Ini Kesalahan Mani Pedi yang Mesti Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Kesalahan Mani Pedi yang Mesti Diketahui

Halodoc, Jakarta – Seberapa sering kamu melakukan perawatan kuku? Nyatanya, menjaga kesehatan kuku kaki dan tangan juga penting dilakukan untuk menghindari gangguan kesehatan yang dapat terjadi. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyerang kuku, misalnya kuku yang mudah rapuh dan cepat patah, koilonikia, dan clubbing kuku.

Baca juga: Intip Cara untuk Percantik Kuku

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku, salah satunya dengan melakukan perawatan kuku melalui manicure dan pedicure. Namun, sebaiknya pilihlah lokasi mani pedi yang terbaik dengan kualitas yang baik agar kesehatan kuku tetap terjaga. Selain sehat, tentu perawatan mani pedi dapat membuat kuku kamu terlihat lebih menawan.

Ketahui Kesalahan Ketika Mani Pedi

Manicure dan pedicure bisa kamu lakukan di salon atau di rumah. Namun, sebelum melakukan mani pedi, ketahui beberapa kondisi ini, yaitu:

1. Jaga Kebersihan Peralatan dan Kaki

Jika kamu memilih untuk melakukan mani pedi di salon, tidak ada salahnya untuk memastikan kebersihan peralatan mani pedi yang akan digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan kebersihan kaki sebelum melakukan perawatan kuku kaki.

2. Melakukan Kikir Bolak Balik

Umumnya, setelah menggunting dan merapikan kuku, kamu melakukan pengikiran pada bagian pinggiran atau ujung-ujung kuku agar kuku menjadi halus. Hindari mengikir kuku dengan bolak balik, lakukan pengikiran kuku secara satu arah untuk menghindari kuku agar tidak cepat patah.

3. Bersihkan Kuku dari Minyak

Biasanya penggunaan pelembap untuk kulit tangan akan menyebabkan bagian kuku terpapar krim pelembap. Sebaiknya bersihkan kuku sebelum melakukan perawatan kuku tangan maupun kaki. Kuku yang berminyak sulit menyerap cat kuku ketika digunakan. Itulah pentingnya penggunaan pembersih kuku sebelum melakukan mani pedi pada kuku tangan maupun kaki. Gunakan acetone sebelum mengaplikasikan base coat agar minyak pada kuku dapat hilang.

Baca juga: Ini Alasan Pedicure Wajib Dilakukan

4. Jangan Lupakan Base Coat

Sebaiknya saat akan menggunakan cat kuku, jangan lupa untuk menggunakan base coat untuk memulai mani pedi. Penggunaan base coat dapat menjaga kesehatan kuku agar tidak langsung terkena cat kuku yang mungkin saja dapat mengubah warna kuku. Jika kamu mengalami perubahan pada warna kuku maupun bentuk kuku, segera tanyakan kondisi kesehatan kuku melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai perubahan kuku pada dokter.

5. Terlalu Banyak Penggunaan Cat Kuku

Sebaiknya jangan mengaplikasikan cat kuku terlalu banyak. Penggunaan cat kuku terlalu banyak dapat menyebabkan cat kuku masuk hingga kutikula. 

6. Tidak Menggunakan Minyak Kutikel

Bagi yang melakukan proses mani pedi di rumah secara mandiri, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan minyak kutikel. Penggunaan minyak pada kutikula dapat membantu menutrisi kuku. Gunakan minyak kutikel pada malam hari agar manfaatnya terasa lebih optimal.

Lakukan Perawatan pada Kuku di Rumah

Selain mempercantik kuku, jaga kebersihan dan kesehatan kuku agar kuku kamu tetap sehat dan kuat. Kamu bisa lakukan perawatan kuku di rumah dengan menghindari kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan kuku menjadi rusak, mulai dari teksturnya yang tidak rata hingga membuat kamu lebih mudah sakit karena kuman atau bakteri pada kuku cepat berpindah pada tubuh.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi dengan kandungan protein dan vitamin B yang baik untuk kesehatan kuku. Kamu bisa menemukan kandungan tersebut dalam beberapa jenis makanan, seperti telur, ikan salmon, brokoli, ayam, dan bayam.

Referensi:
Huftpost. Diakses pada 2019. 10 Things to Watch Out For At The Naik Salon
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2019. Manicure and Pedicure Safety