• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa Resep
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Jangan sembarangan menggunakan cream penghilang bekas luka. Sebaiknya ketahui berbagai kandungan yang bisa kamu gunakan dalam cream penghilang bekas luka yang bisa didapatkan tanpa resep dokter.”

Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa ResepIni Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Halodoc, Jakarta – Terkadang munculnya bekas luka pada tubuh membuat seseorang merasa kurang nyaman. Namun jangan khawatir, bekas luka bisa diatasi dengan melakukan pengobatan secara medis atau menggunakan cream penghilang bekas luka yang dijual bebas di apotek. Krim yang dijual ini biasanya ampuh menyamarkan atau menghaluskan bekas luka sehingga bekas luka pun tidak terlihat dengan jelas.

Namun, jangan sembarangan membeli cream penghilang bekas luka yang dijual bebas. Pastikan kamu mengetahui berbagai kandungan yang aman untuk digunakan tanpa resep dokter. Dengan begitu, kamu bisa menghindari berbagai efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan krim yang salah. Yuk, ketahui berbagai krim untuk menyamarkan bekas luka yang bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter berikut ini!

Proses Terbentuknya Bekas Luka

Sebelum mengetahui jenis cream penghilang bekas luka, kamu perlu tahu bagaimana proses terbentuknya bekas luka. Nah, bekas luka muncul sebagai proses penyembuhan alami tubuh setelah mengalami kerusakan pada jaringan kulit.

Saat kulit mengalami luka, maka jaringan ikut pecah sehingga kolagen dilepaskan. Kolagen dapat menumpuk pada lokasi yang mengalami kerusakan untuk membantu penyembuhan dan pemulihan luka.

Sayangnya, kolagen yang baru akan terus terbentuk sehingga membuat suplai darah meningkat menyebabkan bekas luka menjadi menggumpal dan terangkat. Namun, seiringnya waktu kolagen dan suplai darah akan berkurang sehingga bekas luka akan bertahap menjadi lebih lembut dan halus.

Bekas luka umumnya bersifat permanen. Akan tetapi, seiring waktu ia akan memudar, tetapi perubahan tekstur dan warna pada kulit bisa terlihat akibat bekas luka. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki bekas luka, seperti cedera, kecelakaan, jerawat, hingga penyakit tertentu dapat menyebabkan muncul bekas luka pada kulit.

Ini Cream Penghilang Bekas Luka yang Bisa Didapatkan di Apotek

Bagi sebagian orang, bekas luka yang muncul dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Untungnya ia bisa dihilangkan dengan pengobatan medis tertentu.

Namun, kamu juga bisa membuat bekas luka menjadi lebih pudar dengan menggunakan beberapa cream penghilang bekas luka yang memiliki kandungan zat kimia khusus. Nah, berikut ini beberapa kandungan krim yang perlu ada dalam cream penghilang bekas luka yang kamu gunakan: 

  1. Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat dapat membantu kamu memudarkan bekas luka pada kulit. Biasanya, glycolic acid efektif untuk mengatasi bekas luka akibat jerawat. 

Ia memudarkan bekas luka dengan melakukan pengelupasan kulit mati atau eksfoliasi. Berikut ini manfaat glycolic acid lainnya:

  • Menghaluskan kerutan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Memperbaiki tekstur kulit.
  • Mengatasi bekas jerawat.
  • Mengurangi bercak pada kulit.
  • Memudarkan jaringan parut.
  1. Kortikosteroid

Kamu juga bisa menggunakan krim yang memiliki kandungan kortikosteroid di dalamnya. Kandungan kortikosteroid mampu mencegah perburukan bekas luka dan mengurangi munculnya bekas luka dari waktu ke waktu.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengoleskan krim yang mengandung kortikosteroid pada bekas luka yang membuat kamu merasa tidak nyaman secara rutin.

  1. Vitamin E

Jangan ragu untuk memilih berbagai produk kecantikan yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E dinilai mampu membantu menyamarkan bekas luka.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan krim dengan kandungan vitamin E sebagai perawatan untuk luka. Menggunakan krim dengan kandungan vitamin E menurunkan risiko keloid.

  1. Vitamin C

Belakangan banyak muncul krim yang memiliki kandungan vitamin C untuk membantu kamu merawat kesehatan kulit. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan yaitu membantu mengatasi munculnya bekas luka, khususnya yang disebabkan oleh jerawat.

Itulah beberapa cream penghilang bekas luka yang bisa kamu beli secara bebas di apotek. Jika bekas luka tidak kunjung membaik, kamu bisa bertanya langsung pada dokter cara mengatasi bekas luka secara medis.

Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Kamu bisa bertanya melalui Chat dan Voice/Video Call melalui smartphone yang kamu miliki. Praktiskan? Yuk, tunggu apalagi gunakan Halodoc sekarang juga!

Referensi:

NHS. Diakses pada 2022. Scars.
Radiance by Web MD. Diakses pada 2022. What Glycolic Acid Can Do for Your Skin.
Web MD. Diakses pada 2022. How to Make Scars Less Visible?
Scitech Daily. Diakses pada 2022. 3 Vitamins That Fade Acne Scars Fast.
Healthline. Diakses pada 2022. Can I Use Vitamin E Oil for Scars?