• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Ibu

Ini Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Ibu

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Ibu

Halodoc, Jakarta - Hari Ibu adalah hari yang cukup spesial, dan tidak ada salahnya untuk merencanakan beberapa aktivitas menyenangkan dan sehat untuk hari tersebut. Momen hari ibu bisa dirayakan sesuai apa yang ibu sedang inginkan, tetapi pastikan aktivitas tersebut aman dan tetap menyenangkan untuk dilakukan. 

Kamu bisa mencari cara yang tak hanya menyenangkan, tetapi juga sehat untuk merayakan Hari Ibu. Mulai dari merencanakan liburan untuk mengusir kepenatan yang ibumu rasakan, atau memasak masakan sehat nan spesial untuk ibu. Berikut adalah beberapa ide yang bisa membantu kamu merencanakan Hari Ibu yang unik dan sehat: 

Baca juga: Usia Semakin Bertambah, Ini Cara Menjaga Kesehatan Ibu

Memasak Makanan Sehat

Mungkin salah satu hal paling sederhana dan pastinya akan dilakukan di Hari Ibu adalah makan siang atau makan malam bersama keluarga. Momen ini pun bisa kamu lakukan dengan lebih spesial lagi, seperti misalnya kamu yang menjadi koki di dapur dengan ibumu yang hanya mengawasi saja. 

Kamu bisa memasak menu yang mungkin jarang kalian makan sebelumnya, atau mungkin memasak masakan favorit keluarga dengan cara yang lebih sehat. Misalnya, membuat sup daging yang dikombinasikan dengan sayuran yang mengandung antioksidan, atau mengganti daging sapi atau ayam dengan daging salmon panggang yang lebih sehat.

Perawatan Spa

Meskipun sejauh ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa perawatan spa memiliki manfaat kesehatan jangka panjang, kamu bisa mengajak ibumu untuk melakukan perawatan spa untuk mengusir rasa penatnya. Stres akan sirna sehingga kesehatan mental menjadi lebih baik berkat pijatan, lulur, dan berendam air hangat selama perawatan spa. Dengan begini, kamu dan ibumu akan kembali segar setelah melakukan perawatan spa dan siap menyambut liburan akhir tahun bersama.

Baca juga: 5 Cara Ungkapkan Cinta. Mana yang Jadi Pilihan?

Piknik

Memasuki bulan Desember, berarti sudah saatnya untuk liburan! Tidak ada cara yang lebih baik untuk menghabiskan akhir tahun di bulan Desember daripada berada di luar kota menikmati pemandangan alam dan sebagainya. Mengajak ibumu piknik ke luar kota juga akan meningkatkan kesehatan mental, jadi semakin ibu mendapatkan udara segar, semakin baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan-jalan di taman bisa meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Ikut Kelas Merangkai Bunga 

Satu-satunya hal yang lebih baik daripada mendapatkan buket bunga adalah membuatnya sendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama menempatkan bunga-bunga indah ke dalam pot dengan cara yang kreatif. Kamu bisa melihat video tutorial, atau mungkin mengambil kelas online bersama yang kini banyak tersedia. 

Lakukan Olahraga Bersama

Selama Hari Ibu, kamu juga bisa mengajak ibu untuk berolahraga. Kamu bisa mengajaknya lari di taman, atau mungkin mengikuti kelas secara virtual. Pilih olahraga yang atau kelas untuk pemula supaya ibumu bisa mengikutinya dan tidak merasa terlalu kelelahan. Sehabis olahraga, suasana hati kamu dan ibumu pasti akan menjadi lebih baik, dan mungkin kalian akan melakukan hal ini lebih rutin lagi ke depannya.

Baca juga: Peduli Kesehatan Ibu, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak

Periksa Kesehatan

Hari ibu adalah saat yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, mengingat semua layanan pencegahan penting bagi ibu. Misalnya pemeriksaan kanker payudara (mamografi), tes Pap, dan pemeriksaan osteoporosis.

Tak hanya pemeriksaan kesehatan, kamu juga bisa mengajak ibu menemui ahli gizi. Memiliki ahli gizi dapat membantunya menurunkan berat badan atau merasa lebih sehat dan lebih baik tentang diri sendiri. Hal ini kemudian akan memiliki dampak jangka panjang terhadap energi, berat, dan kebahagiaan.

Menjelang Hari Ibu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc untuk mengajak ibu melakukan pemeriksaan dengan dokter. Apalagi, Halodoc juga menyediakan berbagai promo spesial Hari Ibu yang dikhususkan untuk wanita, termasuk untuk ibumu.

Kamu bisa mendapatkan diskon pemeriksaan dokter hingga 40 persen, lho. Kamu bisa mendapatkan diskon 25 persen atau maksimal Rp. 7.500,- untuk konsultasi dengan dokter umum, atau 40 persen atau maksimal Rp. 18.000,- untuk konsultasi dengan dokter spesialis di aplikasi Halodoc.  

Pastikan untuk tidak kelewatan promonya ya, karena potongan harga ini hanya berlaku pada 16 hingga 22 Desember 2020 saja. Yuk, ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan konsultasi kesehatan untuk ibumu tersayang hanya di Halodoc

Referensi:
Country Living. Diakses pada 2020. 33 Things to Do with Mom on Mother's Day.
House Beautiful. Diakses pada 2020. 32 Fun Mother's Day Activities to Do With Mom.