• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Ini Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kegel

"Senam kegel biasanya menjadi latihan yang cocok untuk ibu yang baru saja melahirkan karena ia diduga bisa merapatkan dan mengencangkan kembali vagina. Namun, pria juga bisa mendapatlan manfaat dari latihan kegel ini. Seperti untuk meningkatkan performa saat berhubungan seks."


Halodoc, Jakarta – Sebagian orang menganggap bahwa senam kegel identik dengan olahraga untuk kaum wanita. Pasalnya, latihan yang satu ini pada awalnya memang dirancang untuk mengatasi gangguan otot panggul bawah yang sering dikeluhkan oleh ibu-ibu yang baru melahirkan. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata jenis olahraga yang satu ini juga memberi manfaat untuk pria.

Senam kegel awalnya dikembangkan untuk membantu wanita yang mengalami gangguan pada otot panggul atau pelvis setelah melahirkan. Kondisi ini menyebabkan wanita bisa tanpa sengaja “mengompol” ketika sedang tertawa lepas, batuk, atau bersin. Kondisi ini disebut juga dengan inkontinensia urine. Seiring berjalannya waktu, senam ini telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah seputar panggul dan organ intim.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Manfaat Senam Kegel

Senam Kegel atau disebut juga senam latihan otot panggul bawah ini sangat baik dilakukan oleh orang yang otot panggul bawahnya menjadi lemah akibat persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, dan operasi. Berikut ini manfaat senam Kegel bagi wanita dan pria.

  1. Bagi Wanita

Manfaat senam kegel untuk wanita antara lain:

  • Melancarkan Proses Persalinan

Menjelang persalinan, ibu hamil disarankan untuk melakukan latihan kegel secara rutin. Senam ini dapat membuat otot panggul ibu menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga bermanfaat membuka jalan lahir dan mencegah episiotomi, yaitu pembedahan untuk memperbesar lubang vagina. 

  • Mempercepat Pemulihan Vagina Usai Melahirkan

Senam kegel juga berguna untuk membantu memulihkan kondisi vagina setelah melalui proses episiotomi pada saat melahirkan. Senam kegel diduga mampu melancarkan aliran darah ke area vagina. Hal ini sangat penting karena darah membawa oksigen dan berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan Miss V yang rusak akibat episiotomi.

  • Merapatkan Vagina 

Setelah menjalani proses persalinan normal, biasanya vagina akan melebar. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk melakukan senam kegel sebab ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk merapatkan kembali vagina. Senam ini juga bermanfaat untuk mengencangkan vagina yang mengendur yang biasanya terjadi pada wanita jelang usia menopause.

Baca juga: Mulai Kendur? Intip Cara Merapatkan Kembali Miss V

  1. Bagi Pria

Sementara itu bagi pria, ada beberapa manfaat senam kegel yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan Performa Saat Berhubungan Seks

Senam ini juga bisa memberi manfaat untuk pria, salah satunya melatih otot panggul, sehingga bisa melancarkan aliran darah. Hasilnya, performa saat berhubungan seks bisa meningkat.

  • Mencegah dan Mengatasi Ejakulasi Dini

Menurut penelitian yang dipublikasikan International Journal of Andrology, senam kegel tidak hanya meningkatkan performa seksual. Senam sederhana ini juga efektif menangani ejakulasi dini.

Namun selain dengan latihan kegel, para pria juga bisa konsumsi suplemen untuk menambah stamina sehingga performa saat berhubungan intim bisa meningkat. Kini kamu juga bisa pesan suplemen khusus pria tersebut di Halodoc. Dengan layanan antar, kamu pun jadi tak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya dan pesanan akan tiba kurang dari satu jam.

Baca juga: Melatih Otot Dasar Panggul Bisa Tingkatkan Gairah Seks

Cara Melakukan Gerakan Senam Kegel

Gerakan senam Kegel sebenarnya hanya terdiri dari mengerutkan otot panggul yang dikenal dengan istilah “jepit” dan melepaskan secara berulang-ulang. Namun, agar mampu melakukan senam ini secara benar, kamu harus tahu otot-otot mana yang harus dikerut dan dilepaskan. Begini cara melakukannya:

  • Kencangkan otot panggul bawah selama kira-kira tiga detik. Untuk tahu bagian mana yang disebut otot panggul bawah, coba bayangkanlah seperti menahan air urine saat ingin buang air kecil. Otot yang menahan air pipis itulah yang disebut otot panggul bawah.
  • Selama mengencangkan otot ini, usahakan jangan tahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat.
  • Lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik.
  • Ulangi lagi latihan otot ini hingga 10 kali.

Setelah kamu cukup terbiasa melakukan senam kegel, cobalah untuk menahan otot dasar panggul lebih lama lagi. Kamu bisa melakukan latihan ini di mana dan kapan saja. Jadi, kamu disarankan untuk berlatih secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What are Kegel Exercises?
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kegel Exercises for Men: Understand the Benefits.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kegel Exercises: A How-To Guide for Women.
WebMD. Diakses pada 2021. What are the Benefits of Kegel Exercises?