• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Hipnoterapi Sebagai Perawatan Kesehatan Mental

Ini Manfaat Hipnoterapi Sebagai Perawatan Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat Hipnoterapi Sebagai Perawatan Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki rasa khawatirnya sendiri terhadap suatu hal. Namun, beberapa orang memiliki rasa khawatir yang berlebihan sehingga dapat dikategorikan sudah mengalami masalah terkait kesehatan mental. Bahkan, masalah tersebut sudah meningkat menjadi gangguan kecemasan atau anxiety. Gangguan tersebut harus segera mendapatkan penanganan agar tidak terus berkembang.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah dari kesehatan mental adalah dengan hipnoterapi. Metode ini disebut ampuh untuk membuat pikiran menjadi tenang sehingga segala masalah yang berhubungan dengan rasa khawatir dapat diredam. Lalu, apa saja manfaat lainnya dari terapi ini dan bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Hipnoterapi untuk Atasi Depresi, Perlukah?

Segala Manfaat Hipnoterapi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hipnosis atau hipnoterapi adalah salah satu jenis terapi yang menggunakan metode relaksasi, konsentrasi intens, dan perhatian yang terfokus agar terciptanya kesadaran yang lebih tinggi atau disebut juga dengan 'trance'. Hal ini berguna untuk meningkatkan fokus seseorang, terutama agar lebih menerima sugesti seperti saat seseorang berusaha berhenti merokok.

Dipercaya jika metode ini dapat mengatasi berbagai macam kondisi medis, mulai dari sindrom iritasi usus besar, hingga masalah kecemasan dan depresi. Tujuan dari hipnoterapi adalah untuk membantu seseorang mengontrol keadaan kesadaran dengan lebih baik. Pada kasus depresi, terapi ini difokuskan untuk membantu pengidapnya agar lebih rileks. Saat rileks, orang tersebut dapat mendiskusikan perasaan dan emosinya tanpa ada rasa stres dan cemas.

Cara Dilakukannya Hipnoterapi

Sesi terapi ini umumnya dilakukan selama kurang lebih satu jam. Ahli terapis akan menggunakan berbagai macam teknik relaksasi untuk memandu seseorang agar dapat memasuki keadaan hipnosis. Saat hal tersebut terjadi, kamu tentu masih dalam keadaan sadar, tetapi tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran lebih responsif terhadap saran dari terapis.

Berbagai saran yang akan dikatakan oleh terapis tergantung dari kondisi atau gangguan yang coba untuk diatasi. Hipnoterapi dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan yang tidak diinginkan atau tidak sehat dan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan untuk mengontrol rasa sakit atau cemas, sehingga pola pikir yang buruk dapat dihilangkan agar masalah depresi teratasi.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hipnoterapi yang benar efektif untuk atasi masalah kesehatan mental atau tidak, psikolog dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc dan kamu bisa mendapatkan akses kesehatan yang ampuh untuk menjaga kesehatan mental!

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Manfaat dari Hipnoterapi

Hipnoterapi dapat memberikan potensi agar menjadi lebih baik dengan melakukan perawatan terkait kondisi medis tanpa membutuhkan pengobatan tambahan. Para ahli mengategorikan hipnoterapi sebagai pilihan pengobatan yang aman dengan efek samping sangat minim. Mungkin cara ini tidak berhasil untuk semua orang dan kerap disebut sebagai terapi pelengkap.

Seseorang yang mendapatkan terapi ini dapat merasakan beberapa manfaat, seperti meningkatnya rasa kesejahteraan secara menyeluruh, memperbaiki suasana hati, dan menghadirkan perasaan yang penuh dengan harapan. Hipnoterapi ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi, seperti sakit kronis, masalah konsentrasi, kontrol merokok, dan tentu saja kesehatan mental.

Terapi ini dapat efektif untuk membantu seseorang mengurangi atau mengendalikan perasaan cemas, stres, dan sedih agar menjadi lebih baik. Hipnoterapi juga digunakan untuk mengatasi beberapa perilaku negatif yang dapat membuat depresi menjadi semakin buruk. Beberapa perilaku ini mungkin saja dapat berkembang menjadi sesuatu yang berbahaya bahkan mengganggu aktivitas harian.

Baca juga: Bahaya Self-Diagnosis yang Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Maka dari itu, jika kamu mengalami masalah terkait kesehatan mental, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke psikolog/psikiater untuk mendapatkan penanganan yang salah satunya adalah hipnoterapi. Dengan begitu, segala masalah yang berhubungan dengan mental tersebut dapat diatasi segera sebelum menjadi parah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Hypnotherapy.
Web MD. Diakses pada 2020. Mental Health and Hypnosis.