Ini Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Stomatitis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Jenis Makanan yang Bisa Sebabkan Stomatitis

Halodoc, Jakarta - Saat mulut mengalami luka yang cukup besar sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat makan atau minum karena rasa sakit yang dialami, maka kondisi ini disebut sariawan, yang dalam istilah medis adalah stomatitis. Ada baiknya kamu tidak mengabaikan penyakit ini karena sebabkan gejala yang makin parah jika tidak mendapat penanganan yang tepat. 

Pada kasus yang parah, stomatitis bisa menyebabkan kondisi ini tidak kunjung membaik dalam jangka waktu lebih dari dua minggu. Kondisi ini juga bisa menyebar hingga bagian luar bibir bahkan menyebabkan pengidapnya mengalami panas tinggi.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyakit di Balik Sariawan di Bibir

Lantas, Apakah Kondisi Ini Bisa Disebabkan Oleh Makanan?

Tidak hanya makanan tertentu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami stomatitis. Penyakit ini bisa muncul akibat terkena berbagai macam trauma dan paparan mikroorganisme jahat. Misalnya saja terkena panas, tergigit, terkena duri, dan sebagainya. 

Sementara itu, beberapa jenis makanan bisa menyebabkan iritasi yang kemudian berujung stomatitis. Beberapa makanan tersebut yaitu coklat, kopi, keju, kacang-kacangan, makanan pedas atau asam. Makanan tersebut dapat menimbulkan iritasi yang dapat membentuk sariawan pada lidah. 

Beberapa jenis bahan kimia yang masuk ke dalam mulut juga bisa menyebabkan kondisi ini, seperti misal pasta gigi dan obat kumur. Mereka dapat menyebabkan stomatitis apabila mengandung zat kimia yang disebut sodium lauryl sulfate yang rentan menyebabkan iritasi. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengurangi penyebab sariawan tadi. Jika kamu masih membutuhkan informasi lengkap mengenai jenis makanan atau obat yang bisa picu iritasi di dalam mulut, kamu bisa menanyakannya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter berpengalaman di Halodoc dapat memberikan informasi lengkap mengenai stomatitis.

Baca Juga: Hati-Hati, Stres Berlebihan Bisa Sebabkan Sariawan

Adakah Cara Alami Mengobati Stomatitis?

Jika sariawan tergolong ringan, maka tidak memerlukan pengobatan khusus. Selain itu, sebagian besar kasus sariawan juga dapat sembuh sendiri dengan hanya menitik beratkan pada penyembuhan luka atau menjaga luka tetap bersih. Beberapa cara alami yang bisa mengobatinya antara lain: 

  • Rajin Membersihkan Luka. Penting untuk membersihkan luka yang terbentuk pada lidah agar tidak menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab infeksi. Kamu tidak selalu harus menyikatnya, berkumur dengan air garam juga merupakan cara alami sederhana untuk membersihkannya. Coba untuk berkumur setelah kamu menggosok gigi pagi dan malam sebelum tidur.

  • Tempelkan Garam, Baking Soda atau Susu Magnesium. Guna mempercepat penyembuhan sariawan, kamu bisa bisa menggunakan pasta yang terbuat dari garam, baking soda atau susu magnesium. Caranya, larutkan masing-masing bahan tadi dengan sedikit air agar menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta tadi ke luka. 

  • Anestesi Topikal. Jika luka sariawan semakin melebar, maka penting untuk mencari cara agar luka tidak makin lebar. Caranya dengan menggunakan obat tetes yang mengandung zat anestesi. Namun, pastikan hal ini dibawah pengawasan dokter.  Atau kamu bisa menggunakan anestesi topikal dengan es. Berkumurlah dengan air es selama beberapa detik, maka rasa sakit akan berkurang. 

  • Hindari Penyebab Sariawan di Lidah. Ini merupakan cara wajib yang harus dilakukan untuk menyembuhkan sariawan di lidah, dan juga sebagai antisipasi agar tidak terjadi lagi.  Pastikan untuk selalu menghindari makanan penyebab sariawan seperti alkohol, makanan pedas dan asam, kerupuk, keripik, juga rokok. Hindari pula berbicara saat makan, untuk mencegah tergigitnya lidah. Penting juga untuk berhati-hati saat menggosok gigi. 

Baca Juga: Mengobati Sariawan dengan Lidah Buaya