• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Caranya Berikan Edukasi Seksual Pada Anak

Ini Caranya Berikan Edukasi Seksual Pada Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta — Seringkali Ibu malu untuk mengajari seks pada anak karena topik ini cukup sensitif. Padahal pengetahuan mengenai pendidikan seksual sebaiknya datang dari orang terdekat yaitu orang tua. Hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan pada anak terhadap orang tua, meyakinkan mereka bahwa mereka bisa berdiskusi apa saja dengan orang tua.

 

Ajaran mengenai seks bisa dimulai dengan memberi tahu anak soal bagian tubuh si kecil sendiri. Bahkan bisa juga dilakukan untuk anak-anak yang masih belum berusia dua tahun, sebaiknya ibu sudah menggunakan nama-nama yang akurat untuk hal-hal yang diberitahukan. Ibu bisa menjelaskan bagian tubuh, seperti miss V, payudara & mr. P saat anak sedang melakukan aktivitas mandi ataupun berpakaian.

 

Ketika anak sudah memasuki umur dua atau tiga tahun, biasanya rasa ingin tahu anak soal tubuh mereka dan tubuh teman-teman seumuran mulai meningkat. Mereka juga akan mulai menyadari perbedaan tubuh perempuan dan laki-laki. Sang buah hati mungkin akan bertanya, ‘Apa itu?’ saat melihat alat kelamin lawan jenis. Dia juga bisa bertanya mengapa tubuh perempuan dan laki-laki berbeda. Ibu perlu menjelaskan bahwa setiap bagian tubuh memiliki fungsinya masing-masing. Bila perlu, gunakanlah buku dengan gambar supaya anak lebih mudah mengerti.

 

Anak berumur 4 hingga 5 tahun akan mulai bertanya darimana datangnya bayi. Ibu bisa menjelaskan bahwa bayi terbentuk di rahim wanita karena bertemunya telur yang diproduksi wanita dan sperma yang diproduksi pria.

 

Menginjak umur 6 tahun, anak akan semakin ingin tahu bagaimana bayi bisa berada di rahim dan bagaimana sperma bisa bertemu dengan indung telur. Jika merasa cukup nyaman, ibu bisa menjelaskan proses berhubungan intim secara umum. Diskusikanlah dengan pasangan cara terbaik untuk memberikan edukasi tentang seks pada anak.

 

Ingin tahu lebih mengenai tips mengajari seks pada anak? Tanyakan saja ke dokter di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat. Kamu pun bisa membeli obat/vitamin serta cek laboratorium tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.