• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Buat Bit Bagi Kesehatan Tubuh Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Buat Bit Bagi Kesehatan Tubuh Anak

Ini Manfaat Buat Bit Bagi Kesehatan Tubuh Anak

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Januari 2022

“Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh anak dari mengonsumsi buah bit. Mulai dari menyehatkan pencernaan anak, hingga mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak. Jika ibu ingin menyajikan buah bit untuk Si Kecil, ibu bisa menyajikannya dengan cara direbus atau dibuat jus yang menyegarkan.”

Ini Manfaat Buat Bit Bagi Kesehatan Tubuh Anak

Halodoc, Jakarta – Selain kerap dijadikan bahan pewarna makanan alami, buah bit juga diyakini dapat memberikan beragam manfaat kesehatan. Hal ini lantaran buah bit diperkaya oleh kandungan nutrisi tinggi seperti serat, vitamin, hingga mineral. Menariknya lagi, buah bit juga mengandung senyawa bioaktif betalains yang berperan sebagai antioksidan. Tingginya kadar nutrisi yang terkandung di dalamnya, membuat buah bit dianggap sebagai salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi. 

Nah, mengonsumsi buah tersebut tidak hanya diyakini dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Lantas, apa saja manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh anak? Yuk simak informasinya di sini!

Manfaat Mengonsumsi Buah Bit untuk Anak

Berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah bit, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh oleh anak, antara lain:

1. Menyehatkan Pencernaan Anak

Dilansir dari Healthline, satu cangkir bit mengandung setidaknya 3,4 gram serat. Kandungan tersebut menjadikan buah bit sebagai sumber serat yang baik. Nah, serat memiliki fungsi penting dalam tubuh, yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memudahkan BAB dan mencegah berbagai gangguan pencernaan. Misalnya seperti sembelit, penyakit radang usus, hingga divertikulitis.

2. Diyakini Mampu Meningkatkan Fungsi Otak Anak

Merujuk pada sebuah penelitian yang berjudul Beet Root Juice: An Ergogenic Aid for Exercise and the Aging Brain nitrat, buah bit dikabarkan dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini berdasarkan dampak positif pda bit yang telah terbukti meningkatkan aliran darah ke lobus frontal otak. Nah, lobus frontal atau frontal lobe merupakan area yang terkait dengan pemikiran tingkat tinggi, seperti pengambilan keputusan dan memori kerja. Meski begitu, penelitian lebih mendalam tentunya masih diperlukan terkait manfaat buah berwarna ungu tersebut terhadap otak. 

3. Menurunkan Risiko Anemia

Anemia defisiensi zat besi merupakan gangguan kesehatan yang lebih rentan dialami oleh anak-anak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Nah, gangguan tersebut perlu diwaspadai dan dicegah sedari dini. Sebab, anemia defisiensi zat besi dapat menghambat tumbuh kembang, perkembangan fisik tubuh, hingga kecerdasan Si Kecil.

Nah, buah bit kaya akan kandungan zat besi, sehingga bila dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang tepat, buah tersebut diharapkan mampu mengurangi risiko bayi terkena anemia. Perlu diingat bahwa zat besi memiliki peran yang penting pada pertumbuhan anak. Selain meningkatkan produksi darah, senyawa tersebut juga berfungsi untuk membantu perkembangan otak Si Kecil.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari mengonsumsi buah bit adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Hal ini lantaran kandungan antioksidan yang terkandung di dalam buah tersebut, tinggi. 

Nah, manfaat tersebut tentunya sangat penting bagi bayi. Sebab, sistem kekebalan tubuh yang dimiliki bayi masih belum berkembang dengan sempurna, sehingga mereka rentan terserang berbagai penyakit.

5. Mengandung Nutrisi yang Penting bagi Pertumbuhan Anak

Bit sangat tinggi akan kandungan folat, yaitu vitamin yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jantung. Selain itu, buah bit juga mengandung mangan dalam jumlah yang baik. Mangan sendiri merupakan mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang, metabolisme nutrisi, hingga meningkatkan fungsi otak.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat buah bit bagi kesehatan anak. Mulai dari mampu menyehatkan pencernaan anak, meningkatkan kesehatan otak anak, hingga mengandung nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak. Jika ibu ingin menyajikan buah bit untuk Si Kecil, ibu bisa menyajikannya dalam bentuk potongan atau dibuat jus yang menyegarkan.

Memenuhi asupan nutrisi pada anak sangatlah penting untuk memastikan pertumbuhannya berjalan tanpa hambatan. Selain mengonsumsi bit atau buah lainnya, ibu juga dapat memberikannya vitamin atau suplemen, agar nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil terpenuhi dengan baik.

Melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen sesuai pilihan. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau menunggu lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang!

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. 9 Impressive Health Benefits of Beets
Parenting First Cry. Diakses pada 2022. Giving Beetroot to Babies – A Healthy Diet Option
NCBI. Diakses pada 2022. Beet Root Juice: An Ergogenic Aid for Exercise and the Aging Brain
NCBI. Diakses pada 2022. The Potential Benefits of Red Beetroot Supplementation in Health and Disease
PubMed. Diakses pada 2022. Health effects of dietary fiber