Ini Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Khasiat Manggis untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Manggis adalah buah tropis eksotis dengan rasa agak manis dan asam. Di balik rasanya yang unik, buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kaya akan nutrisi, serat, dan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas yang terkait dengan berbagai penyakit kronis. Manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat, sehingga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan, menjaga elasitas kulit, menutup pori-pori, membantu penyembuhan bekas jerawat adalah beberapa manfaat manggis untuk kesehatan kulit. Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone telah menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik. 

Baca juga: Ini 5 Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Karenanya, xanthones pada manggis dapat bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatannya yang potensial. Dalam satu buah manggis, mengandung beberapa elemen berikut ini:

  • Kalori: 143

  • Karbohidrat: 35 gram

  • Serat: 3,5 gram

  • Lemak: 1 gram

  • Protein: 1 gram

  • Vitamin C: 9 persen dari Reference Daily Intake (RDI)

  • Vitamin B9 (folat): 15 persen dari RDI

  • Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari RDI

  • Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari RDI

  • Mangan: 10 persen dari RDI

  • Tembaga: 7 persen dari RDI

  • Magnesium: 6 persen dari RDI

Vitamin dan mineral dalam manggis penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan perkembangan saraf. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, xanthone yang ditemukan pada manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan xanthones memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit radang, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Baca juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

Manggis juga kaya serat yang menawarkan berbagai manfaat di mana kandungan diet tinggi seratnya dapat membantu mengurangi respons peradangan tubuh. Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat manggis untuk peradangan, tanyakan langsung ke Halodoc.

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, manggis memiliki potensi untuk menurunkan berat badan. Efek anti-inflamasi pada buah manggis berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. 

Meningkatkan Imun Tubuh

Serat dan vitamin C pada manggis juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Serat mendukung bakteri usus sehat yang merupakan komponen penting imunitas. Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel imun dan memiliki sifat antioksidan. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu pada manggis memiliki sifat antibakteri yang dapat menguntungkan kesehatan kekebalan tubuh dengan memerangi bakteri yang berpotensi berbahaya.

Sistem kekebalan membutuhkan banyak nutrisi berbeda agar berfungsi optimal. Manggis mungkin merupakan pilihan sehat untuk disertakan bersama makanan padat nutrisi lainnya sebagai bagian dari diet seimbang.

Manggis mudah disiapkan dan dimakan. Sebaiknya manggis dikonsumsi segar dan bukan kalengan. Umumnya makanan kalengan sering mendapat tambahan gula, sehingga tidak baik untuk kesehatan. 

Pengolahan untuk konsumsinya tergantung selera. Daging bagian dalamnya berwarna putih dan sangat berair ketika matang. Bagian buah ini dapat dimakan mentah atau ditambahkan ke smoothies atau salad buah tropis untuk menambah rasa yang lezat.

Karena manggis adalah sumber kaya xanthones, mungkin ide yang baik untuk membatasi konsumsinya jika kamu memiliki kondisi pembekuan darah atau sedang minum obat pengencer darah.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan berkualifikasi lainnya sebelum membuat perubahan signifikan pada diet atau mengonsumsi suplemen nutrisi baru.

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2019. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It).
Forbes. Diakses pada 2019. Healthy Food Makes You Happy: Research Shows A Healthy Diet Improves Your Mental Health.