• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Mengajak Anak Menonton Film dengan Subtitle

Ini Manfaat Mengajak Anak Menonton Film dengan Subtitle

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Selama masa pandemi, pilihan aktivitas untuk rekreasi jadi semakin terbatas. Mungkin orangtua bisa mengajak anak untuk bermain di taman atau jalan kaki di sekitar rumah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Namun, jika kamu masih ragu apakah kegiatan tersebut aman, sebaiknya tetap berdiam di dalam rumah saja. Mungkin orangtua bisa mencoba mengajak anak menonton film bersama untuk mengusir rasa bosan di tengah pandemi.

Tak bisa dimungkiri kini layanan televisi internet menjadi hal yang cukup penting untuk mengusir kebosanan. Terdapat banyak pilihan film yang menarik untuk ditonton dan mereka juga tak hanya untuk orang dewasa. Kebanyakan televisi internet atau sejenisnya biasanya juga menyediakan beberapa film yang dikhususkan untuk anak-anak atau remaja. Meski kebanyakan mereka adalah film berbahasa asing dan harus menggunakan subtitle.

Namun, kamu jangan jadi sedih dulu karena film tersebut menggunakan subtitle, karena ternyata film dengan subtitle atau teks diyakini mampu meningkatkan keterampilan literasi anak-anak. Yuk, coba simak ulasannya berikut!

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan Ketika Pergoki Anak Melihat Konten Dewasa




Film dengan Subtitle Bantu Anak Tingkatkan Keterampilan Literasi

Film dengan subtitle ternyata mampu meningkatkan keterampilan literasi, terutama untuk anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi dan anak yang kesulitan membaca. Manfaat subtitle untuk anak-anak baru-baru ini telah dimunculkan oleh kampanye Turn on the Subtitles (TOTS), yang meminta penyiar dan streamer untuk mengaktifkan subtitle secara otomatis untuk pemirsa berusia enam hingga 10 tahun. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di antara orangtua tentang manfaat besar yang dapat dibawa teks film dalam meningkatkan keterampilan membaca anak-anak.

Tak hanya membantu anak-anak untuk membaca, subtitle juga nyatanya sangat bermanfaat untuk penonton disabilitas tuli, autisme, hingga disleksia. Tanpa kamu sadari, saat kamu menonton acara televisi atau film dengan teks, maka ini akan meningkatkan kebiasaan membaca. 

Membaca teks film juga lebih disukai karena mereka cukup efisien membantu penontonnya dalam mengikuti dan memahami film. Apalagi jika orangtua sering mengajak anak yang sudah cukup umur untuk menonton film dengan teks, maka ia akan jadi lebih banyak membaca. Mereka juga tak akan merasa lelah karena kebanyakan anak akan tetap membaca hal-hal yang menarik bagi mereka, seperti film yang sedang ditonton. 

Baca juga: Hobi Nonton Marathon? Ini Tips Istirahatkan Mata




Film dengan Teks Membantu Mempelajari Bahasa Asing

Menonton film dan program televisi berbahasa asing, seperti misalnya bahasa Inggris dengan teks dalam bahasa Indonesia, adalah cara yang juga baik untuk membantu mereka belajar. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dapat mempelajari kosakata dan meningkatkan kemahiran mereka dalam bahasa lain secara kebetulan, hanya dengan menonton film dan program televisi berbahasa asing dengan subtitle. 

Menonton film, program televisi, dan video berbahasa asing subtitle juga memiliki potensi kunci untuk meningkatkan kesadaran antar budaya anak-anak. Anak-anak juga akan memahami keberagaman budaya di seluruh dunia, dan kemudian orangtua bisa mengajari anak pentingnya untuk saling menghormati dan menghargai nilai-nilai budaya lain. 

Meningkatkan keterpaparan anak-anak terhadap film dan program televisi berbahasa asing subtitel akan menjadi cara yang sederhana dan murah untuk mempromosikan pembelajaran bahasa asing mereka. Mungkin kini manfaat mempelajari bahasa asing belum terlihat, tetapi ketika mereka sudah dewasa, atau sudah menginjak pendidikan tinggi, ini akan sangat membantu mereka dalam banyak hal. 

Baca juga: Inilah Usia Ideal Anak untuk Belajar Bahasa Asing

Itulah manfaat menonton film dengan subtitle yang perlu orangtua pahami. Jadi, jika anak sudah dirasa cukup umur untuk bisa mengikuti film ber-subtitle, sebaiknya hal ini dijadikan kebiasaan rutin.

Jika kamu masih membutuhkan saran mengenai pola asuh anak, jangan ragu untuk bertanya pada psikolog di Halodoc, ya. Psikolog profesional di Halodoc akan membantu memberikan saran untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.






Referensi:
The Conversation. Diakses pada 2020. Why Children Should be Watching TV with The Subtitles On.
Turn on The Subtitles. Diakses pada 2020. Research into Same-Language Subtitling.