya memiliki umur panjang.

Deanna Minich, Ph.D., IFMCP, ahli gizi fungsional yang mempelajari pigmen nabati, juga setuju bahwa teh herbal seperti teh hijau adalah salah satu minuman yang bisa bikin panjang umur. Teh hijau pun menjadi salah satu yang paling diandalkan karena minuman sehat ini mengandung katekin EGCG yang kuat, yang memiliki lebih dari beberapa manfaat anti-inflamasi.

Namun, Deanna sendiri mengatakan bahwa ada cara agar kamu dapat meningkatkan manfaatnya teh hijau. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut!

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Tubuh Ideal

Tips Membuat Teh Hijau Makin Bermanfaat

Dalam podcast mindbodygreen, Deanna menyebutkan bahwa cara untuk meningkatkan manfaat teh hijau sangatlah sederhana, yaitu menambahkan sedikit perasan lemon ke dalam teh. Kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini, tetapi jika kamu pecinta teh hijau dan menambahkan sedikit perasan lemon ke dalamnya, maka ini akan meningkatkan potensi katekin dan membuat katekin benar-benar bekerja lebih baik di tubuh. Tentu saja masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim tersebut, tetapi beberapa penelitian telah menyetujui hubungan tersebut secara luas.

Secara khusus, satu penelitian menemukan bahwa teh hijau dengan lemon memiliki lebih banyak polifenol daripada teh hijau. Jika kamu membandingkan keduanya, teh hijau dengan lemon memiliki sedikit perbedaan. Teori lain, seperti yang digambarkan dalam Journal of Food Processing and Technology, adalah kandungan asam tinggi lemon meningkatkan antioksidan teh hijau, yang kemudian membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

Ditambah lagi, perasan air lemon juga memiliki kandungan antioksidannya sendiri, dengan sejumlah besar vitamin C yang mendukung kekebalan. Jadi, tidak ada salahnya untuk memeras sedikit lemon ke dalam secangkir teh.

Lebih baik lagi, Deanna juga menyarankan untuk tambahkan kulitnya juga. Kulit lemon mengandung senyawa yang disebut salvestrol Q40 dan limonene, yang dikenal memiliki sifat antioksidan, dan kulit lemon mungkin memiliki vitamin lima hingga 10 kali lebih banyak daripada jus itu sendiri.

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter di Halodoc bagaimana cara sehat menyajikan teh hijau, atau beberapa minuman herbal lain yang mungkin manfaatnya tak kalah jauh dari teh hijau. Dokter di Halodoc akan selalu siaga setiap saat untuk memberikan saran yang tepat untuk mendukung kesehatanmu secara keseluruhan.

Baca juga: Di Antara Banyak Jenis Teh, Mana yang Lebih Sehat?

Beberapa Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan bernama Camellia sinensis, dan minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok. Kini teh hijau dapat ditemukan dengan mudah di supermarket, dan paling nikmat jika disajikan dengan air hangat untuk menemanimu saat tengah bersantai. 

Manfaat teh hijau nyatanya tak hanya sebatas memperpanjang umur saja. Ada beberapa manfaat teh hijau yang wajib kamu tahu berikut ini:

  • Menurunkan Kolesterol Tinggi

Polifenol dalam teh hijau diduga mampu menghalangi kolesterol diserap usus sekaligus membantu menyingkirkannya. Dengan begitu, teh hijau pun dinilai cukup efektif untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, khususnya pada penyakit arteri koroner, yang merupakan salah satu penyebab banyak kematian.

  • Melawan Kanker

Polifenol dalam teh hijau juga diduga mampu mengurangi pertumbuhan tumor, sehingga mencegahnya tumbuh menjadi tumor ganas (kanker). Bagi wanita, teh hijau yang dikonsumsi rutin juga bisa menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh mengenai efek teh hijau pada kanker.

  • Mencegah Diabetes

Teh hijau nyatanya juga bisa meningkatkan kinerja insulin serta membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

  • Menurunkan Berat Badan

Katekin yang terkandung dalam teh hijau juga diduga mampu membantu proses pembakaran lemak tubuh. Namun, studi tentang ini sendiri masih belum signifikan dan masih perlu pembuktian lebih lanjut.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Proven Benefits of Green Tea.
Mindbodygreen. Diakses pada 2021. This One Trick Makes Green Tea So Much Healthier, Says A Functional Nutritionist.
WebMD. Diakses pada 2021. Green Tea Health Benefits.