Ini Jenis Bintik di Kulit yang Harus Diketahui (Bagian 1)

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Jenis Bintik di Kulit yang Harus Diketahui (Bagian 1)

Halodoc, Jakarta - Terkadang, ketika kamu sedang berada di depan kaca sehabis mandi, kamu melihat terdapat bintik yang baru muncul. Bintik tersebut tidak ada sebelumnya dan timbul tanpa ada munculnya perasaan tertentu. Banyak orang yang panik tentang hal tersebut karena ditakutkan menyebabkan hal yang berbahaya.

Padahal, bintik yang timbul belum tentu dapat disebabkan gangguan yang dapat membahayakan tubuh. Maka dari itu, kamu harus tahu secara tepat bintik di kulit jenis apa yang terjadi pada tubuh kamu. Berikut beberapa jenis bintik di kulit yang harus kamu ketahui:

  1. Angioma Ceri

Salah satu jenis bintik di kulit yang dapat timbul adalah angioma ceri. Benjolan pada kulit tersebut menyerupai titik merah kecil meskipun benar-benar tidak timbul di kulit. Walaupun pada kenyataannya, benjolan ini hanya sekumpulan pembuluh darah yang membesar pada kulit. Kamu tidak perlu khawatir, benjolan ini bersifat jinak.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait bintik di kulit yang timbul secara tiba-tiba, dokter dari Halodoc dapat membantu. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu miliki! Selain itu, kamu dapat melakukan pemeriksaan fisik dengan pemesanan online di rumah sakit terpilih melalui aplikasi tersebut.

Baca juga: Bintik Merah pada Kulit, Hati-Hati Campak

  1. Psoriasis

Jenis bintik lainnya yang dapat terjadi di kulit adalah psoriasis. Hal tersebut disebabkan oleh gangguan autoimun pada tubuh terhadap produksi sel-sel kulit yang terjadi dengan cepat, sehingga menumpuk di permukaan. Psoriasis yang terjadi dapat menimbulkan bintik merah dan bercak kulit yang tampak kasar.

Gangguan psoriasis yang umum terjadi adalah jenis plak. Lesi kulit ini dapat berwarna merah dengan sisik putih atau keperakan yang dapat menimbulkan rasa gatal atau sakit. Kelainan ini paling sering terjadi pada siku, lutut, punggung bawah, dan kulit kepala. Kamu mungkin butuh obat dan terapi untuk mengatasinya.

  1. Keratosis Pilaris

Bintik di kulit yang dapat terjadi lainnya adalah keratosis pilaris. Jika kamu melihat bintik-bintik merah kecil yang kasar pada kulit dan terjadi pada lengan atas, paha, pipi, atau bokong, kemungkinan besar memang disebabkan oleh keratosis pilaris. Gangguan ini tidak menimbulkan bahaya sama sekali, tetapi dapat menimbulkan rasa gatal dan kering.

Jika bintik ini sudah menyebabkan gangguan, perawatan untuk kulit kering adalah yang terbaik. Selain itu, gangguan ini dapat lebih buruk ketika terjadi pada musim dingin karena udara yang lebih lembap. Dengan menggunakan losion secara teratur, kulit kamu akan lebih lembap dan terhindar dari keratosis pilaris.

Baca juga: Muncul Bercak pada Kulit, Kenali Lebih Lanjut Neurodermatitis

  1. Daging Tumbuh

Daging tumbuh juga dapat menyebabkan timbulnya bintik di kulit. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan daging yang tidak berbahaya dan umumnya timbul dalam kelompok. Gangguan tersebut dapat menjengkelkan, terutama ketika berada di tempat pakaian yang harus dikencangkan. Selain itu, gesekan yang terus terjadi dapat membuat iritasi dan meradang. Untuk mengatasinya, kamu harus menemui dokter kulit.

Baca juga: Waspada, Ruam Sebesar Koin di Dada dan Kulit Bercak Bersisik

  1. Folliculitis

Bintik di kulit yang juga umum terjadi adalah folliculitis. Hal ini disebabkan infeksi di bawah folikel rambut yang mirip dengan jerawat dan timbul secara tiba-tiba. Ciri-ciri bintik tipe ini adalah setiap titik akan memiliki cincin merah yang melingkar. Folliculitis dapat menimbulkan rasa sakit dan juga tidak. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan bengkak dan gatal.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 13 Causes of Red, Pink, or Brown Spots on Your Skin, According to Dermatologists