• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Latihan Otot Perut untuk Membentuk Six Pack
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Latihan Otot Perut untuk Membentuk Six Pack

Ini Latihan Otot Perut untuk Membentuk Six Pack

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 September 2022

“Six pack kerap menjadi body goals buat orang yang gemar berolahraga. Ada beberapa latihan otot perut yang bisa membentuk six pack, seperti push up, berenang, latihan angkat beban, bersepeda, dan lari.”

Ini Latihan Otot Perut untuk Membentuk Six PackIni Latihan Otot Perut untuk Membentuk Six Pack

Halodoc, Jakarta –  Six pack kerap menjadi tujuan ataupun goal orang-orang ketika latihan di gym. Bukan hanya untuk memperindah penampilan dan menunjang rasa percaya diri, six pack juga membentuk inti otot menjadi kuat dan menstabilkan tulang belakang dan dada.

Ketika tulang belakang dan tulang dada stabil, maka kamu bisa bergerak lebih fleksibel. Ini juga akan membantu kamu meminimalkan cedera otot punggung bawah dan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Lantas, latihan otot perut seperti apa yang perlu dilakukan untuk membentuk six pack? Selengkapnya bisa kamu baca di sini!

Jenis Latihan untuk Membentuk Otot Perut

Meski kerap menjadi tujuan banyak penggemar olahraga, tetapi perut six pack tidak menjamin kesehatanmu akan selalu berada dalam kondisi yang prima setiap saat. Pasalnya, terlalu banyak melakukan latihan otot perut juga bisa mencederai tubuh bagian bawah. Jadi, jangan lakukan secara berlebihan, dan lakukan kombinasi yang tepat berikut ini:

1. Push Up

Kamu dapat melatih otot perut untuk membentuk six pack dengan cara melakukan latihan push up. Pada gerakan push up, otot perut berperan sebagai otot penstabil yang berkontribusi membuat kamu mencapai gerakan.

Durasi untuk melakukan latihan push up yang ideal untuk membentuk six pack adalah relatif. Kamu bisa melakukan push up selama 25 kali dengan pengulangan 3 kali setiap harinya. Ingat, konsistensi adalah kunci untuk bisa mendapatkan otot dambaanmu.

2. Berenang

Berenang bisa menjadi salah satu latihan efektif untuk melatih otot perut dan membentuk six pack. Pasalnya, renang dapat membakar kalori dan mengembangkan otot-otot inti tubuh; termasuk perut dan punggung. Gaya kupu-kupu, gaya bebas, dan gaya dada dapat efektif membakar kalori. 

3. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban yang tepat dapat membantu membentuk six pack. Karena beberapa latihan beban akan berpusat pada otot perut, yang mana ini adalah kunci mendapatkan bentuk six pack.

Gerakan yang bisa membantu ini misalnya melakukan sit up dengan mengangkat kettlebell, atau squat sambil memegang barbel. Namun, tentu saja latihan ini tidak akan memberikan efek bila kamu tidak memperbaiki pola makanmu.

4. Lari

Lari adalah salah satu jenis latihan yang dapat membentuk otot perut. Sebabnya, ketika lari, kamu memperkuat otot perut, melakukan kardio, membakar lemak dalam tubuh, yang pada akhirnya berdampak pada penurunan massa lemak. Penurunan massa lemak ini termasuk juga memangkas lemak perut. Tak heran, bila perut pelari biasanya ramping.

Untuk mendapatkan perut rata dan six pack, tidak bisa hanya dengan lari. Kamu perlu memastikan konsumsi makanan sehat seperti jus, dan juga makanan kaya protein untuk mendukung pertumbuhan otot dan mendorong pemulihan otot.

5. Bersepeda

Walaupun tidak secara signifikan bisa membentuk six pack, namun bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga untuk melatih otot perut. Soalnya, bersepeda termasuk jenis olahraga yang melatih bagian inti tubuh. 

Ketika bersepeda, kamu menggunakan perut untuk menstabilkan gerakan. Intensitas bersepeda yang kamu tingkatkan pun kemudian akan memberikan banyak stimulasi untuk area inti tubuh. Jika kamu ingin memaksimalkan latihan sepeda untuk membentuk six pack, kamu bisa memilih jalur tanjakan. 

Itulah informasi mengenai latihan perut untuk membentuk six pack. Informasi selengkapnya mengenai hidup sehat dan olahraga bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc kamu juga bisa membuat janji pemeriksaan ke rumah sakit terdekat dengan domisilimu!

Referensi:
AzCentral. Diakses pada 2022. How Many Push-Ups a Day for Better Abs?
Live Strong. Diakses pada 2022. Swimming to Get Six-Pack Abs.
Pop Sugar.com. Diakses pada 2022. Can Weights Get You Better Abs? An Expert Says Yes — Here’s How to Use Them the Right Way.
Runners World.com. Diakses pada 2022. Can running give you abs?
Energym. Diakses pada 2022. Is Cycling Good for Abs?