• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Keuntungan Menanam Gigi Palsu dengan Cara Implan

Ini Keuntungan Menanam Gigi Palsu dengan Cara Implan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Keuntungan Menanam Gigi Palsu dengan Cara Implan

“Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan gigi, mulai dari gigi mengalami kerusakan, adanya masalah pada gusi, sampai mengalami cedera. Gigi palsu memang jadi cara termudah yang banyak dipilih untuk menggantikan gigi yang hilang, tetapi ada cara lain yang mungkin direkomendasikan, yaitu implan gigi.”

Halodoc, Jakarta – Secara sederhana, prosedur implan gigi dilakukan dengan meletakkan akar gigi pada bagian tulang yang berada di bawah gusi. Selanjutnya, akar gigi nantinya akan dipakai sebagai tempat untuk melekatkan gigi baru atau crown. Biasanya, implan gigi jadi pilihan jika seseorang kehilangan sebagian besar giginya. 

Dibandingkan dengan gigi palsu sementara atau bridge, implan gigi jadi metode yang lebih banyak dipilih. Ini karena prosedur tersebut tidak ada dampaknya pada gigi yang berada di dekatnya. Namun, seseorang yang berencana untuk memasang gigi secara implan diharuskan punya kondisi kesehatan yang baik, gusi yang bebas penyakit, dan pastinya tulang rahang yang kuat. 

Baca juga: Ini Pengobatan Medis untuk Gigi Berlubang

Berbagai Keuntungan Implan Gigi

Menjadi prosedur penggantian gigi yang hilang tentu membuat implan gigi punya banyak keuntungan dibandingkan cara lainnya. Apa saja?

  • Memiliki Daya Tahan Lebih Lama

Melakukan implan gigi disinyalir punya daya tahan yang lebih lama daripada menggunakan gigi palsu biasa. Apabila kamu turut melakukan perawatan gigi yang baik, implan gigi bahkan bisa awet hingga seumur hidup. 

  • Lebih Gampang Digunakan untuk Mengunyah Makanan

Nilai lebih lain yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan prosedur implan gigi adalah lebih mudah saat harus mengunyah makanan. Pasalnya, gigi palsu implan akan berperan seperti halnya gigi asli sehingga risiko terjadinya pergeseran gigi pun bisa dihindari. 

  • Mencegah Munculnya Masalah saat Berbicara

Gigi palsu yang dipasang tanpa prosedur implan akan sangat mungkin bergeser posisinya atau terlepas. Tentunya, ini akan membuat kamu kehilangan rasa percaya diri, terlebih ketika harus berbicara karena suara yang terdengar pun akan tidak jelas. Inilah mengapa prosedur implan gigi dilakukan, sehingga kamu tak perlu risau dengan gigi bergeser atau bahkan copot saat berbicara. 

Baca juga: Prosedur Melakukan Panoramic untuk Memperbaiki Susunan Gigi

  • Kesehatan Mulut dan Gigi Terjaga

Penggantian gigi dengan prosedur implan disinyalir lebih mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kondisi ini kemungkinan disebabkan karena posisi implan gigi yang tidak membutuhkan pengurangan gigi asli di sisinya. Tak hanya itu, peletakannya pun tidak akan menutup akses dengan gigi lainnya. 

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Senyum terasa janggal karena gigi tanggal? Tidak lagi setelah melakukan prosedur penggantian gigi dengan implan gigi. Prosedur ini dikatakan bisa menggantikan gigi yang telah hilang dengan tepat sehingga tetap menjaga proporsi mulut. Tak heran, karena implan gigi memang dirancang agar terasa dan tampak seperti gigi asli. 

Pastinya, ini akan membuat penampilan kamu jadi lebih baik, rasa percaya diri pun akan meningkat. Senyum tak lagi terasa terpaksa demi harus menutupi gigi yang hilang. 

Baca juga: Ini Keuntungan Pemeriksaan Gigi dengan Panoramic

  • Tetap Nyaman

Jangan takut untuk melakukan prosedur implan gigi karena kamu akan tetap merasa nyaman, meski menggunakan gigi tiruan. Pasalnya, implan gigi telah didesain sedemikian rupa sehingga bentuknya mirip dengan gigi yang asli. 

Nah, itu tadi beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan implan gigi. Pastikan prosedur ini dilakukan oleh ahlinya ya! Supaya kamu terhindar dari komplikasi yang tidak diinginkan. Jika ingin membuat janji di rumah sakit, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc, jadi pastikan kamu sudah download aplikasinya, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tests & Procedures. Dental implant surgery. 
Mouth Healthy by the American Dental Association. Diakses pada 2021. Implants. 
Everyday Health. Diakses pada 2021. Tooth Replacement Options: Dental Implants, Bridges, and Dentures. 
WebMD. Diakses pada 2021. Dental Implants.