• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Tanaman Dalam Ruangan

Ini Manfaat Tanaman Dalam Ruangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Karena dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemi masih berlangsung, banyak orang mencoba melakukan sesuatu yang baru untuk mengisi waktu luang mereka saat di rumah saja. Selain belajar memasak, kegiatan lain yang juga menjadi tren saat pandemi adalah memelihara tanaman di dalam ruangan. Ternyata, kegiatan yang satu ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan lho. Yuk, simak manfaat memelihara tanaman di dalam ruangan di bawah ini.

Baca juga: Memasak Bantu Meredakan Stres saat Karantina

Bukan tanpa alasan bila banyak orang memilih untuk mencoba memelihara tanaman indoor sebagai hobi baru saat pandemi seperti sekarang ini. Selain indah dilihat dan dapat mempercantik ruangan, tanaman hijau juga dapat meningkatkan kesehatan, baik secara fisik maupun mental, yang mungkin bahkan tidak kamu sadari. 

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya mengapa belakangan ini kamu bisa bernapas lebih mudah, fokus jadi meningkat, dan mood menjadi lebih senang saat berada di ruang tamu? Ya, itu semua mungkin berkat tanaman yang kamu pelihara di dalam ruangan tersebut.

1.Udara Menjadi Lebih Segar

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan dapat membantu menghilangkan udara dari racun umum dan polutan yang dapat ditemukan dalam ruangan, seperti formaldehida dan benzena. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman bromelia dapat menghilangkan lebih dari 80 persen dari enam senyawa organik yang menguap dalam periode 12 jam, sedangkan tanaman dracaena menghilangkan 94 persen aseton (senyawa yang menyengat pada banyak cat kuku).

Namun, menurut Gary L. Altman, CRC, HTR, direktur asosiasi dari Program Terapi Hortikultura di Rutgers, kemampuan tanaman untuk membersihkan udara juga tergantung pada faktor-faktor, seperti ukuran tanaman, ukuran ruangan tempat tanaman berada, dan jumlah racun di udara. Namun, 6–8 tanaman berukuran sedang hingga besar yang diletakkan di seluruh ruangan yang besar seharusnya cukup untuk membuat perubahan pada kualitas udara.

Baca juga: Bisa Menyerap Debu, Letakkan 4 Tanaman Ini di Ruang Tamu

2.Membuat Ruangan Menjadi Lebih Nyaman

Tanaman indoor tidak hanya dapat mempercantik ruangan kamu, tetapi mereka juga bisa memberikan perubahan pada ruangan dari segi lingkungan, sehingga membuat suasana di ruangan tersebut menjadi lebih nyaman. Berbagai perubahan yang dapat dibuat tanaman di dalam ruangan, antara lain dapat meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan, mengurangi kebisingan, menutupi area yang tidak menarik, dan membuat suhu ruangan menjadi teduh dengan menghalangi sinar matahari yang terlalu terik yang menembus jendela.

3.Meningkatkan Kesehatan Mental

Tanaman hias yang ditempatkan di dalam ruangan juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan mental. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika 28 tanaman baru ditempatkan di area umum pusat rehabilitasi jantung dan paru-paru di Norwegia, pasien di sana melaporkan mengalami peningkatan kesejahteraan mental yang lebih besar empat minggu kemudian dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapatkan penghijauan.

4.Memberikan Perasaan Pencapaian

Dalam penelitian lain, memelihara tanaman di dalam ruangan juga dapat meningkatkan kualitas hidup pemiliknya, lho. Manfaat tersebut bisa jadi karena ketika kamu memelihara tanaman dan merawatnya sendiri dari awal, kamu akan merasakan adanya suatu pencapaian atau kebanggaan tersendiri ketika tanaman tersebut bertumbuh dengan baik. Perasaan tersebutlah yang memberikan kebahagiaan. 

Selain itu, sama seperti pemilik hewan peliharaan, kamu pun juga bisa memperlakukan tanaman sebagai teman. Bahkan, ada beberapa orang yang mengajak berbicara atau bernyanyi untuk tanaman mereka.

5.Mencegah Stres

Memelihara tanaman dan merawatnya secara rutin juga dapat membantu kamu untuk melupakan sejenak segala kesulitan dan tekanan hidup yang membuatmu menjadi stres. Manfaat ini sangat penting, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana ketidakpastian, tantangan ekonomi, dan bisnis dapat membuat banyak orang menjadi mudah stres. 

Karena itu, cobalah untuk memelihara tanaman sebagai cara untuk menghilangkan stres. Tanaman pun dapat merasakan manfaat dari perawatan yang kamu berikan dan bertumbuh dengan baik dan siap untuk memberi kamu manfaat fisik.

Baca juga: Stres di Tengah Pandemi Virus Corona? Ini 3 Tips Mengatasinya

Nah, ada banyak sekali kan manfaat yang bisa kamu peroleh dari memelihara tanaman dalam ruangan. Karena itu, kegiatan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi kamu untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja.

Bila kamu merasa stres selama pandemi corona, cobalah untuk membicarakannya pada psikolog di Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi psikolog terpercaya kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. 8 Healthy Benefits of Indoor Plants, According to Horticulture Experts.