• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Efek Minuman Berenergi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Efek Minuman Berenergi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Ini Efek Minuman Berenergi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Oktober 2022

“Minuman berenergi memang dapat meningkatkan fokus dan fungsi otak. Namun, di sisi lain, manfaat tersebut bisa berdampak pada masalah jantung dan tekanan darah seseorang.”

Ini Efek Minuman Berenergi untuk Tubuh yang Jarang DiketahuiIni Efek Minuman Berenergi untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Minuman berenergi dimaksudkan untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, dan konsentrasi orang yang meminumnya. Banyak orang dari segala usia mengonsumsi produk yang dianggap sebagai minuman sehat ini, karena popularitasnya yang terus meningkat.

Namun, beberapa ahli kesehatan memperingatkan bahwa minuman berenergi memiliki efek negatif pada tubuh, sehingga keamanannya patut dipertanyakan. 

World Health Organization (WHO) pun pernah menyebutkan bahwa ada bahaya dibalik konsumsi minuman berenergi, setelah menemukan konsumsi minuman semacam itu kian meningkat.

Lantas, apa efek minuman berenergi bagi tubuh yang jarang diketahui?

Berdampak pada Masalah Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa minuman berenergi dapat meningkatkan fungsi otak dan membantu kamu tetap waspada saat lelah. Namun, disisi lain, ada kekhawatiran bahwa minuman berenergi dapat menyebabkan masalah jantung. Sebuah studi di National Health Institute menunjukkan bahwa penggunaan minuman berenergi berkaitan dengan beberapa kasus masalah jantung, yang memerlukan perawatan di unit gawat darurat (UGD).

Selain itu, beberapa penelitian pada manusia juga menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berenergi dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, serta menurunkan fungsi penting pembuluh darah. Hal tersebut tentu berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Namun, kebanyakan ahli meyakini, bahwa masalah jantung yang berkaitan dengan konsumsi minuman berenergi terjadi akibat asupan kafein yang berlebihan. Hal ini tampaknya masuk akal, karena banyak orang yang mengidap penyakit jantung serius setelah mengonsumsi minuman berenergi lebih dari tiga botol atau jenis sekaligus. Lebih parahnya lagi, ada juga yang mencampurnya dengan alkohol.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya perlu hati-hati dalam meminum minuman berenergi. Mengonsumsinya sesekali dan dalam jumlah wajar mungkin tidak akan menyebabkan masalah jantung, pada orang dewasa sehat tanpa riwayat penyakit jantung. 

Waspadai Jumlah Kandungan Gula pada Minuman Berenergi

Sebagian besar minuman berenergi mengandung jumlah gula yang cukup banyak. Misalnya, satu kaleng minuman berenergi merek ternama berukuran 250 mililiter (ml) mengandung 27 gram (sekitar 7 sendok teh) gula. Ada juga merek lainnya yang berukuran 473 ml mengandung sekitar 54 gram (sekitar 14 sendok teh) gula. 

Mengonsumsi gula sebanyak itu akan menyebabkan gula darah  melonjak. Namun, jika tubuhmu kesulitan mengendalikan gula darah atau mengidap diabetes, maka sebaiknya harus sangat hati-hati dalam meminumnya. 

Mengonsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula, seperti kebanyakan minuman berenergi, menyebabkan peningkatan gula darah. Hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan, terutama pada seorang pengidap diabetes. 

Peningkatan gula darah ini telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat stres oksidatif dan peradangan. Kondisi tersebut berpengaruh dapat perkembangan hampir setiap penyakit kronis. 

Bahkan, orang tanpa diabetes juga perlu khawatir dengan gula yang terkandung dalam minuman berenergi. Sebuah studi melaporkan bahwa konsumsi satu atau dua minuman manis setiap hari, berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2, bahkan sebanyak 26 persen lebih tinggi.

Namun, jika kamu menemukan produsen minuman energi yang membuat produk lebih rendah gula, atau tanpa gula sama sekali, maka bisa dipertimbangkan. Versi minuman energi rendah atau tanpa gula lebih cocok untuk pengidap diabetes, atau orang yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. 

Itulah yang perlu diketahui tentang efek minuman berenergi untuk tubuh. Bagaimanapun air putih adalah minuman terbaik untuk kebanyakan orang. Jika kamu memiliki masalah kesehatan terkait konsumsi minuman atau makanan tertentu, sebaiknya segera tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Are Energy Drinks Good or Bad for You?
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. Energy Drinks
Medical News Today. Diakses pada 2022. How energy drinks affect your body within 24 hours