• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis Medical Check Up yang Tidak Boleh Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis Medical Check Up yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ini Jenis Medical Check Up yang Tidak Boleh Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 April 2022

“Medical check up penting dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan sejak dini. Lakukan beberapa medical check up, seperti pemeriksaan gigi, mata, kadar gula darah, hingga pemeriksaan kolesterol secara rutin untuk menjaga kesehatan tetap dalam kondisi sehat.”

Ini Jenis Medical Check Up yang Tidak Boleh Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengatur pola makan, menjalani gaya hidup sehat, hingga melakukan medical check up secara rutin. Medical check up atau pemeriksaan fisik dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan lebih dini sehingga pengobatan bisa dilakukan lebih awal.

Biasanya, pemeriksaan fisik akan dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, hingga jenis kelamin. Namun, ada beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu berbagai perawatan dan pengobatan untuk menjaga kesehatan tetap dalam kondisi baik.

Lakukan Medical Check Up Ini Secara Rutin

Medical check up menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan tubuh sejak dini. Melakukan pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan bisa berbeda setiap orang, karena akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan, usia, hingga jenis kelamin. Namun, ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang umumnya dilakukan agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Berikut jenis medical check up yang perlu dilakukan secara rutin:

  1. Pemeriksaan Berat Badan

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya berat badan perlu diperiksa secara rutin. Ini dilakukan untuk mencegah kondisi obesitas yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

  1. Pemeriksaan Kolesterol

Jangan lewatkan untuk melakukan pemeriksaan kolesterol saat pemeriksaan kesehatan. Pasalnya, kolesterol tinggi berisiko menyebabkan gangguan jantung dan stroke. Jika kamu berusia 20 tahun ke atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin, terlebih jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kolesterol.

  1. Cek Kadar Gula Darah

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kondisi kadar gula dalam darah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondisi prediabetes atau diabetes. Biasanya, dokter akan menyarankan kamu untuk rutin melakukan cek gula darah jika kamu mengalami obesitas, memiliki riwayat tekanan darah tinggi, hingga diabetes gestasional.

  1. Pemeriksaan Gigi

Meskipun kamu telah membersihkan gigi secara rutin, sebaiknya jangan lewatkan waktu pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, kamu bisa mengetahui adanya lubang gigi, karang gigi, masalah gusi, hingga gangguan lainnya pada mulut dan gigi.

  1. Pemeriksaan Tulang

Seiring bertambahnya usia, kondisi tulang juga akan melemah. Jika tidak segera diatasi, hal ini bisa memicu osteoporosis. Untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

  1. Pemeriksaan Mata

Mata menjadi salah satu indera yang cukup penting bagi kehidupan. Untuk itu, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Pemeriksaan mata dilakukan untuk mencegah munculnya glaukoma dan gangguan kesehatan mata lainnya.

  1. Pemeriksaan untuk Wanita

Bagi wanita, ada beberapa medical check up yang sebaiknya jangan dilewatkan. Skrining kanker serviks dan mamografi sebaiknya dilakukan secara rutin. Skrining kanker serviks dilakukan untuk mencegah adanya penyakit kanker serviks. Sedangkan, mamografi dilakukan untuk mencari tahu adanya gangguan pada payudara.

  1. Pemeriksaan untuk Pria

Bagi pria, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan prostat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah adanya gangguan pada prostat, seperti kanker. 

Itulah medical check up yang sebaiknya jangan dilewatkan untuk memastikan kondisi kesehatan dalam kondisi yang baik. Selain itu, jaga pola makan dan gaya hidup sehat agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi.

Referensi:

Canary Medical Key. Diakses pada 2022. Three Medical Check-Ups That Everyone Should Have Carried Out.
Web MD. Diakses pada 2022. Checkups and Tests You Shouldn’t Miss.