• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Tepat Mengatasi Konflik dengan Sahabat

Ini Cara Tepat Mengatasi Konflik dengan Sahabat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Cara Tepat Mengatasi Konflik dengan Sahabat

Halodoc, Jakarta - Memiliki sahabat merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Mulai dari berbagi kebahagiaan, hingga keluh kesah yang dirasakan bisa dilakukan bersama sahabat. Tidak hanya itu, memiliki sahabat ternyata mampu membantu kamu terhindar dari kondisi stres, loh.

Baca juga: Perlu atau Tidak Bagi Anak Memiliki Sahabat Dekat?

Namun, meskipun kamu dan sahabat sudah menjalani hubungan yang sangat dekat, tetapi terkadang konflik pun tak dapat dihindari. Umumnya, konflik antar sahabat dapat terjadi akibat kurangnya komunikasi. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi konflik dengan sahabat? Yuk, simak cara tepat mengatasi konflik dengan sahabat dalam artikel ini!

Lakukan Ini untuk Mengatasi Konflik dengan Sahabat

Keberadaan sahabat ternyata cukup penting bagi beberapa orang. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika memiliki sahabat. Mulai dari berbagai kebahagiaan, mencurahkan isi hati, menghindari kesedihan, hingga melakukan hobi yang serupa bersama.

Namun, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan saat bersahabat dengan orang lain. Salah satunya adalah komunikasi yang baik. Komunikasi menjadi salah satu rahasia mengapa persahabatan dapat berjalan baik dan berlangsung lama.

Lalu, bagaimana jika dalam hubungan persahabat muncul sebuah konflik? Banyak orang yang memutuskan untuk menjauh dari sahabat agar konflik dapat segera diatasi. Namun, itu bukanlah cara tepat untuk mengatasi konflik dengan sahabat.

Baca juga: Punya Sahabat, Benarkah Cegah Depresi?

Tidak ada salahnya, simak beberapa cara efektif yang mampu mengatasi konflik dengan sahabat.

1.Tenangkan Diri

Jika muncul konflik diantara kamu dan sahabat, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu. Menenangkan diri membuat kamu dapat berpikir lebih sehat dan baik. Selain itu, kamu bisa menggunakan waktu ini untuk memikirkan apa saja yang membuat kamu merasa tidak nyaman dan menyebabkan konflik. Tidak ada salahnya melakukan introspeksi diri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertemu dengan sahabat.

2.Ceritakan yang Kamu Rasakan dengan Jelas dan Singkat

Sebaiknya, hindari menjelaskan konflik yang kamu rasakan secara berbelit. Utarakan perasaan yang kamu rasakan dengan jelas dan singkat. Hindari menggunakan nada bicara yang tinggi. Namun, pastikan kamu berbicara dengan tegas. Fokus pada apa yang menjadi masalah dan jangan mengungkit masa lalu atau kejadian yang pernah terjadi sebelumnya.

3.Berikan Fokus dan Perhatian Saat Sahabat Berbicara

Saat sahabat berbicara, usahakan fokus dan berikan perhatian padanya. Sebaiknya jangan memotong pembicaraan yang dilakukan oleh sahabat. Apalagi jika ia sedang menjelaskan duduk perkara yang kalian hadapi. Hindari memotong pembicaraan, menyangkalnya saat ia berbicara, apalagi menghakiminya. Pastikan ia menyelesaikan dulu apa yang akan ia ungkapkan atau bicarakan.

4.Lakukan Permintaan Maaf

Jika dalam suatu konflik kamu merasa berbuat salah dengan sahabat, sebaiknya segera minta maaf. Lakukan permintaan maaf dengan tulus dan bijak. Hindari menyalahkan atau memojokkan sahabat saat minta maaf.

5.Segera Cari Solusi

Setelah berbicara mengenai konflik yang terjadi, sebaiknya segera cari solusi bersama untuk masalah yang kalian hadapi. Tentunya, solusi yang didapatkan harus membuat kamu dan sahabat merasa nyaman serta lega. 

6.Lakukan Hal Menyenangkan Bersama

Saat konflik telah usai, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk melakukan hal menyenangkan bersama. Makan siang atau mengunjungi tempat yang menjadi kenangan baik bagi kalian berdua bisa dilakukan. Dengan begitu, ikatan persahabatan kalian akan semakin kuat.

Perbedaan pendapat atau masalah dalam suatu persahabatan merupakan hal yang wajar dan normal. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah membuat sebuah konflik menjadi pembelajaran agar kamu dan sahabat semakin dewasa.

Baca juga: Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri

Jangan ragu untuk menolong sahabat yang mengalami gangguan kesehatan dengan membantu menyiapkan obat yang dibutuhkan. Caranya? Kamu bisa gunakan Halodoc dan beli obat melalui layanan pesan antar sehingga sahabat kamu bisa mendapatkan obat di rumah sambil beristirahat. 

Mudahkan? Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Value Options. Diakses pada 2021. Friendly Feuds: How to Resolve Conflict Between Friends.
BuzzFeed. Diakses pada 2021. 14 Ways to Actually Resolve Conflicts With Your Friends.
Everyday Health. Diakses pada 2021. Managing Conflicts in Friendship.