• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Whey Protein sebagai Suplemen Olahraga

Ini Manfaat Whey Protein sebagai Suplemen Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Manfaat Whey Protein sebagai Suplemen Olahraga

“Sebagai suplemen makanan, whey protein sangat populer di kalangan binaragawan, atlet, dan seseorang yang sedang butuh protein tambahan. Selain itu, whey protein juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot.”


Halodoc, Jakarta – Susu terbentuk dari dua jenis protein, kasein dan whey. Whey dan kasein dalam susu ternyata dapat dipisahkan melalui proses tertentu untuk membentuk produk baru. Nah, whey protein dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial serta rendah kandungan laktosanya. Karena alasan inilah whey protein sering dijadikan suplemen ketika seseorang sedang menjalani latihan tertentu. 

Rutin mengonsumsi whey protein diyakini mampu meningkatkan sintesis protein otot dan mendorong pertumbuhan massa otot tanpa lemak. Berikut sejumlah manfaat whey protein sebagai suplemen olahraga. 

Baca juga: Inilah 7 Jenis dan Fungsi Protein bagi Tubuh

Manfaat Whey Protein sebagai Suplemen Olahraga

1. Mudah Dicerna

Whey dalam susu berbentuk cairan yang kemudian dipisahkan selama produksi keju. Selain mengandung asam amino lengkap, whey protein sangat mudah dicerna dan mudah diserap usus jika dibandingkan jenis protein lainnya. Umumnya whey protein tersedia dalam tiga bentuk, yaitu konsentrat (WPC), isolat (WPI), dan hidrolisat (WPH). Konsentrat adalah jenis yang paling umum dan sangat terjangkau. Sebagai suplemen makanan, whey protein sangat populer di kalangan binaragawan, atlet, dan seseorang yang sedang butuh protein tambahan.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Massa otot menurun secara alami seiring bertambahnya usia seseorang. Ketika massa otot menurun, pertambahan usia juga cenderung menyebabkan penumpukan lemak, sehingga meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis. Namun, perubahan tubuh ini dapat diperlambat, dan dicegah dengan kombinasi latihan kekuatan dan diet yang tepat. 

Latihan kekuatan dibarengi dengan konsumsi makanan berprotein tinggi atau suplemen protein telah terbukti menjadi strategi efektif untuk mencegah perkembangan penyakit kronis. Whey protein bisa menjadi pilihan sumber protein berkualitas tinggi dan kaya akan asam amino yang disebut leusin. Nah, leusin ini mampu meningkatkan pertumbuhan (anabolik).

Karena kandungan leusinnya yang baik, whey protein terbukti efektif untuk mencegah kehilangan massa otot yang berkaitan dengan pertambahan usia dan untuk meningkatkan kekuatan serta bentuk tubuh yang baik.

Baca juga: Ini 6 Pilihan Makanan yang Tinggi Protein

3. Mengenyangkan dan Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu kendala menjalani diet adalah berperang dengan rasa lapar. Salah satu trik untuk mengatasinya adalah memilih jenis makanan yang mampu mengurangi rasa lapar atau membuat kenyang lebih lama. Beberapa jenis makanan yang memberikan efek kenyang lebih lama umumnya makanan dengan komposisi makronutrien (protein, karbohidrat, dan lemak). Protein sejauh ini punya proporsi yang lebih besar dari ketiga makronutrien.

Namun, tidak semua protein memiliki efek yang sama terhadap rasa kenyang. Terkecuali untuk whey protein. Jenis protein ini dinilai lebih mengenyangkan dibandingkan jenis protein lain, seperti kasein dan kedelai. Karena alasan inilah, whey protein menjadi pilihan untuk orang-orang yang perlu makan lebih sedikit kalori untuk menurunkan berat badan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memperbanyak konsumsi protein telah menjadi strategi penurunan berat badan yang paling terkenal. Pasalnya, konsumsi banyak protein dapat meningkatkan penurunan lemak dengan cara menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan membantu menjaga massa otot saat menurunkan berat badan. Whey protein telah terbukti sangat efektif untuk membantu pembakaran lemak dibandingkan dengan jenis protein lainnya.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Makanan yang Kaya Akan Protein

Selain minum whey protein, pastikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dari makanan. Tidak hanya untuk otot, protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah makanan yang kaya akan kandungan protein baik secara hewani maupun nabati, antara lain: 

1. Sumber Protein Hewani 

Sumber protein hewani berasal dari hewan, seperti daging, ikan, udang, telur, susu, keju, seafood, dan yoghurt. Namun, mengonsumsi beberapa jenis makanan laut seperti udang dan cumi tidak boleh berlebihan. Sebab, kedua makanan tersebut juga tinggi akan kolesterol, meskipun kadar proteinnya baik untuk tubuh. 

2. Sumber Protein Nabati 

Tidak hanya bersumber dari hewan, protein juga bisa diperoleh dari berbagai jenis sayuran. Misalnya seperti brokoli yang juga mengandung serat, kalium, vitamin C dan vitamin K, serta banyak mengandung nutrisi bioaktif yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang polong, ,kacang tanah, buncis, atau kacang kedelai, termasuk tahu dan tempe juga mengandung protein nabati tinggi.

Bila kamu ingin memenuhi segala nutrisi penting untuk kesehatan otot, kamu dapat membeli suplemen olahraga sesuai kebutuhan di aplikasi Halodoc. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama di Apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Evidence-Based Health Benefits of Whey Protein.

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the benefits and risks of whey protein?

Medical News Today. Diakses pada 2021. What foods are high in protein?