• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Fakta Hamil Tanpa Hubungan Intim

Ini Fakta Hamil Tanpa Hubungan Intim

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Fakta Hamil Tanpa Hubungan Intim

Halodoc, Jakarta – Belum lama ini, seorang wanita asal Cianjur membuat heboh dunia maya lantaran mengaku hamil tanpa berhubungan intim. Namun, mungkin kah hal itu terjadi? Kehamilan bisa terjadi ketika ada pertemuan sel telur dengan sperma.

Dalam proses secara alami, pertemuan tersebut terjadi ketika wanita dan pria melakukan hubungan intim. Namun, dalam dunia medis, hamil tanpa hubungan intim mungkin saja terjadi, yaitu melakukan inseminasi buatan. Metode ini memasukkan sperma ke dalam rahim wanita pada masa suburnya dengan bantuan dokter. Berikut ulasannya.

Baca juga: Berenang Bikin Hamil, Mungkinkah?

Apakah Hamil Tanpa Penetrasi Seksual Benar-benar Bisa Terjadi?

Jawabannya bisa! Meskipun kemungkinannya kecil, namun aktivitas apa pun yang memasukkan sperma ke area vagina memungkinkan kehamilan tanpa penetrasi. Untuk memahami hal tersebut, kamu perlu mengetahui dulu bagaimana kehamilan bisa terjadi.

Agar kehamilan bisa terjadi, sebuah sperma yang dilepaskan dari ejakulasi pria harus bertemu dengan satu telur yang ada di dalam saluran tuba wanita. Setelah sel telur dibuahi, ia harus menuju ke dalam lapisan rahim dan tertanam di sana. Melakukan hubungan intim dengan memasukkan penis ke dalam vagina bisa membantu agar ejakulasi bisa terjadi dekat dengan serviks, sehingga jutaan sperma bisa melakukan perjalanan menuju tempat terjadinya pembuahan.

Perlu diketahui, telur tidak bisa dibuahi sampai ia dilepaskan dari ovarium. Proses tersebut biasanya terjadi sebulan sekali, sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya, yaitu selama masa ovulasi. Sekitar waktu ovulasi, lendir serviks wanita akan menipis dan menjadi lebih putih seperti telur, sehingga memungkinkan sperma berenang lebih bebas. Teksturnya mirip seperti sekresi yang dihasilkan selama orgasme. Cairan tersebut mengalir ke seluruh saluran vagina dan masuk ke lubang vagina.

Bahkan sebelum seorang pria mengalami ejakulasi penuh, ia bisa menghasilkan sperma dalam cairan pra-ejakulasi. Sebagai gambaran, satu mililiter ejakulasi mengandung antara 15 hingga 200 juta sperma. Dan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa 16,7 persen pria juga memiliki sperma aktif sebelum mereka ejakulasi. 

Bila ejakulasi atau pra-ejakulasi bersentuhan dengan area vagina, meski kemungkinannya kecil, kehamilan bisa saja terjadi. Ingat, cairan tersebut bisa disalurkan ke area vagina bukan hanya melalui penis, tapi juga bisa melalui mainan, jari dan mulut.

Baca juga: Mitos Seputar Hubungan Intim yang Perlu Remaja Ketahui

Hamil Tanpa Hubungan Intim Juga Bisa Terjadi dengan Proses Medis

Dalam dunia medis, kehamilan juga bisa terjadi tanpa pernah melakukan hubungan seks penetrasi, yaitu dengan melakukan prosedur seperti inseminasi buatan atau intrauterine insemination (IUI) dan in vitro fertilization (IVF). 

Inseminasi buatan adalah program kehamilan yang dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim wanita, sehingga lebih dekat ke sel telur. Proses tersebut bisa meningkatkan peluang kehamilan pada pasangan yang mengalami kesulitan untuk hamil. 

Sedangkan metode medis lain yang memungkinkan terjadinya hamil tanpa hubungan intim adalah IVF atau yang lebih dikenal juga sebagai “bayi tabung”. Metode ini melibatkan pengambilan sel telur dari ovarium wanita untuk dibuahi dengan sperma, sehingga pembuahan terjadi di luar rahim. Telur yang sudah dibuahi ini atau embrio kemudian diimplantasikan ke dinding rahim wanita, sehingga terjadi kehamilan.

Baca juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Program Kehamilan

Itulah fakta mengenai hamil tanpa hubungan intim. Bila kamu masih penasaran dan ingin bertanya lebih lanjut mengenai hamil tanpa hubungan intim, tanyakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can You Get Pregnant Without Having Sex?
Healthline. Diakses pada 2021. Intrauterine Insemination (IUI).
Healthline. Diakses pada 2021. In Vitro Fertilization (IVF)