• Home
  • /
  • Ini 6 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Ini 6 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini 6 Makanan Sehat untuk Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta - Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan bebas penyakit. Salah satunya adalah memilih makanan sehat yang baik untuk jantung. Menjaga makanan dapat berdampak positif pada kesehatan jantung. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sudah memperingatkan bahwa makan makanan yang tinggi lemak, kolesterol, atau natrium bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Untuk itu, ketika ingin berusaha meminimalisir risiko penyakit jantung, diet, dan pola makan sehat adalah cara terbaik untuk memulainya. Kamu dapat memilih makanan berikut agar jantung terjaga kesehatannya:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi terkenal akan kekayaan vitamin, mineral, dan antioksidannya. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K yang baik yang dapat melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah yang tepat. 

Sayuran berdaun hijau juga mengandung tinggi nitrat yang terbukti mampu mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Dengan rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau, maka risiko mengalami penyakit jantung pun lebih rendah. 

Baca juga: 5 Makanan untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

2. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, gandum hitam, dan quinoa kaya akan nutrisi. Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, biji-bijian utuh mengandung lebih tinggi serat yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Mengonsumsi lebih banyak biji-bijian dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, tiga porsi biji-bijian setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 22 persen. 

3. Buah Berry

Kelompok buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry, mengandung nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Buah beri juga kaya antioksidan seperti anthocyanin, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung. 

Buah beri bisa menjadi cemilan yang lezat atau sebagai hidangan penutup yang rendah kalori. Selain enak, makan banyak buah ini dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

4. Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Mengonsumsi buah ini juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Buah alpukat mampu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang diyakini secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung. 

5. Ikan Berlemak dan Minyak Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan tuna mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Makan salmon tiga kali seminggu selama delapan minggu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah diastolik. 

Sementara itu jika makan ikan dalam jangka panjang, kadar kolesterol total, trigliserida darah, gula darah, dan tekanan darah sistolik akan mengalami penurunan. Jika kamu tidak cukup banyak makan makanan laut, minyak ikan merupakan pilihan lain untuk mendapatkan dosis harian asam lemak omega-3. 

6. Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan sumber serat dan mikronutrien yang baik, manfaatnya sama seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Memasukkan beberapa porsi kacang kenari ke dalam makanan dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. 

Kacang kenari dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) hingga 16 persen. Selain itu, kacang jenis ini juga dapat menurunkan tekanan darah diastolik 2-3 mmHg, mengurangi stres oksidatif, dan peradangan. 

Baca juga: Hindari Makanan untuk Cegah Penyakit Jantung

Itulah beberapa pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Jika kamu mengalami masalah terkait kesehatan jantung, kamu dapat bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the best foods for heart health?