• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kandungan dalam Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kandungan dalam Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil

Ini Kandungan dalam Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 November 2022

“Ada berbagai kandungan obat flu yang aman untuk ibu hamil. Mulai dari acetaminophen hingga paracetamol.”

Ini Kandungan dalam Obat Flu yang Aman untuk Ibu HamilIni Kandungan dalam Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Flu adalah penyakit yang terjadi akibat paparan infeksi virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Penyakit ini mudah menular sehingga rentan terjadi pada siapa saja, termasuk ibu hamil.

Virus influenza dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan pada pengidapnya. Selain mengonsumsi makanan sehat dan istirahat, flu juga bisa kamu atasi dengan mengonsumsi berbagai obat-obatan untuk meredakan gejalanya. Lalu, apa saja kandungan dalam obat flu yang aman untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Kandungan Obat Flu yang Aman untuk Ibu Hamil

Selain hidung yang berair, bersin, dan sakit tenggorokan, virus influenza dapat menyebabkan keluhan kesehatan lainnya. Beberapa di antaranya adalah demam, nyeri otot, kelelahan, hingga sakit kepala. Tentunya kondisi ini dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada ibu hamil.

Umumnya, gejala flu yang ringan dapat kamu atasi dengan berbagai perawatan di rumah, seperti istirahat, mengonsumsi air putih, hingga mengonsumsi makanan sehat. Selain itu, gejala juga bisa membaik setelah kamu mengonsumsi obat-obatan yang bisa didapatkan langsung di apotek.

Namun, jika kamu sedang hamil, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi obat. Pastikan kamu mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kandungan obat flu yang aman untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa daftar kandungan obat yang aman untuk ibu hamil:

1. Acetaminophen

Kandungan obat ini tergolong aman untuk ibu hamil. Namun, pastikan kamu tidak berlebihan saat mengonsumsi obat ini. Cobalah untuk membatasi penggunaan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga dengan baik. Jika kamu memiliki riwayat alergi atau penyakit hati, sebaiknya hindari pengonsumsian obat jenis ini.

2. Paracetamol

Kandungan obat lainnya yang aman untuk ibu hamil dan janin adalah paracetamol. Obat ini mampu mengatasi gejala nyeri dan tidak nyaman akibat penyakit flu saat hamil. 

3. Pseudoephedrin

Kandungan obat ini tidak disarankan pada trimester pertama. Namun, ibu bisa mengonsumsinya sesuai anjuran dokter pada trimester kedua dan ketiga. Selain itu, jika ibu memiliki riwayat penyakit darah tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini sembarangan.

4. Chlorpheniramine

Obat ini aman untuk ibu hamil, tetapi sebaiknya tidak digunakan pada saat ibu sedang menyusui. 

5. Saline Nasal Drop/Spray

Obat ini merupakan larutan untuk membersihkan hidung yang tersumbat saat flu. Larutan ini merupakan air yang steril untuk mengatasi hidung yang tersumbat.

Itulah kandungan obat yang aman untuk ibu hamil. Namun, pastikan untuk selalu mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan sesuai dengan saran dan dosis yang diberikan oleh dokter. Tujuannya adalah menghindari berbagai gangguan kehamilan yang mungkin terjadi.

Perawatan Flu untuk Ibu Hamil di Rumah

Selain menggunakan obat, ibu bisa melakukan perawatan mandiri di rumah untuk meredakan gejala flu. Berikut perawatan untuk mengatasi flu pada ibu hamil, seperti:

  • Memenuhi kebutuhan istirahat.
  • Mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bernutrisi.
  • Mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Berkumur dengan air garam untuk mengatasi nyeri tenggorokan.

Namun, segera kunjungi rumah sakit terdekat jika kamu mengalami perburukan gejala, seperti nyeri pada perut, kejang, demam yang memburuk, hingga batuk yang tidak kunjung membaik. 

Ibu bisa buat janji dengan dokter kandungan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Treat a Cold or Flu When You’re Pregnant.
UNM Health. Diakses pada 2022. Which Cold & Flu Medication Is Safe to Take During Pregnancy?
Web MD. Diakses pada 2022. Safe OTC Cold and Flu Treatment to Use During Pregnancy.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Flu (Influenza).