• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Dampak Psikologis Anak yang Tumbuh Tanpa Sosok Ibu

Ini Dampak Psikologis Anak yang Tumbuh Tanpa Sosok Ibu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Dampak Psikologis Anak yang Tumbuh Tanpa Sosok Ibu

Ibu adalah sosok yang sangat penting dan memengaruhi tumbuh kembang anaknya. Kurangnya figur ibu dapat memiliki konsekuensi besar pada anak salah satunya adalah cara anak membentuk hubungan sosialnya di masa sekarang dan masa depan. Besar kemungkinan anak akan kehilangan keterampilan sosialnya.”

Halodoc, Jakarta – Ketidakhadiran seorang ibu dalam masa tumbuh kembang anak dapat berdampak pada psikologis anak. Seperti apa dampaknya? Efeknya bisa menyebabkan rasa tidak aman yang mendalam pada anak-anak. Apalagi jika anak tidak mendapatkan sosok pengganti ibu dalam hidupnya.

Menurut American Psychological Association disebutkan kalau anak yang tumbuh tanpa sosok ibu dapat membuat anak tumbuh dengan perasaan tidak aman dan kehilangan rasa nyaman. Perasaan ini akan berdampak pada psikologis dan sosial di segala tahap perkembangan anak tumbuh menjadi dewasa. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Perasaan Negatif dan Kehilangan Percaya Diri

Tadi sudah disinggung kalau Sejak awal kehidupan seorang anak, ibu adalah sosok yang sangat penting dan sangat memengaruhi tumbuh kembangnya. Kurangnya figur ibu dapat memiliki konsekuensi besar pada anak. Seperti apa dampak psikologis anak yang tumbuh tanpa sosok ibu? 

1. Perasaan negatif

Anak mungkin mengalami perasaan kesepian atau tidak berharga, karena anak tidak mendapatkan perawatan dan kasih sayang yang dibutuhkan. Pada gilirannya ini dapat memicu kemarahan bahkan frustrasi.

Baca juga: Gangguan Psikologis Ini Bisa Terjadi pada Anak

2. Perilaku buruk

Ini termasuk tidak menanggapi arahan orang dewasa, aturan sosial, membuat tuntutan yang tidak masuk akal, atau menyakiti diri sendiri dan orang lain. Sejatinya ini adalah respons umum terhadap tidak adanya atau kehilangan orang tua atau figur serupa. Kesabaran dan kasih sayang sangat penting dalam membantu anak-anak melewati fase ini.

3. Memiliki masalah dengan hubungan sosial

Sejalan dengan itu, hubungan sosial anak lainnya mungkin juga terpengaruh. Entah karena kurangnya kepercayaan atau mereka tidak mendapatkan keterampilan sosial yang diperlukan, anak-anak yang kehilangan figur ibu cenderung mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain. 

Pun, bukan tak mungkin anak-anak yang tumbuh tanpa sosok ibu bisa jadi mengembangkan ketergantungan pada orang yang tidak seharusnya mendapatkan kepercayaan dan tanggung jawab tersebut.

Baca juga: Inilah Dampak Menopause Bagi Relasi Ibu dan Anak

4. Ketidakseimbangan emosi

Ini berarti lekas marah, rendah diri, depresi, kecemasan, kurang motivasi, dan banyak lagi.

5. Masalah kesehatan

Menghadapi kehilangan atau ketidakhadiran ibu bisa menyebabkan anak mengalami gangguan kesehatan. Salah satu masalah umumnya adalah gangguan makan. 

6. Merasa ditinggalkan

Anak-anak yang tumbuh tanpa ibu di rumah juga dapat mengembangkan situasi menantang, karena anak merasakan ditinggalkan dan kehilangan sosok yang seharusnya memberikan bimbingan. Perasaan ini dapat menghambat perkembangan psikologis, emosional,, dan sosial. Anak bisa tumbuh dengan sikap tidak percaya diri.

Mendampingi Anak yang Kehilangan Sosok Ibu

Terlepas dari semua hal di atas, ada cara untuk membantu anak mengatasi kehilangan atau ketidakhadiran ibu. Berikut ini beberapa tips untuk orang tua sambung atau wali yang mendampingi anak yang kehilangan sosok ibu:

1. Jadilah sosok ibu buat anak

Meskipun ini jauh dari mudah, tetapi seorang wali semestinya dapat memenuhi peran ibu dan ayah. Kebijaksanaan, pengertian, dan kasih sayang sangat penting, tetapi ini bisa menjadi solusi yang baik untuk semua yang terlibat. Dengan cara ini, anak akan mendapatkan perhatian ataupun yang dibutuhkan.

Baca juga: Ini yang Bikin Anak Tidak Bisa Lepas dari Ibu

2. Menemukan sosok pengganti ibu yang tepat 

Ada banyak penyebab kehilangan ibu, mulai dari kecelakaan, meninggal saat persalinan dan penyebab-penyebab lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menggantikan kekosongan sosok ibu pada anak adalah dengan menemukan sosok pengganti ibu yang tepat.

Ini bisa dilakukan oleh bibi, nenek, atau anggota keluarga dekat lainnya. Ikatan perlu terbentuk secara bertahap atas dasar kepercayaan dan cinta.

3. Cara menjelaskan situasi 

Beri tahu anak secara perlahan mengapa ibu tidak ada dalam hidupnya. Cepat atau lambat anak perlu mengetahuinya. 

Itulah informasi mengenai dampak psikologis anak yang tumbuh tanpa sosok ibu serta bagaimana penanganannya. Informasi selengkapnya mengenai psikologis anak bisa ditanyakan melalui Halodoc. Kalau butuh membeli obat tanpa keluar rumah, bisa dilakukan lewat aplikasi Halodoc. Download aplikasinya di App Store atau Google Play dari smarthphone kamu!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Youaremom.com. Diakses pada 2021. How an Absent Mother Affects Children
Reference.com. Diakses pada 2021. What Are Some Effects of Growing up Without a Mother?