• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis Olahraga Peninggi Badan Anak yang Bisa Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis Olahraga Peninggi Badan Anak yang Bisa Dicoba

Ini Jenis Olahraga Peninggi Badan Anak yang Bisa Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Mei 2022

“Selain faktor genetik, seorang anak masih berpeluang untuk memiliki tubuh tinggi jika ia rutin olahraga. Basket, berenang, hingga jogging merupakan olahraga peninggi badan anak yang bisa dilakukan.”

Ini Jenis Olahraga Peninggi Badan Anak yang Bisa Dicoba

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orangtua berharap anak tumbuh tinggi dan kuat, karena hal tersebut umumnya dianggap sebagai tanda kesehatan yang baik. Meskipun genetik berpengaruh dalam menentukan tinggi badan anak, namun itu bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi.

Banyak faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan anak, salah satunya olahraga. Lantas, apa saja olahraga peninggi badan anak yang bisa dicoba? Berikut ulasannya!

Olahraga Peninggi Badan Anak yang Harus Dilakukan

Jika orang tua ingin anak memiliki tubuh yang tinggi, maka dorong mereka untuk melakukan olahraga peninggi badan anak berikut ini:

  1. Basket

Olahraga seperti bola basket melibatkan lompatan, lari, dan gerakan konstan. Hal tersebut bagus untuk pertumbuhan anak.

  1. Berenang

Berenang dapat meningkatkan kelenturan dan merangsang sel-sel dalam tubuh anak. Olahraga ini dapat membantu merangsang setiap otot, yang membantu meningkatkan tinggi badan anak secara alami.

  1. Lompat Tali

Lompat tali adalah kegiatan menyenangkan yang disukai hampir semua orang. Kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan anak.

Melompat memicu sel-sel tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan membuat sel tubuh menjadi aktif. Jenis kerja otot ini sangat baik untuk pertumbuhan tubuh dan dapat menambah tinggi badan anak. 

  1. Bersepeda

Bersepeda juga bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan anak. Saat mengayuh sepeda, otot-otot tubuh terutama kaki akan meregang dan membuat kaki tumbuh lebih panjang.

  1. Joging

Olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Joging dapat memperkuat tulang kaki dan meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan, yang diperlukan untuk setiap pertumbuhan dalam tubuh anak. Agar lebih menyenangkan, jadikan joging sebagai aktivitas yang dilakukan anak bersama keluarga bersama.

Itulah olahraga peninggi badan anak yang bisa dilakukan. Jika terjadi kendala dalam pertumbuhan anak, orang tua bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. 5 Easy Exercises To Increase Your Child’s Height.
Firstory Parenting. Diakses pada 2022. Top 10 Ways to Increase Height in Children.