• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Fungsi Enzim Katalase dalam Proses Metabolisme Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Fungsi Enzim Katalase dalam Proses Metabolisme Tubuh

Ini Fungsi Enzim Katalase dalam Proses Metabolisme Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Enzim katalase punya peran penting dalam tubuh. Terutama dalam proses metabolisme dan melawan efek radikal bebas.”

Ini Fungsi Enzim Katalase dalam Proses Metabolisme TubuhIni Fungsi Enzim Katalase dalam Proses Metabolisme Tubuh

Halodoc, Jakarta – Di antaranya banyaknya enzim dalam tubuh, enzim katalase punya fungsi dan peranan penting. Enzim ini berguna untuk mencegah akumulasi peroksida dan melindungi organ dan jaringan dari kerusakan oleh zat ini. 

Peroksida adalah zat yang terus diproduksi oleh berbagai reaksi metabolisme dalam tubuh. Untuk tahu lebih lanjut mengenai fungsi penting enzim katalase, bisa kamu simak dalam pembahasan berikut ini.

Mengenal Fungsi Enzim Katalase

Dengan enzim ini, zat peroksida diurai menjadi air dan oksigen di dalam tubuh. Seperti dijelaskan tadi, peroksida merupakan salah satu zat yang terurai dari setiap sel yang menggunakan oksigen sebagai sumber energi dalam proses metabolisme tubuh.

Jadi, dapat dikatakan bahwa enzim katalase ada di dalam tubuh tiap organisme yang menggunakan oksigen. Pada manusia, enzim ini biasanya ditemukan di organ hati.

Selain dalam proses metabolisme tubuh, berikut ini beberapa fungsi enzim katalase:

1. Melawan Efek Radikal Bebas

Tubuh dapat terpapar radikal bebas dari lingkungan sekitar. Termasuk dari sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, bahkan makanan dan minuman. 

Tubuh juga sebenarnya menghasilkan sejumlah radikal bebas dari proses metabolisme. Misalnya saat bernapas, berolahraga, dan mencerna makanan. Untuk diketahui, radikal bebas merupakan molekul kimia yang bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. 

Molekul ini dapat menyerang berbagai molekul lain dalam tubuh, seperti protein, lipid, dan asam nukleat. Kalau efek radikal bebas dibiarkan, akan terjadi kerusakan permanen pada sel, protein dan DNA yang mengakibatkan gangguan keseimbangan dalam tubuh. 

Hal ini dapat membuat tubuh lebih rentan mengalami infeksi, penyakit sendi, penyakit kardiovaskular, dan masalah kesehatan mental. Untuk itulah peran penting enzim katalase dibutuhkan. 

Enzim ini mampu melawan efek radikal bebas di dalam tubuh. Dengan cara mengubah radikal superoksida berbahaya menjadi hidrogen peroksida yang kemudian terurai menjadi oksigen dan air yang bermanfaat untuk tubuh.

2. Sebagai Campuran dalam Bahan Makanan

Bentuk sintesis dari enzim ini juga sering dimanfaatkan dalam industri makanan. Kombinasi enzim ini dan senyawa kimia lainnya dapat menghilangkan senyawa peroksida dalam makanan.

Misalnya dalam susu, sehingga dapat digunakan untuk memproduksi berbagai produk olahan susu, seperti keju. Enzim ini juga bisa digunakan dalam pembungkus makanan untuk mencegah proses oksidasi makanan. 

3. Sebagai Cairan Pembersih Lensa Kontak

Terkadang, enzim ini juga digunakan dalam produk lensa kontak. Tepatnya pada cairan pembersih, yang diformulasikan dengan enzim ini sebagai salah satu bahannya. 

Dengan campuran enzim ini, larutan pembersih lensa kontak dapat membersihkan senyawa peroksida yang menempel pada lensa saat dilakukan pembilasan. 

4. Untuk Produk Masker Wajah

Kegunaan lain dari enzim katalase adalah sebagai salah satu bahan dalam beberapa produk masker wajah. Enzim ini memiliki fungsi untuk meningkatkan oksigenasi sel pada lapisan kulit wajah paling atas atau epidermis. 

Dengan begitu, regenerasi sel kulit wajah bisa berlangsung lebih cepat, sehingga kulit jadi lebih cerah dan tidak kusam.

Itulah beberapa fungsi enzim katalase, baik dalam proses metabolisme tubuh, maupun fungsi lainnya di berbagai aspek kehidupan manusia. Ternyata cukup banyak ya manfaat dari enzim ini. 

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, atau keluhan kesehatan apapun, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter. 

Referensi:
Encyclopaedia Britannica. Diakses pada 2022. Catalase.
Inter Pro. Diakses pada 2022. Catalase.
Sciencing. Diakses pada 2022. What Is the Role of Catalase?
WebMD. Diakses pada 2022. Why Hair Goes Gray.
Healthline. Diakses pada 2022. How Does Oxidative Stress Affect Multiple Sclerosis?