• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Tidur Siang untuk Pertumbuhan Anak

Ini Manfaat Tidur Siang untuk Pertumbuhan Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidur siang adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakoni anak-anak secara rutin. Ini diperlukan karena tidur siang adalah syarat untuk perkembangan fisik dan mental anak sejak dini. 

Tidur siang juga dapat membantu anak untuk mengembalikan staminanya setelah aktif seharian beraktivitas. Durasi tidur yang berkualitas juga dapat membantu anak menjaga mood dan suasana hatinya tetap ceria dan bersemangat. Simak selengkapnya mengenai manfaat tidur siang untuk pertumbuhan anak.

Durasi Tidur Siang yang Tepat

Apakah ada durasi waktu tidur siang tertentu yang direkomendasikan untuk anak? Jawabannya adalah tergantung usia dan kebutuhan anak. Seorang balita bisa dapat tidur 13 jam di malam hari dan hanya tidur selama 30 menit di siang harinya. Sementara anak yang lain tidur 9 jam di malam hari, tetapi tidur siang selama 2 jam. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Tidur Siang

Kebanyakan orang tua meremehkan kuantitas tidur anak. Padahal, anak yang kurang tidur akan berdampak pada perilaku dan mood-nya. Bahkan, kalau anak kurang tidur bisa membuat anak cepat lelah dan tidak bisa berkonsentrasi. 

Orangtua bisa mengetahui apakah anak kurang tidur atau tidak dengan melihat bagaimana anak berperilaku. Berikut ini tanda-tandanya:

  1. Apakah anak mengantuk di siang hari? 

  2. Anak menjadi cepat rewel dan mudah marah pada sore hari?

  3. Apakah suatu perjuangan untuk membangunkan anak dari tempat tidur saat pagi hari?

  4. Anak menjadi kurang perhatian, tidak sabar, hiperaktif, atau malah agresif?

  5. Anak menjadi sulit untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu

Tips Mengatur Tidur Siang Anak

Kunci untuk tidur siang yang baik adalah kebiasaan alias jadikan itu rutinitas anak. Orang tua bisa membangun atmosfer yang oke seperti memasangkan musik lembut, lampu yang redup, atau membacakan cerita yang menyenangkan untuk membantu transisi anak melelapkan diri.

Baca juga: Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Emosi Kacau?

Banyak orang tua khawatir kalau tidur siang akan mengganggu jam tidur anak-anak. Namun, orang tua bisa punya tips dengan cara membuat anak lelah dulu supaya bisa cepat tidur. Misalnya, dengan mengajak anak aktif bermain dan libatkan dalam aktivitas tertentu.

Jika ibu merasa tidur siang membuat anak susah tidur malam, cobalah membuat tidur siang sedikit lebih awal dan dengan durasi yang tidak terlalu lama. Kalau orang tua butuh tips supaya anak mau tidur siang, coba deh tanyakan di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orang tua. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orang tua bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Ketika anak-anak tumbuh dan berkembang, tidur siang memberi tubuh dan pikiran mereka waktu untuk beristirahat dan recharge. Tidur siang membantu anak-anak belajar. Satu studi tentang anak-anak prasekolah menemukan bahwa tidur siang membantu anak beraktivitas lebih baik dan membantu mengembangkan daya ingatnya.

Tidur siang membantu anak-anak tetap bugar. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak cukup tidur atau yang tidur tidak teratur cenderung memiliki tingkat obesitas yang lebih tinggi. 

Penjelasannya adalah ketika anak merasa lelah., maka anak makan lebih banyak. Beberapa penelitian telah menunjukkan kalau anak-anak cenderung makan lebih banyak ketika mereka tidak cukup tidur. 

Mereka juga cenderung memilih makanan yang tidak terlalu sehat. Ditambah lagi, ketika anak-anak lelah, mereka tidak akan memiliki banyak energi untuk aktif dan berolahraga yang cukup, bagian penting dari memiliki berat badan yang sehat. Nah, sudah tahukan betapa bermanfaatnya tidur siang buat anak?

Referensi:

Kidshealth. Diakses pada 2019. Naps.
WebMD. Diakses pada 2019. Naptime Know-How: A Parent’s Guide.