• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Low Back Pain
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Low Back Pain

Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Low Back Pain

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 September 2022

“Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan guna mengatasi low back pain. Salah satunya adalah dengan terus bergerak secara aktif seperti jalan cepat selama 30 menit secara rutin.”

Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Low Back PainIni Cara Sederhana untuk Mengatasi Low Back Pain

Halodoc, Jakarta – Low back pain atau nyeri punggung bawah adalah kondisi yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada tulang punggung bawah atau pinggang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis, cedera, hingga penyakit tertentu. 

Meski terkesan sepele, nyatanya low back pain tidak dapat diabaikan. Sebab, kondisi ini dapat menghambat aktivitas pengidapnya karena menimbulkan ketidaknyamanan. Nah, jika saat ini kamu mengalaminya, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi low back pain

Cara Sederhana Mengatasi Low Back Pain

Terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan guna mengatasi nyeri punggung bawah, antara lain: 

1. Terus Bergerak

Cara sederhana yang pertama untuk mengatasi nyeri punggung bawah adalah dengan terus bergerak. Hal ini mungkin sulit untuk dilakukan ketika kamu merasakan nyeri yang timbul dari kondisi ini. Tetapi, menjaga tubuh tetap aktif bergerak mungkin adalah hal pertama yang direkomendasikan oleh dokter. Maka dari itu, cobalah untuk tetap menjalani aktivitas dan gerakan harian yang biasa dilakukan. Hal ini bisa berupa jalan cepat selama 30 menit atau mengitari blok ketika berangkat kerja. Cobalah cara ini setidaknya tiga kali dalam seminggu. 

2. Melakukan Peregangan 

Cara yang direkomendasikan selanjutnya untuk mengatasi low back pain adalah dengan melakukan peregangan. Otot yang kuat, terutama otot yang berada pada inti perut, dapat membantu menopang punggung. Nah, kekuatan dan fleksibilitas dari otot tersebut dapat membantu meringankan rasa sakit dan mencegah terjadinya low back pain. Untuk itu, cobalah untuk melakukan peregangan di pagi hari setelah bangun tidur. 

3. Mengurangi Berat Badan

Mengurangi beban ekstra pada tubuh akibat berat badan berlebih diyakini dapat meringankan beban yang ada pada punggung bawah. Sebab, penurunan berat badan dapat mengurangi jumlah kekuatan mekanik ke tulang belakang. Karena itu, cobalah untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan berolahraga rutin dan menerapkan pola makan yang sehat. 

4. Berhenti Merokok 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang perokok, orang tersebut empat kali berisiko mengalami penyakit cakram degeneratif. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko masalah tulang belakang lainnya dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Penyebabnya adalah kandungan nikotin dalam rokok atau produk tembakau lainnya dapat melemahkan tulang belakang. 

Selain itu, nikotin juga diduga kuat dapat menghilangkan nutrisi penting dari cakram spons yang berfungsi untuk melindungi sendi tubuh. Padahal, tulang belakang yang sehat membuat punggung lebih fleksibel, dan otot-ototnya tidak kaku dan sakit. 

5. Menggunakan Obat Pereda Nyeri 

Beberapa jenis obat pereda nyeri tanpa resep diketahui dapat membantu mengatasi low back pain dan kekakuan otot. Salah satu obatnya adalah obat antiinflamasi non steroid atau NSAID seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Sesuai dengan namanya NSAID dapat membantu menurunkan peradangan yang menimbulkan nyeri atau pembengkakan. Kendati demikian, penting untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter, terkait obat pereda nyeri apa yang aman dan cocok berdasarkan kondisimu. 

Itulah beberapa cara sederhana untuk mengatasi low back pain atau nyeri punggung bawah. Mulai dari terus bergerak, melakukan peregangan, mengurangi berat badan, hingga menggunakan obat pereda nyeri. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat meredakan nyeri yang timbul akibat nyeri punggung bawah. Namun, jika rasa nyeri tak kunjung membaik, segeralah periksakan dirimu ke dokter. Sebab, bisa jadi low back pain yang kamu rasakan, merupakan indikasi akan penyakit atau kondisi medis serius yang memerlukan penanganan sedari dini. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan dirimu. Tentunya tanpa perlu menunggu atau mengantre berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What You Should Know About Low Back Pain. 
WebMD. Diakses pada 2022. 10 Ways to Manage Low Back Pain at Home.