• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Hba1c dalam Tubuh

Ini Cara yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Hba1c dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Cara yang Efektif untuk Menurunkan Kadar Hba1c dalam Tubuh

“Kadar Hba1c yang tinggi menunjukkan kadar glukosa dalam darah tinggi. Kondisi ini berbahaya bagi pengidap diabetes karena bisa meningkatkan risiko mereka mengalami komplikasi. Namun, dengan mengatur pola makan sehat, meningkatkan aktivitas fisik dan minum obat, gula darah bisa dikendalikan yang akhirnya menurunkan kadar Hba1c.”

Halodoc, Jakarta – Diabetes adalah penyakit kronis yang bisa menyebabkan banyak komplikasi berbahaya. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola penyakit tersebut. Salah satunya adalah menjaga kadar Hba1c tetap normal.

Hba1c adalah rata-rata kadar glukosa (gula) darah kamu selama dua sampai tiga bulan terakhir. Bila kadar tersebut tinggi, kamu yang mengidap diabetes berisiko tinggi mengalami komplikasi. Namun, tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar Hba1c dalam tubuh. Berikut ulasannya.

Pentingnya Menurunkan Kadar Hba1c

Hba1c dikenal juga sebagai hemoglobin terglikasi. Ini adalah sesuatu yang dihasilkan ketika glukosa dalam tubuh menempel pada sel darah merah. 

Ketika glukosa memasuki darah, ia mengikat protein sel darah merah yang disebut hemoglobin. Protein ini berperan penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Semakin tinggi kadar glukosa darah, semakin banyak hemoglobin yang diikatnya. Sel darah merah bisa hidup selama sekitar 4 bulan. Jadi, Hba1c mencerminkan kadar glukosa darah jangka panjang.

Banyak penelitian sudah menunjukkan bahwa menurunkan kadar Hba1c bisa membantu memperlambat perkembangan diabetes dan mengurangi risiko komplikasi, seperti kerusakan saraf dan penyakit kardiovaskular, baik pada diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Bahkan, perubahan kecil pada Hba1c bisa memberikan efek yang signifikan.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan orang untuk menjaga kadar Hba1c di bawah 7 persen. Namun, pada orang yang mengidap diabetes, kadar Hba1c yang ideal adalah 6,5 persen atau lebih rendah.

Cara Efektif Menurunkannya

Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kadar Hba1c kamu tinggi, dokter bisa mengatur kembali rencana obat-obatan yang diberikan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kamu. Namun, selain itu, kamu juga perlu membuat perubahan pada gaya hidup kamu, khususnya pola makan dan aktivitas fisik kamu agar kadar gula darah tetap terjaga yang akhirnya bisa menurunkan kadar Hba1c.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk menurunkan kadar Hba1c:

  1. Buat Rencana Makan

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat penting untuk menurunkan kadar Hba1c. Agar kamu tidak tergoda untuk membeli atau mengonsumsi makanan tidak sehat secara berlebihan, buatlah rencana makan per minggu. Misalnya, kamu bisa membuat daftar belanjaan terlebih dahulu sebelum berbelanja makanan dan belilah hanya makanan-makanan yang ada dalam daftar. Selain itu, buat juga daftar menu makanan yang akan dikonsumsi selama satu minggu untuk memastikan kamu mendapatkan gizi seimbang.

  1. Batasi Porsi Makanan

Selain jenis makanan yang dikonsumsi, porsi makanan yang kamu makan juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu mencegah makan berlebihan:

  • Makanlah secukupnya saja dengan porsi yang sesuai untuk kamu.
  • Gunakan piring yang lebih kecil saat makan.
  • Bila kamu ingin mencamil biskuit, alih-alih makan langsung dari bungkusnya, ambillah beberapa biskuit dan taruh di piring.
  • Saat pergi makan di luar rumah, daripada memesan satu hidangan besar untuk diri sendiri, bertanyalah pada teman kamu apakah mereka ingin berbagi dengan kamu.

3. Pantau Karbohidrat

Jumlah asupan karbohidrat yang tepat untuk tiap orang bervariasi. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk bertanya pada dokter agar kamu mengetahui jumlah karbohidrat yang tepat. Namun, bila kamu tidak memantaunya secara cermat, kamu cenderung mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Karena itu, penting untuk memantau asupan karbohidrat kamu dengan cara membuat catatan makanan yang dikonsumsi atau menggunakan aplikasi.

  1. Turunkan Berat Badan yang Sehat

Bila kamu memiliki berat badan berlebih, menurunkan berat badan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, tidak perlu menurunkan berat badan secara drastis. Para ahli mengatakan, bahkan penurunan berat badan sebesar 5 persen sudah bisa membuat perubahan besar.

  1. Rencana Latihan

Cara lain yang juga bisa membantu menurunkan kadar Hba1c dengan meningkatkan aktivitas fisik. Pedoman saat ini merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan latihan fisik dengan intensitas sedang selama 150–300 menit setiap minggu. 

  1. Minum Obat

Obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan gula darah puasa juga akan menurunkan kadar Hba1c kamu. Beberapa obat, terutama yang memengaruhi gula darah kamu setelah makan yang disebut gula darah postprandial. Obat-obatan tersebut, termasuk sitagliptin, repaglinide, dan lain-lain. Meskipun obat ini tidak secara signifikan meningkatkan nilai glukosa puasa, tetapi mereka tetap membantu menurunkan kadar Hba1c, karena mengurangi lonjakan glukosa setelah makan. Bicarakanlah terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum obat apa pun.

Itulah cara efektif untuk menurunkan kadar Hba1c. Untuk cek kebutuhan obat kamu untuk menurunkan gula darah, gunakan saja aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How can you lower your A1C levels?
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Ways to Lower Your A1C Level
Diabetes UK. Diakses pada 2021. what is hba1c?