• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Jahe untuk Atasi Suara Serak

Ini Manfaat Jahe untuk Atasi Suara Serak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Suara serak adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Walaupun tidak berbahaya, tetapi suara yang tidak terlalu jelas karena serak tentu akan menghambat kamu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi di saat-saat penting, seperti meeting yang mengharuskan kamu untuk berbicara lebih banyak. Enggak usah stres, kamu bisa mengatasi suara serak dengan memanfaatkan bahan alami seperti jahe. Yuk, simak manfaat jahe untuk atasi suara serak di sini.

Suara serak adalah suatu gejala yang menandakan adanya masalah pada pita suara. Kondisi ini mengakibatkan perubahan pada suara, seperti suara menjadi parau, lemah, atau berat. 

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan suara menjadi serak, tapi penyebab yang paling sering adalah laringitis atau peradangan laring. Laringitis terjadi akibat infeksi virus saluran pernapasan atas. Selain itu, suara serak juga bisa disebabkan oleh:

  • Cedera pada laring atau pita suara.

  • Batuk kronis.

  • Iritasi pada saluran pernapasan.

  • Alergi.

  • Kebiasaan merokok.

  • Berteriak atau bernyanyi terlalu lama atau secara berlebihan.

Meski bukan kondisi darurat, tetapi bila suara serak berlangsung lebih dari 10 hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sebab, suara serak juga bisa menjadi gejala dari kondisi lain yang lebih serius.

Baca juga: Suara Serak, Kapan Waktu Terbaik Menghubungi Dokter THT?

Untungnya, hampir kebanyakan kasus suara serak bisa diobati dengan melakukan beberapa perawatan sederhana. Salah satunya dengan memanfaatkan jahe. Akar jahe sudah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama. Tanaman herbal yang satu ini dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan dan infeksi saluran pernapasan atas. Jahe juga dapat meredakan suara serak berkat kandungan senyawa keton yang bernama zingeron. Diketahui bahwa rasa pedas yang ditimbulkan oleh jahe juga dapat membantu menghangatkan tenggorokan yang mengalami iritasi. Jahe juga dapat membantu mengobati infeksi tenggorokan.

Cara mengolah jahe untuk mengatasi suara serak juga cukup mudah. Kamu bisa merebus jahe segar di dalam panci berisi air mendidih untuk diolah menjadi teh jahe.

Baca juga: 6 Manfaat Rutin Minum Air Jahe

Selain jahe, masih ada juga beberapa bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi suara serak, yaitu:

  • Air Garam

Kamu dapat meredakan masalah pada tenggorokan, seperti iritasi dan suara serak dengan menggunakan air garam hangat. Caranya, aduk ¼ sampai ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian berkumur-kumurlah dengan menggunakan larutan tersebut sampai air terasa membasuh bagian belakang tenggorokan kamu, kemudian keluarkan. Air garam akan menyegarkan mulut kamu, jadi berkumurlah sesering yang kamu perlu.

  • Makan Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan dapat membantu menambah kelembapan pada tenggorokan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi batuk. Cobalah permen tenggorokan yang mengandung madu, teh hijau, atau echinacea.

  • Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Tuangkan 1–2 sendok makan sari cuka apel mentah ke dalam segelas kecil air. Tambahkan satu sendok teh madu untuk membuat rasanya lebih enak. Minumlah ramuan ini sekali atau dua kali sehari sampai suara serak kamu membaik. 

  • Teh Madu

Tidak ada minuman yang lebih menenangkan untuk sakit tenggorokan selain secangkir teh hangat. Tidak hanya menenangkan, teh herbal seperti chamomile mengandung antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu. Penelitian juga menunjukkan bahwa chamomile juga memiliki kandungan bersifat anti-inflamasi.

Tambahkan teh kamu dengan bahan alami penyembuh seperti madu. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi produksi lendir dan mengobati batuk seefektif obat-obatan yang dijual bebas.

Baca juga: Benarkah Minuman Dingin Dapat Menyebabkan Suara Serak?

Nah, manfaat jahe untuk mengatasi suara serak. Untuk membeli obat-obatan yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. 12 Laryngitis Home Remedies.