• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli Gizi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli Gizi

Ini Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli Gizi

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 13 Juli 2022

“Pengidap penyakit asam lambung tak boleh asal saat mengonsumsi makanan. Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengelola gejalanya, misalnya sayuran, jahe, buah non-sitrus atau putih telur.”

Ini Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli GiziIni Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Disarankan Ahli Gizi

Halodoc, Jakarta –  Asam  lambung yang naik kembali ke kerongkongan disebut dengan refluks asam. Apabila kondisi tersebut sering terjadi dan tidak kunjung membaik, maka kondisi tersebut disebut penyakit asam lambung  (gastroesophageal reflux/GERD). Gejalanya dapat berupa nyeri dada, batuk, dan sulit menelan, terutama saat berbaring.

Makanan yang kamu konsumsi dapat berdampak besar pada penyakit asam lambung. Beberapa makan yang menjadi pemicunya yaitu cokelat, bawang, makanan asam, dan daging merah. Namun, ada juga makanan untuk penyakit asam lambung yang aman dikonsumsi. Apa saja?

Makanan untuk Penyakit Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

Jika kamu memiliki penyakit asam lambung, ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengelola gejala. Meskipun makanan untuk penyakit asam lambung ini aman dikonsumsi, tapi bukan berarti dapat menyembuhkan penyakitnya. 

Nah, berikut ini makanan untuk penyakit asam lambung yang aman dikonsumsi:

  1. Sayuran

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak dan gula. Pilihan sayuran yang baik untuk asam lambung yaitu brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

  1. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami dan merupakan pengobatan alami untuk sakit maag, serta masalah pencernaan lainnya. Kamu dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam makanan, smoothie, atau minum teh jahe untuk meredakan gejala asam lambung.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah gandum utuh dan merupakan sumber serat yang sangat baik. Mengonsumsi makanan berserat bermanfaat untuk menurunkan risiko refluks asam. Pilihan serat yang dapat kamu konsumsi yaitu roti gandum dan nasi gandum.

  1. Buah Non-sitrus

Buah-buahan non-sitrus seperti melon, pisang, apel dan pir, cenderung tidak memicu gejala refluks asam. Berbeda dengan buah-buahan asam yang dapat memicu gejala penyakit asam lambung. 

  1. Daging Merah dan Makanan Laut Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, dan makanan laut rendah lemak, dapat mengurangi gejala refluks asam. Cobalah untuk mengonsumsi daging dan makanan laut dengan cara dipanggang atau direbus.

  1. Putih Telur

Putih telur merupakan pilihan yang baik untuk pengidap penyakit asam lambung. Namun, batasi kuning telur karena mengandung lemak dan dapat memicu gejala refluks asam.

  1. Lemak Sehat

Sumber lemak sehat bisa kamu dapatkan dari alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Batasi asupan lemak jenuh dan lemak trans, sebaiknya ganti dengan lemak tak jenuh yang lebih menyehatkan

Itulah makanan untuk penyakit asam lambung yang aman dikonsumsi. Makanan tersebut sering disarankan ahli gizi agar dikonsumsi pengidap penyakit asam lambung. Jika kamu memiliki keluhan lainnya tentang asam lambung dan masalah pencernaan, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn)
Healthline. Diakses pada 2022. Foods to Help Your Acid Reflux
Medicine Net. Diakses pada 2022. What is acid reflux?
WebMD. Diakses pada 2022. Foods That Fight GERD