• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Makanan yang Perlu Dikonsusi Agar Kulit Tetap Awet Muda

Ini Makanan yang Perlu Dikonsusi Agar Kulit Tetap Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Makanan yang Perlu Dikonsusi Agar Kulit Tetap Awet Muda

“Menjaga kesehatan kulit terutama menjaganya agar tetap terlihat awet muda memang bukan hal yang mudah. Namun, ternyata kamu tak hanya perlu fokus pada perawatan kulit, sebab perawatan dari dalam tubuh juga dibutuhkan. Penelitian menunjukkan ada berbagai jenis makanan yang ternyata mampu menjaga tubuh tetap terlihat muda.”

Halodoc, Jakarta – Ketika kamu menjaga asupan makanan dan memastikan makanan yang dikonsumsi kaya akan antioksidan, lemak sehat, air, dan nutrisi penting, maka tubuh akan menunjukkan efeknya melalui kulit. Kulit sebenarnya memang menjadi bagian pertama dari tubuh yang menunjukkan masalah internal. Sayangnya tidak banyak yang bisa dilakukan oleh losion, krim, masker, dan serum, karena asupan makanan tetap menjadi yang paling utama. 

Para peneliti bahkan telah menyimpulkan bahwa makan buah dan sayuran adalah cara teraman dan tersehat untuk memerangi kulit kusam dan garis-garis halus. Untuk kamu yang ingin mendapatkan kulit yang bersinar dan awet muda, berikut ini beberapa makanan anti-penuaan terbaik untuk menyehatkan tubuh dan membantu kamu terlihat cantik dari dalam

Baca juga: Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Makanan untuk Membuat Kulit Awet Muda

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan untuk membuat kulit tetap awet muda!

  • Sayuran

Sayuran secara umum memang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi kamu mungkin tidak menyadari bahwa sayuran juga sangat baik untuk kulit. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 di Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa pria dan wanita yang makan makanan kaya sayuran, serta buah dan ikan, memiliki lebih sedikit garis halus di kulit mereka. Jika kamu harus memilih, pilihlah sayuran berdaun hijau, yang merupakan sumber karotenoid, vitamin C, zat besi, dan kalsium. 

Karotenoid adalah turunan vitamin A yang terbukti bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya yang menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti bintik-bintik penuaan, garis-garis halus dan kerutan, serta hilangnya elastisitas. 

Ikan

Jika kamu bukan pecinta makanan laut, mungkin ini saatnya untuk tertarik pada rasanya, karena ikan kaya akan asam lemak omega 3 telah terbukti mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya dari matahari. 

Ikan dapat menurunkan kadar prostaglandin E2 untuk mencegah kerusakan kolagen yang menyebabkan kerutan. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dalam kombinasi dengan vitamin E dan C bahwa asam lemak omega 3 dapat meningkatkan sintesis kolagen. Jadi, untuk mendapatkan kulit awet muda, pastikan untuk konsumsi ikan cukup, seperti mackerel, salmon, atau tuna, yang mengandung asam lemak omega-3 paling banyak. 

Namun kamu juga bisa mendapatkan omega 3 melalui suplemen yang kini bisa kamu beli di Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa mendapatkan semua kebutuhan suplemen atau bahkan produk perawatan kulit yang kamu butuhkan. Dengan layanan antar, kamu pun tak perlu repot keluar rumah untuk beli kebutuhan kesehatan kamu dan keluarga!

Baca juga: Catat, 4 Smoothies Ini Bisa Membuat Kulit Awet Muda

  • Buah

Buah juga merupakan sumber karotenoid tertentu yang disebut likopen dapat membantu mendapatkan kulit yang tampak lebih muda. Lycopene atau pigmen merah yang memberi warna merah cerah pada buah beri dan tomat, adalah antioksidan kuat. Ia juga membantu melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Minyak Zaitun

Penelitian mengaitkan minyak zaitun dengan segala hal mulai dari mencegah stroke hingga melindungi dari penyakit jantung, dan mungkin juga bermanfaat bagi kulit. Selain lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun mengandung antioksidan, seperti vitamin E dan polifenol, yang dapat mencegah kerusakan kolagen di kulit yang menyebabkan kerutan. Polifenol dalam minyak zaitun telah terbukti bekerja dengan baik dengan tabir surya untuk mencegah UV merusak kulit dan dapat mencegah kanker kulit. 

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, lentil, dan buncis merupakan sumber nutrisi, seperti folat, potasium, zat besi, dan magnesium yang penting untuk kesehatan kulit. Mereka juga bekerja sama dengan antioksidan lain untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Bahkan faktanya, folat yang dioleskan ke kulit telah terbukti meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

Baca juga: Rahasia Awet Muda dengan Makanan yang Enak

  • Kacang Almond

Almond adalah salah satu sumber lemak sehat terbaik yang telah terbukti meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Almond juga mengandung vitamin A, B, dan E, yang membantu melindungi kulit agar tidak meradang.  Karena kepadatan nutrisi kacang dan biji-bijian, kamu dapat menghidrasi kulit, meningkatkan elastisitasnya, membantu regenerasi sel, dan melindungi dari radikal bebas. 

  • Kunyit

Ada alasan mengapa bumbu yang biasa digunakan ini menjadi bahan populer dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari serum dan pelembap hingga masker dan krim. Kunyit dikenal karena efek antioksidan, anti-inflamasi, penyembuhan luka, anti-mikroba, dan menenangkannya. Para peneliti percaya itu dapat membantu menyembuhkan dan mencegah kulit kering dan mengatur produksi sebum.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Anti-Aging Foods to Support Your 40s-and-Beyond Body.
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Foods That Can Help You Look Younger.
Prevention. Diakses pada 2021. Sweet Potatoes, Chocolate, and 28 Other Foods for Younger-Looking Skin.
The Healthy. Diakses pada 2021. 12 Foods That Are Tied Directly to Younger-Looking Skin.