• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Destinasi Liburan yang Sehat untuk Rayakan Hari Ibu

Ini Destinasi Liburan yang Sehat untuk Rayakan Hari Ibu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Di momen hari ibu ini, hadiah apa yang ingin kamu berikan kepada sang ibunda? Buat kamu yang masih belum memutuskan ingin memberikan apa kepada ibu, dalam tulisan ini kamu bisa mendapatkan rekomendasinya.

Sebenarnya, namanya juga seorang ibu, bentuk perhatian sekecil apapun pasti sudah membuatnya bahagia kalau itu dari anaknya. Namun, tidak ada salahnya kamu memberikan sesuatu yang beda kepada ibu. Simak di bawah ini rekomendasinya!

Seorang Ibu Juga Butuh Liburan

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, melakukan perjalanan alias liburan yang dilakukan ibu dan anak dapat menghilangkan stres, meningkatkan imun tubuh, dan menjaga hubungan yang berkualitas antara ibu dan anak. 

Nah, kira-kira destinasi liburan sehat seperti apa yang bisa dilakukan pada momen hari Ibu?

  1. Spa Retreat

Kamu bisa mendaftarkan ibumu ke spa retreat. Biasanya hotel-hotel sering menyediakan promo ataupun spa retreat. Ini bisa menjadi satu pilihan yang sehat, di mana ibu mendapat kesempatan merilekskan badan dengan pijatan-pijatan terapis dan mempercantik diri.

Baca juga: Peduli Kesehatan Ibu, Ini yang Harus Dilakukan Anak

  1. Hiking

Kejutkan ibumu dengan pilihan destinasi hiking! Namun, tentunya opsi yang dilakukan bukan yang ekstrem, kamu juga perlu mempertimbangkan kondisi kesehatan ibumu. Beberapa trip yang aman dilakukan bisa ke Gunung Papandayan, atau melihat blue fire di Kawah Ijen, dan juga trip budaya di Ciptagelar Sukabumi.

  1. Snorkeling di Pulau Seribu

Kalau tidak mau terlalu jauh, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada tempat-tempat yang dekat dengan domisilimu. Kalau kamu di Jakarta, bisa ke Pulau Seribu dan sekalian mengajak ibu untuk snorkeling. Olahraga air ini termasuk sehat lho, ibu kamu bisa melihat keindahan alam bawah laut sekaligus menggerakkan badan di dalam air.

  1. Trip Kultural

Di era traveling saat ini, tidak sulit untuk mendapatkan list pilihan trip. Di opsi ini, kamu bisa menjalankan trip kultural bersama ibu. Destinasinya macam-macam, bisa Yogyakarta, Gresik, Lombok dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Biasanya yang namanya orang tua senang mengunjungi tempat-tempat yang sarat dengan nilai-nilai edukasi. Kenapa tidak kamu manfaatkan saja momen hari ibu ini untuk mengajaknya mengunjungi tempat-tempat berbudaya. 

Pun, dengan ibu mengikuti trip ini, sekalian bisa mengasah ingatan. Mengapa bisa begitu? Soalnya kegiatan trip kultural yang sarat dengan muatan informasi edukatif ini akan merangsang saraf-saraf otak untuk berpikir dan mencerna informasi baru.

Baca juga: Ini yang Bikin Anak Tidak Bisa Lepas dari Ibu

Ketika kita terpapar dengan informasi baru ataupun berinteraksi dengan hal baru, otak akan dipaksa untuk beradaptasi dan mencerna hal-hal tersebut. Pada momen ini, bisa menjadi semacam latihan kognitif dan motorik.

Menurut data yang dipublikasikan oleh CCSU Business & Development, disebutkan kalau mempelajari hal-hal baru dapat meningkatkan kepadatan mielin atau materi putih di otak yang membantu meningkatkan kinerja.

Mempelajari keterampilan baru juga dapat menstimulasi neuron di otak, yang membentuk lebih banyak jalur saraf, dan memungkinkan impuls listrik bergerak lebih cepat. Hal-hal ini dapat membantu sistem otak bekerja lebih baik. Bahkan, dapat membantu mencegah demensia.

Nah, kalau misalnya dalam perjalanan kamu tiba-tiba sakit dan butuh saran ataupun rekomendasi ahli, kontak saja Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja. Selamat hari ibu!

Referensi:
Penfield Building Block.org. Diakses pada 2019. The Mother-Child Relationship.
Inc.com. Diakses pada 2019. How Learning a New Skill Helps Your Mind Grow Stronger.