09 August 2018

Ini Kiat Olahraga Battle Ropes yang Benar untuk Pemula

battle ropes, bakar lemak,olahraga

Halodoc, Jakarta - Bosan dengan peralatan olahraga di pusat kebugaran yang itu-itu saja? Nah, jika kamu menginginkan peralatan olahraga yang dapat membuatmu bergerak lebih dinamis untuk pembakaran lemak yang lebih efektif, maka kamu dapat mencoba battle ropes yang hanya membutuhkan dua buah tali.

Apabila gerakan ini dilakukan dengan benar, maka keringat akan keluar banyak dari tubuhmu. Sebab, battle ropes akan membuat lengan, bahu, punggung, dada, dan tangan bergerak aktif.

Dipopulerkan oleh John Brookfield, seorang pelopor pelatih kekuatan fisik, dalam teknik olahraga ini terdapat empat gerakan yang dapat kamu lakukan yaitu whipping, slamming, dragging, dan drumming. Dengan melakukan battle ropes, maka kamu telah menambahkan latihan kardio yang sangat tepat ke dalam olahraga rutinmu. Sehingga, tubuhmu akan senantiasa sehat dan kekuatan otot tubuhmu bertambah.

Ampuh Membakar Lemak

Waktu yang kamu butuhkan untuk melakukan olahraga ini hanyalah sekitar 15 hingga 20 menit saja. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok bagi orang yang sibuk mengurus anak atau bekerja.

Olahraga ini mampu membakar lemak setidaknya 300 hingga 500 kalori per hari dan dapat dilakukan pengulangan sebanyak 5 hingga 10 kali pada tiap gerakan. Cukup lakukan secara rutin sebanyak 3 atau 4 kali dalam satu minggu, maka lemak dalam tubuhmu akan hilang perlahan.

Baca juga: Ingin Berat Badan Cepat Turun? Coba Skipping

Anjuran Saat Berlatih Battle Ropes

Sebelum masuk ke beberapa gerakan yang disarankan berikut, ada baiknya kamu memilih tali yang sesuai terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan tali seperti tali tambang dengan panjang 9 hingga 12 meter dan lebarnya 4 sentimeter. Jika kamu ingin menambahkan bebannya, kamu dapat menggunakan tali sepanjang 15 meter dengan lebar yang masih sama yaitu 4 sentimeter.

Tali khusus battle ropes sendiri mudah kamu dapatkan, baik itu di toko atau dijual secara online. Jika kamu hendak melakukannya di rumah, pastikan simpulnya kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan. Setelah dirasa tali yang kamu gunakan sudah sesuai, berikut aturan umum dalam melakukan battle ropes:

  1. Gerakan ke Banyak Arah

Jangan hanya melambaikan tali ke atas dan ke bawah, kamu dapat mencoba gerakan yang berbeda untuk melatih otot dan mendapatkan manfaat yang berbeda. Kamu dapat mencoba gerakan ke samping untuk memberi tekanan pada pinggul dan membangun stabilitas tubuh secara total.

Gerakan melingkar dapat meningkatkan gerakan pada bahu dengan risiko cedera yang lebih sedikit. Selain itu, berganti-gantian antara gerakan satu dan lain juga sangat baik dilakukan, karena akan membuat manfaatnya lebih maksimal.

  1. Gunakan Tali untuk Berbagai Sesi Latihan

Kebanyakan orang biasanya melakukan gerakan ini sebagai sampingan atau pelengkap saja. Padahal, jika dilakukan dengan tekun pun, latihan ini akan memberikan manfaat yang besar. Dengan melakukan gerakan selama 10 hingga 20 menit, kamu akan dilatih untuk fokus. Baiknya lagi, gerakan semacam ini akan dengan mudah menyingkirkan lemak dan membangun kekuatan tubuh.

  1. Tingkatkan Beban

Beban yang ada dalam battle ropes ini adalah jarak yang digunakan untuk menggerakan talinya. Apabila jarak dari pangkal tali ke genggaman tangan semakin jauh, semakin berat juga beban yang kamu rasakan. Untuk kamu yang masih pemula, kamu dapat memulainya dengan jarak pendek dan kemudian ditingkatkan seiring waktu atau sebaliknya.

Baca juga: Keringat Banyak Saat Olahraga Pertanda Sudah Intens?

Jika kamu membutuhkan saran mengenai kondisi kesehatan, tak perlu ragu untuk langsung menghubungi dokter. Kini jadi lebih mudah karena kamu bisa menggunakan metode pilihan Chat, Video/Voice Call di aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter spesialis pilihan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!