• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Makanan Penambah Darah untuk Anak yang Mengidap Anemia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Makanan Penambah Darah untuk Anak yang Mengidap Anemia

Ini Makanan Penambah Darah untuk Anak yang Mengidap Anemia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Desember 2021
Ini Makanan Penambah Darah untuk Anak yang Mengidap Anemia

“Anemia  bisa membuat anak menjadi lesu dan tidak bertenaga, oleh karena itu penting memberikan makanan penambah darah. Makanan ini biasanya mengandung tinggi zat besi yang berguna untuk pembentukan hemoglobin sehingga aliran oksigen ke seluruh tubuh tercukupi. Kamu juga bisa mengolah makanan penambah darah ini menjadi makanan yang disukai balita.”

Halodoc, Jakarta – Anemia defisiensi zat besi kini bukan hal buruk yang sulit untuk ditangani, termasuk yang terjadi pada anak-anak. Penggunaan suplemen, vitamin, dan makanan bayi kaya zat besi bisa direkomendasikan untuk mengatasi anemia pada anak atau balita. Selain itu, ada juga makanan penambah darah yang bisa dimasukkan ke dalam makanan yang dikonsumsi anak. 

Faktanya, bayi prematur mungkin memerlukan suplementasi zat besi karena simpanan zat besi di tubuh mereka saat lahir lebih rendah. Selain itu, masalah anemia pada anak juga merupakan masalah yang cukup bagi anak yang picky eater atau pemilih makanan. Secara umum, anak harus makan setidaknya dua atau lebih makanan kaya zat besi setiap hari. Oleh karena itu, ketahui makanan penambah darah yang bisa diberikan pada anak berikut ini!

Makanan Penambah Darah untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa makanan penambah darah yang bisa diberikan pada anak yang mengidap anemia:

  • Oatmeal 

makanan penambah darah pertama adalah oatmeal yang merupakan camilan bergizi yang disukai banyak balita dan dalam satu cangkir oatmeal, terdapat 4,5 hingga 6,6 miligram (mg) zat besi. Oatmeal juga kaya serat, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk anak-anak dengan masalah perut atau pencernaan, termasuk sembelit.

Kamu bisa menambahkan taburan bubuk kayu manis dan sejumput gula merah di atas oatmeal agar lebih menggugah selera anak. Tambahkan juga segenggam kismis untuk tambahan zat besi.

  • Daging

Semua produk daging kaya akan zat besi. Namun, banyak balita sering menolak daging, tetapi orangtua perlu menggunakan strategi sederhana agar anak mau makan daging. Semisal memberikan nuget ayam atau bakso. Namun, berhati-hatilah karena nuget ayam dan bakso seringkali mengandung natrium dan lemak jenuh tingkat tinggi.

  • Sandwich Selai Kacang

Jumlah zat besi dalam selai kacang bervariasi antar merek, tetapi biasanya mengandung sekitar 0,56 mg zat besi per sendok makan. Untuk zat besi tambahan, buatlah sandwich menggunakan sepotong roti gandum utuh yang dapat menyediakan sekitar 1 mg zat besi. Selai kacang juga relatif tinggi protein sehingga menjadikannya pilihan yang bagus untuk balita yang tidak mau makan daging. 

  • Cokelat Hitam

Makanan penambah darah selanjutnya adalah cokelat hitam. Ia menawarkan suguhan kaya antioksidan yang dapat membantu meningkatkan asupan zat besi anak. Selain daging, cokelat hitam adalah salah satu makanan paling kaya zat besi yang dapat dimakan balita, ia menawarkan 7 mg zat besi per porsi 3 ons. 

Beberapa balita tidak menyukai rasa cokelat hitam yang lebih pahit. Dorong mereka untuk mencobanya dengan melelehkannya dan mencampurnya dengan selai kacang, lalu oleskan ke roti untuk sajian kaya zat besi.

  • Telur

Telur rebus menawarkan 1 mg zat besi. Atau jika balita kurang suka telur rebus, cobalah telur orak-arik sebagai gantinya. Beberapa anak juga menyukai sandwich yang ditambahkan telur di dalamnya.

  • Ikan

Makanan penambah darah selanjutnya adalah ikan dan cobalah untuk memasukkan ikan ke dalam makanan balita karena makanan ini bergizi tinggi. Ikan juga merupakan sumber protein yang sangat baik, dan beberapa ikan, seperti makarel dan salmon, yang kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan otak.

Itulah beberapa makanan penambah darah untuk anak yang mengalami anemia. Namun jika gejala anemia pada anak semakin parah, ada baiknya segera periksakan anak ke rumah sakit. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit menggunakan Halodoc. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Eleven Iron-Rich Foods for Toddlers.
Very Well Family. Diakses pada 2021. Iron Rich Foods for Children.