• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis

Ini Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Agustus 2022

“Orang yang memiliki tipe kepribadian sanguinis disebut paling dapat diandalkan. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki ciri-ciri cepat memaafkan, humoris, dan energik.”

Ini Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian SanguinisIni Ciri-ciri Orang dengan Tipe Kepribadian Sanguinis

Halodoc, Jakarta – Tipe kepribadian sanguine secara alami berorientasi pada orang di sekitarnya. Dari empat tipe kepribadian utama (koleris, sanguinis, phlegmatis, dan melankolis), orang yang memiliki kepribadian sanguinis adalah yang paling dapat diandalkan. 

Jika tipe kepribadian koleris, phlegmatis, dan melankolis terbatas pada apa yang dapat mereka lakukan, maka sanguinis tidak. Pemilik tipe kepribadian ini memiliki potensi untuk rentang perilaku yang luas, karena memiliki rentang emosi terluas. Hal ini memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai jenis aktivitas.

Ciri-Ciri Pemilik Tipe Kepribadian Sanguinis

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis cenderung memiliki sikap optimis, ceria, dan riang. Mereka juga menyukai petualangan dan memiliki toleransi risiko yang tinggi. Namun, orang dengan kepribadian ini biasanya tidak tahan terhadap kebosanan dan akan mencari variasi hiburan. Secara alami, sifat tersebut kadang dapat memengaruhi hubungan romantis dan lainnya secara negatif. 

Untuk lebih mengenal orang dengan tipe kepribadian sanguinis, berikut ciri-cirinya:

  1. Cepat Memaafkan

Orang dengan tipe kepribadian ini sangat cepat memaafkan. Meski begitu, beberapa dari mereka mungkin sangat berusaha untuk mengesampingkan emosi negatif, ketika mereka tersakiti perasaannya. Namun, tujuannya adalah untuk terus maju dalam setiap keadaan. 

Selain itu, mereka tidak suka memikirkan apa yang terjadi di masa lalu. Mereka melihat kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar agar kedepannya jadi lebih baik. 

  1. Emosional

Selanjutnya, orang dengan tipe kepribadian sanguinis juga cenderung emosional. Meski begitu emosi mereka merupakan respon yang cepat berlalu, karena mereka merasa harus segera menanganinya. Hal tersebut terjadi karena mereka ingin melupakan masa lalu dan lebih baik di masa depan. 

  1. Humoris

Pemilik kepribadian sanguinis memiliki selera humor yang asli dan otentik. Mereka sangat terbuka dengan humor, tapi menghindari humor yang bersifat negatif atau sarkasme. Namun, bukan juga selera humor yang kering. 

Mereka akan mencari hal-hal lucu yang up to date, lalu mencari cara untuk membagikan momen itu ke orang lain. Hidup yang baik baginya adalah saat bisa sering tersenyum, tertawa, dan saling menyayangi.

  1. Sombong

Beberapa pemilik tipe kepribadian ini memiliki tingkat kepercayaan diri dan pengendalian diri yang tinggi. Namun, sering kali disalah artikan sebagai arogansi. Untuk pemilik tipe ini memang ada kecenderungan untuk menjadi sombong. Mereka suka pamer kapan pun mereka bisa. 

Tujuannya adalah untuk menunjukkan ke orang lain betapa hebatnya dia. Namun, hal tersebut bisa menyulitkan orang dengan tipe kepribadian lain untuk bergaul dengan sang sanguinis.

  1. Energik

Ciri-ciri berikutnya, orang dengan tipe kepribadian sanguinis sangat energik dan ramah. Seakan-akan kamu merasa seperti sudah mengenal lama orang dengan tipe kepribadian ini. Hal itulah yang membuat orang dengan kepribadian sanguinis terasa menyenangkan. 

  1. Ekstrem

Sangat mudah bagi orang dengan kepribadian sanguinis mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem. Bahkan mirip dengan orang yang memiliki diagnosis bipolar. Suasana hati mereka dapat berubah dalam hitungan menit, tergantung pada lingkungan di sekitarnya. 

Pada saat seperti itu, tipe kepribadian ini cenderung menyerang orang lain, melodramatis, dan mencari cara untuk menyalahkan orang lain. 

Itulah yang perlu diketahui tentang ciri-ciri kepribadian orang dengan tipe kepribadian sanguinis. Kira-kira apa tipe kepribadian yang kamu miliki? Jika belum mengetahuinya secara pasti, coba tanyakan pada psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan tes khusus. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Future of Working. Diakses pada 2022. Sanguine Personality Type Characteristics and Meaning
Better Help. Diakses pada 2022. 15 Benefits And Traits Of Sanguine Temperament
Psychologia. Diakses pada 2022. Four Temperaments: Sanguine, Phlegmatic, Choleric, and Melancholic Personality Types
Therapy Reviews. Diakses pada 2022. What You Need to Know About Sanguine Temperament