• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Okra untuk Kesehatan Kulit

Ini Manfaat Okra untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Okra adalah sayuran dengan kandungan nutrisi yang tinggi yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Okra adalah sayuran non-pati yang mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting. 

Okra bebas lemak, kolesterol, sangat rendah sodium, dan kalori plus sumber vitamin C yang sangat baik serta sumber magnesium, serat, folat, dan sumber thiamin yang oke. Okra juga kaya akan kolagen sehingga baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Informasi selengkapnya mengenai manfaat okra untuk kesehatan kulit bisa dibaca di bawah ini! 

Okra untuk Kesehatan Kulit

Bagaimana mendapatkan manfaat okra untuk kesehatan kulit dan rambut? Kamu bisa mencampurnya dengan jus lemon atau minyak kelapa sebagai kondisioner tanpa bilas. Okra juga bisa dimakan demi mendapatkan manfaat kolagen yang maksimal. Seperti yang sudah disinggung di atas, okra mengandung banyak vitamin C sehingga baik juga buat kulit.

Okra juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan adalah senyawa dalam makanan yang dapat menangkal kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Antioksidan utama dalam okra adalah polifenol, termasuk flavonoid dan isoquercetin, serta vitamin A dan C. Mengonsumsi makanan tinggi polifenol dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko pembekuan darah dan kerusakan oksidatif.

Baca juga: Okra Baik untuk Kesehatan Seksual, Benarkah?

Polifenol juga dapat bermanfaat bagi kesehatan otak karena kemampuannya yang unik untuk melindungi otak dari peradangan. Mekanisme pertahanan ini dapat membantu melindungi otak dari gejala penuaan dan meningkatkan kognisi, pembelajaran, dan memori.

Kemudian, okra adalah sumber serat makanan yang kaya. Selain dapat menjauhkan kamu dari masalah pencernaan, juga dapat meningkatkan keelastisan kulit sehingga kulit juga tampak sehat merona. 

Protein okra dan ekstrak minyaknya kerap menjadi bahan tambahan berbagai produk perawatan kulit. Okra dapat menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kekeringan kulit yang disebabkan oleh produk pembersih tangan tradisional. 

Flavonoid dalam okra berpotensi bertindak sebagai agen pelindung UVB sehingga dapat digunakan sebagai tabir surya. Butuh informasi lebih detail mengenai manfaat okra untuk kulit sehat bisa ditanyakan langsung di aplikasi Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Okra?

Saat membeli okra, carilah polong hijau yang lembut dan lembut tanpa bercak coklat atau ujung kering. Simpan di kulkas selama empat hari sebelum dimasak. Biasanya, okra digunakan dalam sup dan semur. 

Baca juga: Ini Ciri Daging Sapi Segar yang Layak Dikonsumsi saat Lebaran

Perlu diketahui okra mengandung lendir, yaitu zat kental yang menjadi bergetah ketika dipanaskan. Untuk menghindari berlendir okra, ikuti teknik memasak sederhana ini:

  1. Masak okra dengan api besar.
  2. Jangan terlalu banyak memasukkan bahan di dalam wajan.
  3. Memasak okra dengan saus tomat asam dapat membantu mengurangi kekenyalan/lendir.
  4. Iris dan panggang okra di dalam oven.
  5. Merendam okra dalam cuka selama 30 menit sebelum digunakan.
  6. Panggang okra sampai sedikit hangus.
  7. Memotong okra dalam potongan besar 

Okra mentah yang segar dapat digunakan dalam berbagai masakan dan dapat dinikmati dengan digoreng, direbus, diasamkan, atau digoreng utuh. Daunnya yang muda sering digunakan untuk campuran salad. 

Okra adalah sayuran yang rapuh dan dapat berubah menjadi hitam saat dimasak dalam wajan yang terbuat dari besi, tembaga, atau kuningan. Pemilihan bahan wajan juga perlu diperhatikan saat hendak mengolah okra. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutrition and Health Benefits of Okra.
Emediheatlh. Diakses pada 2020. Why You Should Add Okra to Your Diet.
Power of Positivity. Diakses pada 2020. 20 Amazing Benefits Of Okra For Your Skin, Hair And Body.