• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat dan Cara Kerja Suplemen Magnesium Sulfat dalam Tubuh

Ini Manfaat dan Cara Kerja Suplemen Magnesium Sulfat dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Manfaat dan Cara Kerja Suplemen Magnesium Sulfat dalam Tubuh

“Magnesium sulfat berperan penting untuk memperkuat tulang, melancarkan proses pencernaan, dan menjaga kesehatan otot. Terkadang tubuh manusia mengalami pengurangan magnesium. Biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi, kecanduan alkohol, hingga kondisi medis tertentu. Suplemen magnesium sulfat bekerja untuk memulihkan fungsi organ penting, seperti otot, jantung, dan otak.”

Halodoc, Jakarta – Suplemen magnesium sulfat merupakan senyawa mineral yang digunakan untuk berbagai tujuan kesehatan dan medis. Terkadang suplemen magnesium sulfat juga digunakan untuk mengatasi sembelit dan pereda sakit yang disebabkan oleh nyeri otot, keseleo, memar, atau penyakit lainnya. 

Magnesium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Ada banyak formulasi suplemen magnesium sulfat. Suplemen ini juga dijual bebas, tapi formulasi suplemen magnesium sulfat lainnya tersedia dengan resep  hanya untuk situasi medis dan darurat tertentu. 

Baca juga: 4 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan

Manfaat Suplemen Magnesium Sulfat untuk Kesehatan

Magnesium sulfat memiliki peran penting untuk memperkuat tulang, melancarkan proses pencernaan, memberikan informasi antar sel saraf, dan untuk gerakan otot-otot. Kadar magnesium dalam tubuh bisa sangat rendah akibat kekurangan nutrisi, diare berkepanjangan, kecanduan alkohol, hingga penyakit diabetes tipe 2. Itulah sebabnya suplemen magnesium sulfat terkadang dibutuhkan untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. 

Seseorang yang memiliki kadar magnesium dalam tubuh terlalu rendah, biasanya lebih mudah mengalami kesemutan, kram otot, nafsu makan menurun, lemas dan lemah, serta muntah-muntah. 

Suplemen magnesium sulfat juga dapat mengatasi kejang pada eklamsia. Untuk manfaat suplemen magnesium sulfat lainnya, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu pengobatan bisa lebih tepat sesuai dengan kondisi.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

Cara Kerja Suplemen Magnesium Sulfat dalam Tubuh

Magnesium sulfat melakukan 600 reaksi seluler, mulai dari membuat DNA hingga membantu otot tubuh berkontraksi. Berikut ini beberapa cara kerja suplemen magnesium sulfat sesuai dengan tujuan kesehatan:

  1. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

Magnesium berperan penting dalam menyampaikan sinyal antara otak dan tubuh. Ia bertindak sebagai penjaga pintu untuk reseptor N-methyl-D-aspartate (NMDA), yang ditemukan di sel saraf dan membantu perkembangan otak, memori, dan pembelajaran.  

  1. Menjaga Detak Jantung Sehat

Magnesium penting untuk menjaga detak jantung yang sehat. Peran ini secara alami mirip dengan kalsium, yang sama-sama penting untuk menghasilkan kontraksi jantung. Ketika kalsium memasuki sel otot jantung, maka merangsang serat otot untuk berkontraksi. 

Pergerakan kalsium dan magnesium melintasi sel-sel jantung mempertahankan detak jantung yang sehat. Ketika kadar magnesium rendah, kalsium dapat merangsang sel otot jantung secara berlebihan. Salah satu gejalanya adalah detak jantung yang cepat atau tidak teratur, yang dapat mengancam jiwa. 

  1. Membantu Mengatur Kontraksi Otot

Magnesium juga berperan dalam mengatur kontraksi otot. Sama seperti di jantung, magnesium sulfat bertindak sebagai penghambat kalsium alami untuk membantu otot rileks. Di otot, kalsium mengikat protein seperti troponin C dan myosin. Proses ini mengubah bentuk protein menghasilkan kontraksi. 

Magnesium sulfat bersaing dengan kalsium untuk mengambil tempat pengikatan yang sama agar membantu otot mengendur. Jika tubuh tidak memiliki cukup magnesium sulfat untuk bersaing dengan kalsium, otot mungkin berkontraksi terlalu banyak, menyebabkan kram atau kejang. 

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Itulah sebabnya, suplemen magnesium sulfat direkomendasikan untuk mengobati kram otot. Namun, penelitian menunjukkan hasil yang beragam mengenai kemampuan magnesium untuk meredakan kram. Beberapa penelitian bahkan tidak menemukan manfaatnya sama sekali. 

Nah, itulah beberapa cara kerja suplemen magnesium sulfat dalam tubuh manusia. Jika kamu memiliki kondisi tertentu yang memerlukan suplemen magnesium sulfat, kamu bisa cek kebutuhan medis melalui aplikasi Halodoc ya. Pastikan kamu sudah bertanya pada dokter dan sudah mendapat persetujuan dokter di Halodoc untuk mengonsumsi obat tertentu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Does Magnesium Do for Your Body?
WebMD. Diakses pada 2021. Magnesium Sulfate – Uses, Side Effects, and More
Drugs. Diakses pada 2021. Magnesium sulfate
NHS. Diakses pada 2021. Do I need vitamin supplements?